Soal PPKB Online 2023 dan Kunci Jawaban


e-Pendidikan - Pemetaan Kompetensi Guru PAI, PK Online adalah Survey Kompetensi Guru PAI yang dilaksanakan secara online dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional Guru PAI untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutannya (PPKB) pada tahun berjalan.

Direktorat Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan pemetaan kompetensi untuk seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang tercatat dan terdaftar di aplikasi siaga. Survey kompetensi guru PAI ini akan dilaksanakan secara online melalui aplikasi https://siagapendis.com.

Mekanisme pelaksanaan PK online guru PAI tahun 2023 akan dilaksanakan secara serempak berdasarkan zona yang telah ditentukan, tanggal 3 - 11 Mei 2023 (Utama), tanggal 15 - 16 Mei 2023 (susulan).

PK Online dapat dilaksanakan secara terpusat di suatu lokasi atau mandiri yang disepakati oleh FKG/KKG/MGMP bersama pengawas dan Kasi PAIS/PAKIS Kab/Kota. PK Online dilakukan dengan cara menjawab soal secara online sebanyak 100 soal dalam waktu 180 menit.

Laporan hasil PK Online berupa hasil pemetaan kompetensi guru PAI yang terdiri dari kompetensi pedagogik 1, pedagogik 2, pedagogik 3, profesional 1, profesional 2, dan profesional 3 yang akan dimanfaatkan untuk arah pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAI tahun 2023.

Laporan hasil pemetaan kompetensi online diolah oleh tim data dan informasi PPKB GPAI Nasional. Guru PAI/Pengawas dapat melihat hasil pemetaan kompetensi pada akun siaga masing-masing.

Tujuan PK Online adalah:

  1. Mengukur kompetensi pedagogik GPAI yang meliputi kompetensi perencanaan pembelajaran, model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. 
  2. Mengukur kompetensi profesional GPAI yang meliputi kompetensi penguasaan materi PAI, publikasi ilmiah dan karya inovatif.
  3. Memetakan kompetensi Guru PAI secara Nasional.
  4. Menentukan arah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI.
Untuk soal latihan lebih lengkapnya dapat dilihat di sini.

Contoh Soal PPKB Online Kompetensi Paedagogik dapat dilihat sebagai berikut:

1. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan hal-hal berikut ini, kecuali...
A. Potensi peserta didik
B. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik
C. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru
D. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran
E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, Khususnya dunia kerja

Jawaban: C


2. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan Korma agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab....
Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, Teknologi dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
E. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban: E


3. Guru dalam mengidentifikasi materi pembelajaran hendaknya mempertimbangkan :
  1. Potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
  2. Tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
  3. Kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
  4. Kemampuan guru dan ketersediaan referensi Ya
  5. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
  6. Alokasi dana yang tersedia

Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan antara lain nomor.... 
1-2-3-4
2-3-5-6
1-2-3-5
1-2-4-5
3-4-5-6

Jawaban: C


4. Standar ketuntasan minimal belajar ditentukan oleh faktor-faktor di bawah....
A. Intake Siswa
B. Tingkat kesulitan
C. Sarana pendukung
D. Bakat dan minat siswa
E. Intake siswa, tingkat kesulitan dan sarana pendukung

Jawaban: E


5. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan....
A. Kompetensi Dasar
B. Standar Kompetensi
C. Indikator
D. Metode pembelajaran
E. Sumber belajar

Jawaban: A

6. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut........

A. menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
E. mengadakan tes remidi

Jawaban: C


7. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajaroptimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
E. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

Jawaban: D


8. Dalam menentukan materi pokok hendaknya mencakup sebagai berikut:
A. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
B. Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
C. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
D. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.
E. Berisi bahan rujukan dan sumber belajar lainnya.

Jawaban: A


9. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah....
A. Brainstorming
B. Wawancara
C. Angket
D. Sosiometri
E. Sosiologis

Jawaban: A


10. Seorang anak memiliki gejala tidak suka bersenang-senang, tidak dapat berkonsentrasi, kurang tidur, tidak ada selera makan, berbuat kejelekan di sekolah, tidak merasa bahagia, dan selalu merasa bersalah. Gejala tersebut adalah....

A. Depresi
B. Kecemasan
C. Takut sekolah
D. Stress
E. Kurang percaya diri

Jawaban: A


11. Pada awal kehidupan anak, aspek perkembangan yang berkembang lebih menonjol adalah aspek:....
A. Fisik-motorik
B. Kognitif
C. Bahasa
D. Sosial emosional
E. Sosial fisik

Jawaban: A


12. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut memperhatikan aspek?....

A. Sosial
B. Kultural
C. Kesulitan belajar
D. Motivasi
E. Status sosial

Jawaban: D

13. Guru A ketika melakukan proses pemabalajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pembelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan....
A. Etnik peserta didik
B. Abad XI
C. Gender peserta didik
D. Minat peserta didik
E. Gaya belajar peserta didik

Jawaban: D


14. Pak Arman seorang guru SD Suka Jaya, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang dengan kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orangtuanya menjadi pejabat, ada yang sgbagal buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Arman memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Arman memperhatikan karakteristik peserta didik terutama:
A. Etnik
B. Kultural
C. Motivasi
D. Minat 
E. Status sosial

Jawaban: E


15. Guru C adalah guru PAI saat pembelajaran sholat di kelas melgkukan kelompok secara jenis Kelaminnya yang pria bergabung dengan kelompok pria dan yang putri bergabung dengan kelompok putri agar apat melakukan praktik sholat dengan baik. Pembelajaran apa dengan pertimbangan....
A. Etnik peserta didik
B. Abad XI
C. Gender peserta didik
D. Minat peserta didik
E. Gaya belajar peserta didik

Jawaban: C


16. Konsep kurikulum secara teknologis yaitu...
A. Pengetahuan berbagai disiplin ilmu
B. Dapat memecahkan permasalahan di lingkungan
C. Mengembangkan kompetensi
D. Mengembangkan sikap
E. Dapat memecahkan persoalan pribadi

Jawaban: B


17. Adanya kesinambungan dalam kurikulum, baik secara vertikal, maupun secara horisontal. Pengalaman-pengalaman belajar yang disediakan kurikulum harus mempernatikan kesinambungan, baik yang di dalam tingkat kelas, antar jenjang pendidikan, maupun antara jenjang pendidikan dengan jenis pekerjaan, termasuk dalam prinsip?...

A. Relevansi
B. Kontinuitas
C. Fleksibilitas
D. Efisiensi
E. Efektivitas

Jawaban: B


18. Materi yang dituangkan dalam pembelajaran benar-benar telah teruji kebenaran dan dan kesahihannya. Di samping itu, juga materi yang diberikan merupakan materi yang aktual, tidak ketinggalan zaman, dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Pernyataan tersebut disebut dengan istilah...

A. Konteks
B. Valid
C. Layak
D. Bermakna
E. Menarik minat

Jawaban: B


19. Sesuatu yang harus dilakukan untuk mengetahui keberhasilan belajar, ialah ....
A. Evaluasi
B. Sukses
C. Proses
D. Tujuan
E. Manfaat

Jawaban: A


20. Inovasi kurikulum adalah mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan saat sekarang dan yang akan datang dalam program pengembangan pembelajaran...

A. Inovatif dan kreatif
B. Efektif dan efesien
C. Kreatif dan kritis
D. Kritis dan evaluatif
E. Solutif dan efektif

Jawaban: A


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url