Soal PK Online Guru PAI 2023

e-Pendidikan - Pemetaan Kompetensi Guru PAI, PK Online adalah Survey Kompetensi Guru PAI yang dilaksanakan secara online dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional Guru PAI untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutannya (PPKB) pada tahun berjalan.

Direktorat Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan pemetaan kompetensi untuk seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang tercatat dan terdaftar di aplikasi siaga. Survey kompetensi guru PAI ini akan dilaksanakan secara online melalui aplikasi https://siagapendis.com.

PK Online dapat dilaksanakan secara terpusat di suatu lokasi atau mandiri yang disepakati oleh FKG/KKG/MGMP bersama pengawas dan Kasi PAIS/PAKIS Kab/Kota. PK Online dilakukan dengan cara menjawab soal secara online sebanyak 100 soal dalam waktu 180 menit.

Laporan hasil PK Online berupa hasil pemetaan kompetensi guru PAI yang terdiri dari kompetensi pedagogik 1, pedagogik 2, pedagogik 3, profesional 1, profesional 2, dan profesional 3 yang akan dimanfaatkan untuk arah pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAI tahun 2023.

Laporan hasil pemetaan kompetensi online diolah oleh tim data dan informasi PPKB GPAI Nasional. Guru PAI/Pengawas dapat melihat hasil pemetaan kompetensi pada akun siaga masing-masing.

Dengan ini Admin bagikan beberapa soal PK Online Guru PAI paling lengkap sebagai bahan latihan Guru-guru PAI se-Indonesia. Selain itu juga pembaca dapat berlatih mengerjakan soal Pedagogik.


Soal PK Online Guru PAI Paling Lengkap 

Untuk jawaban Admin beri tanda warna merah, semoga bermanfaat.

1.      Perhatikan narasi berikut!

Prinsip dasar dalam pengembangan kurikulum yakni harus mampu mengembangkan kurikulum berdasarkan kesesuaian dengan situasi dan kondisi serta menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang.

Prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan narasi tersebut adalah....

A.     adaptif

B.     evaluatif

C.     konservatif

D.     solutif

E.     inovatif

 

2.      Perhatikan capaian pembelajaran berikut!

Peserta didik menganalisis makna syu’ab al-iman (cabang-cabang iman), pengertian dalil, macam dan manfaatnya, mempresentasikan makna syu’ab al iman (cabang-cabang iman), pengertian dalil, macam dan manfaatnya...

Kompetensi dari capaian pembelajaran tersebut adalah ....

A.     menerapkan

B.     menjelaskan

C.     mengidentifikasi

D.     meyakini

E.     mempresentasikan

 

3.      Perhatikan pernyataan berikut!

Melafalkan bacaan Q.S. an Nur/24:2

Instrumen penilaian/asesmen yang tepat untuk mengukur indikator ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut adalah ....

A.     Kinerja

B.     Tes lisan

C.     Portofolio

D.     Projek

E.     Tes tertulis

 

4.      Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Beban yang harus dihadapi peserta didik setiap minggu harus diperhitungkan sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak terbebani dengan banyaknya beban mata pelajaran.

(2)  Satuan pendidikan memberikan fleksibilitas bagi pendidik untuk menyatukan konsep dari berbagai mata pelajaran atau dikaitkan dengan kehidupan peserta didik.

(3) penentuan tema tidak harus diawali dari pemetaan kompetensi-kompetensi dari berbagai mata pelajaran.

(4)  Satuan pendidikan memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menentukan tema yang relevan dan kontekstual.

Pengorganisasian Pembelajaran dengan pendekatan tematik pada nomor ....

A.     (3), (4), dan (1)

B.     (1), (2), dan (3)

C.     (4), (1), dan (2)

D.     (4), (1), dan (3)

E.     (2), (3), dan (4)

 

5.      Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Melakukan gerakan wudhu

(2)   Lebih suka menonton video, presentasi, atau demonstrasi dari pada membaca teks atau mendengarkan ceramah

(3)   Memberikan harta zakat tepat kepada mustahik.

(4)   Membutuhkan gambar atau diagram saat mengerjakan soal matematika atau sains.

(5)   Membagi harta warisan dengan benar sesuai syariat.

(6)   Lebih mudah memahami konsep abstrak melalui ilustrasi visual atau analogi

Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri gaya belajar visual adalah ditunjukkan pada nomor ....

A.     (1), (2), dan (3)

B.     (2), (3), dan (3)

C.     (1), (2), dan (5)

D.     (3), (4), dan (6)

E.     (2), (4), dan (6)

 

15.    Perhatikan narasi berikut!

Pengembangan kurikulum harus dilaksanakan berdasarkan prinsip adanya kesesuaian atau hubungan konsistensi antara komponen-komponen kurikulum yaitu antara tujuan yang hendak dicapai, isi dari kurikulum yang akan disampaikan, dan proses penyampaian secara teknis pelaksanaan penilaian.

Prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan narasi tersebut adalah....

A.     relevansi

B.     kontinuitas

C.     fleksibilitas

D.     efisiensi

E.     praktis

 

16.    Perhatikan pernyataan berikut!

Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.

Contoh implementasi dari prinsip-prinsip tersebut yang tepat adalah....

A.     menggunakan pertanyaan terbuka yang menstimulusi pemikiran yang mendalam

B.     berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya

C.     mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan

D.     memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif agar terbangun sikap pembelajar mandiri

E.     memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan

 

20.    Perhatikan pernyataan berikut!

Guru sebagai pemberi pesan dalam pembelajaran hendaknya menguasai beberapa strategi komunikasi secara efektif, hal ini dimaksudkan agar peserta didik sebagai penerima pesan dapat menerima pesan dengan baik. Salah satu strategi komunikasi guru adalah menghindari penggunaan istilah asing yang terlalu kompleks.

Strategi komunikasi yang tepat sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ....

A.     menggunakan bahasa yang mudah dipahami

B.     menggunakan persepsi yang luas

C.     kejelasan isi pesan yang disampaikan

D.     menggunakan teknik komunikasi asertif

E.     memfokuskan isi pembicaraan

 

21.    Perhatikan narasi berikut!

Bu Intan melaksanakan pembelajaran materi perbedaan ciptaan Allah SWT dan buatan manusia di kelas 2 SD secara konkrit.

Media yang relevan untuk digunakan dalam menjelaskan materi tersebut adalah ....

A.     audio

B.     poster berwarna

C.     papan diaroma

D.     visual

E.     lingkungan sekolah

 

22.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Cross Culture

(2) School Culture

(3) Classroom Culture

(4) Religious Culture

(5) Habit Culture

Upaya membangun dan mengembangkan budaya religious sebagai bentuk pengembangan PAI merupakan tanggung jawab kolektif yang tidak hanya dibebankan kepada Guru PAI saja, namun memerlukan kolaborasi dan komunikasi yang efektif dari seluruh ekosistem sekolah.

Berdasarkan hal tersebut, upaya pengembangan PAI dapat ditempuh melalui ....

A.     (1), (2), dan (3)

B.     (1), (2), dan (4)

C.     (3), (4), dan (5)

D.     (2), (4), dan (5)

E.     (2), (3), dan (4)

 

23.    Perhatikan tahapan berikut!

Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan stimulus tentang masalah dalam bersuci dari hadas besar. Selanjutnya peserta didik diminta untuk menemukan solusinya.

Tahapan pembelajaran tersebut termasuk implementasi metode....

A.     project based learning

B.     inquiry learning

C.     project based training

D.     problem based learning

E.     discovery learning

 

25.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Identifikasi masalah

(2)   Latar belakang masalah

(3)   Tujuan penelitian

(4)   Manfaat penelitian

(5)   Rumusan masalah

Urutan langkah yang benar dalam menyusun pendahuluan PTK adalah....

A.     3,4,5,2, dan 1

B.     4,5,3,2, dan 1

C.     5,3,4,1, dan 2

D.     1,2,3,4, dan 5

E.     2,1,5,3, dan 1

 

26.    Pada saat pembelajaran materi tentang berhaji, sebagai Guru, Bu Intan menghadirkan petugas pembimbing haji dari salah satu KBIH yang terdekat dengan sekolah. Dalam pembelajaran tersebut, peserta didik mendapatkan informasi dan pengalaman secara langsung dari sumber yang berkompeten di bidangnya. Sehingga pembelajaran materi haji dapat dipahami oleh peserta didik. Sumber belajar yang demikian disebut....

A. expert

B. instructor

C. figure

D. teacher

E. tutors

 

27.    Program remidial adalah program yang diberlakukan ketika siswa belum mencapai kriteria ketuntasan yang diterapkan oleh satuan pendidikan. Program ini membantu siswa menghadapi kesulitan belajar. Oleh karena itu, metodenya harus bervariasi sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Berdasarkan narasi tersebut, maka karakteristik program pembelajaran remidial dapat dilakukan dengan ....

A.     Mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah

B.     Melibatkan siswa secara individual atau kelompok

C.     Memberikan latihan-latihan soal tanpa dilakukan kegiatan pembelajaran

D.     Memberikan materi-materi lanjutan yang lebih rinci

E.     Melibatkan semua guru yang mengajar di kelas tersebut

 

28.    Perhatikan beberapa karya inovatif berikut!

(1)   Cerpen

(2)   Cergam

(3)   Novel

(4)   Puisi

Aplikasi yang efektif untuk memudahkan menulis dan mempublikasikan karya seni sastra tersebut, kecuali

A.     Penana

B.     Steller

C.     Jotterpad

D.     Wattpad

E.     Adobe Ilustrator

 

29.    Cara membagikan layar presentasi pada Zoom Meeting yang benar adalah...

A.     Buka Zoom Meting – Klik Presentasikan Sekarang – Pilih Jendela – Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share

B.     Buka Zoom Meting – Klik Share Schreen – Pilih Seluruh Layar Anda – Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share

C.     Buka Zoom Meting – Klik Share Schreen – Pilih Jendela – Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share

D.     Buka Zoom Meting – Klik Share Schreen – Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share

E.     Buka Zoom Meting – Klik Presentasikan Sekarang - Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share


43.    Perhatikan ayat-ayat al-Qur’an berikut!

(1)    وَلَوْ اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ (al-an’am : 88)

(2)     قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

(3)    فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (al-araf : 176)

(4)    وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ

(5)   اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ  (al-ankabut 45)

Ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber pembelajaran akidah terdapat pada....

A.     (2), (2), dan (4)

B.     (3), (4), dan (5)

C.     (1), (2), dan (3)

D.     (1), (2), dan (4)

E.     (2), (3), dan (5)

 

44.    Pada saat asesemen sumatif, seorang murid telah membantu melampaui kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi menghindari marah.

Materi pengayaan yang tepat untuk memperdalam kompetensi murid tersebut dapat diperoleh dari kitab....

A.     Aqida tal-‘Awwam karya Ahmad bin Muhammad Ramadan al-Marzuki

B.     Rawa’i alBayan karya Syaikh Muhammad Ali asy-Syabuni

C.     Nihayatul al-Tadrib karya Syafruddin Yahya

D.     Riyadh ash-Shaihin karya an-Nawawi

E.     Mutammimah al-Jurumiyah karya syaikh Symsuddin Muhammad

 

45.    حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Materi PAI yang disajikan dalam kutipan di hadis tersebut adalah ....

A.     tawadu

B.     toleransi

C.     silaturahmi

D.     kasih sayang

E.     istikamah

 

46.    Perhatikan ayat-ayat al-Qur’an berikut!

(6)    وَلَوْ اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ (al-an’am : 88)

(7)     وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا (albaqarah 83)

(8)    فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (al-araf : 176)

(9)       وَلَا تُجَادِلُوْٓا اَهْلَ الْكِتٰبِ اِلَّا بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۖ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ(al-ankabut 46)

(10) لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ  (al ahzab 21)

Ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber pembelajaran akhlak terdapat pada....

A.      (1), (2), dan (3)

B.    (2), (4), dan (5)

C.    (2), (3), dan (4)

D.       (1), (2), dan (5)

E.      (3), (4), dan (5)

 

47.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada saat diskusi kelompok, seorang murid menjelaskan bahwa pada dasarnya Islam mendorong pemeluknya untuk bersikap tengah dan moderat. Islam tidak mengajarkan pemeluknya agar beragama secara berlebihan. Islam juga tidak membolehkan umatnya mengabaikan agama secara berlebihan.

Ide pokok yang disampaikan murid pada ilustrasi tersebut termasuk ....

A.     prinsip

B.     pengertian

C.     hikmah

D.     contoh

E.     implementasi

 

48.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada saat asesmen sumatif, seorang murid telah mampu mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi Q.S. al-Maidah : 48 tentang kompetensi dalam kebaikan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, materi pengayaan yang sesuai adalah....

A.     Yunus : 42

B.     Al-Baqarah : 183

C.     Al-Baqarah : 148

 

49.    Hasil manusia yang merefleksikan nilai-nilai berasaskan manusia yang diekspresikan secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi dan kata yang bersifat transendental dan edukatif baik spiritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan secara individual maupun kolektif adalah definisi dari karya inovatif....

A.     karya seni

B.     alat pelajaran

C.     teknologi tepat guna

D.     alat praktikum

E.     alat peraga

 

50.    baca deskripsi permasalahan berikut !

Bu Intan melakukan pembelajaran daring dengan peserta didiknya menggunakan G-meet. Di awal pembelajaran berjalan lancar. Namun, setelahnya mengalami loss singnal berkali-kali sehingga pembelajaran terhenti.

Langkah yang harus dilakukan Bu Intan adalah....

A.     membeli paket data internet

B.     meminta siswa-siswinya belajar mandiri

C.     mencari tempat yang sinyalnya kuat

D.     meminta siswa-siswinya melanjutkan diskusi

E.     meminjam laptop temannya

 

51.    Perhatikan hadis berikut!

An Haaritsata ibni Wahab r.a qaala: sami’tu rasulullaah Saw yaquulu: alaa uhbirukum bi ahli al jannati? Kullu dha’iifin mutadla’afin lau aqsama ‘alaa al llaahi laabarrahu, alaa uhbirukum bi ahli al naari? Kullu ‘utullin jawwaadlin mustakbirin. (muttafaq alaihi)

Materi PAI yang disajikan dalam kutipan hadis tersebut adalah menghindari....

A.     boros dan berlebihan

B.     perilaku kasar dan sombong

C.     riya dan takabur

 

52.    Perhatikan ayat berikut!

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Materi PAI yang disajikan dalam kutipan ayat tersebut adalah....

               A.     Puasa

               B.     Syahadat

               C.     Salat

               D.     Haji

               E.     Zakat

 

53.    Perhatikan pernyataan berikut!

Pembelajaran  tentang segala bentuk ibadah bertujuan agar siswa mampu melaksanakan syariat agama dengan baik dan benar. Pernyataan tersebut merupakan pembelajaran terkait materi PAI pada bidang....

A.     Fikih

B.     Al-Qur’an dan Hadis

C.     Akhlak

D.     Akidah

E.     Sejarah Peradaban Islam

 

54.    Perhatikan pernyataan berikut!

Mengajar merupakan pekerjaan terpuji dan mulia. Di samping itu mengajar juga merupakan amal jariah.

Karakteristik Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ....

A.     memuat sumber hukum

B.     mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi

C.     bermisikan pembentukan aklhlakul karimah

D.     bermotifkan ibadah

E.     bersumber pada Al-Qur’an dan hadis

 

55.    Perhatikan deskripsi berikut!

Hasil refleksi belajar menunjukkan bahwa sebagian peserta didik memiliki kecenderungan belajar kinestetik.

Hal tersebut ditindaklanjuti dengan diarahkan untuk memilih sumber belajar berupa ....

A.     video

B.     poster

C.     percakapan

D.     lingkungan

E.     permainan

 

56.    Perhatikan narasi berikut!

Ibu Bulan menulis bagian yang mengantarkan pembaca untuk memahami permasalahan yang akan dibahas pada artikel secara urut, jelas dan terperinci. Ia mencantumkan kutipan degan menggunakan angka atau nama penulis sesuai dengan aturan situasi yang digunakan.

Proses yang sedang ditulis Ibu Bulan adalah....

A.     kata kunci

B.     abstrak

C.     kesimpulan

D.     pendahuluan

E.     tinjauan pustaka

 

57.    Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

(1)   Memerlukan banyak biaya dalam pembuatan

(2)   Peserta didik lebih aktif belajar

(3)   Membiasakan peserta didik untuk percaya diri sendiri

(4)   Memudahkan peserta didik untuk belajar mandiri

(5)   Peserta didik cenderung tidak mempelajari modul dengan baik

Kelebihan penggunaan modul ditunjukkan pada nomor ....

A.     (1), (2), dan (3)

B.     (3), (4), dan (5)

C.     (2), (3), dan (4)

D.     (4), (3), dan (1)

E.     (5), (4), dan (2)

 

58.    Perhatikan beberapa contoh pembelajaran berikut!

(1)   Pak Ragil menyajikan beragam bahan ajar untuk materi transaksi ekonomi, di antaranya berupa instrumen observasi dan review. Murid diberi tugas untuk melihat langsung bagaimana transaksi jual beli simpan pinjam, sewa menyewa, syirkah baik secara tradisional dan modern

(2)   Pak Jono adalah guru yang cakap dalam teknologi, selalu menggunakan bermacam-macam media pembelajaran saat melaksanakan pembelajaran di kelasnya.

(3)   Bu Mina memberikan tugas kepada muridnya untuk wawancara kepada tokoh agama di lingkungannya, dan melaporkan hasil wawancara dalam bentuk makalah/Slide/Video TikTok

(4)   Pak Juli menerapkan pembelajaran dengan rumusan tujuan pembelajaran yang jelas, melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tigas aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid

(5)   Pak Aji melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media poster digital dari bermacam-macam aplikasi

 

Praktik pembelajaran diferensiasi ditunjukkan pada nomor....

A.     3, 4

 

59.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Tindakan taktis untuk mengatasi masalah pembelajaran

(2)   Metode praktis untuk menemukan permasalahan pendidikan

(3)   Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

(4)   Mengatasi permasalahan pembelajaran berkelanjutan

 

Ciri-ciri best practice ditunjukkan pada nomor...

A.     (1) dan (4)

B.     (3) dan (1)

C.     (3) dan (2)

D.     (4) dan (3)

E.     (2) dan (4)

 

60.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Memberikan situasi belajar yang tanpa tekanan

(2)   Sebagai acuan untuk mengklarifikasi materi yang harus diajarkan

(3)   Mengetahui urutan penyajian bahan ajar

(4)   Memudahkan dalam mencari bahan ajar

(5)   Merancang berpikir analisis

(6)   Memberikan contoh-contoh yang lebih kongkret

Manfaat buku teks bagi guru dan peserta didik adalah...

A.     (5), (6), dan (1)

B.     (2), (4), dan (5)

C.     (1), (5), dan (6)

 

61.    Pada saat asesemen sumatif, seorang murid telah membantu melampaui kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi cabang-cabang iman.

Materi pengayaan yang tepat untuk memperdalam kompetensi murid tersebut dapat diperoleh dari kitab....

A.     Aqida tal-‘Awwam karya Ahmad bin Muhammad Ramadan al-Marzuki

B.     Rawa’i alBayan karya Syaikh Muhammad Ali asy-Syabuni

C.     Nihayatul al-Tadrib karya Syafruddin Yahya

D.     Nuru al-Yaqin karya Muhammad bin Afifi al-Bajuri

E.     Mutammimah al-Jurumiyah karya syaikh Symsuddin Muhammad

 

62.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada saat asesmen awal, diketahui seorang murid sudah mampu menjelaskan makanan yang diharamkan oleh Allah Swt, dalam Al-Qur’an. Agar kompetensi murid meningkat, maka materi yang tepat untuk dipelajari adalah....

A.     hikmah diharamkannya makanan

B.     jenis binatang yang dihalalkan

C.     pengertian halal dan haram

D.     jenis binatang yang diharamkan

E.     dalil tentang halal dan haram

 

63.    Seorang guru PAI menghadapi suatu kendala di kelasnya. Ada beberapa murid yang pandai membaca Al-Qur’an, tapi tidak mau belajar. Mereka bahkan sering mengganggu temannya saat belajar al-Qur’an.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, berikut ini merupakan perbaikan yang harus dilakukan, kecuali...

A.     memfasilitasi mereka dengan materi yang lebih sulit dari pada temannya, sesuai dengan tingkat kemampuan/capaian mereka.

B.     membagi kelompok heterogen berdasarkan hasil asesmen diagnostik dan menjadikan mereka tutor sebaya bagi teman-temannya dan memberikan materi pengayaan

C.     memberikan soal-soal sulit yang mereka kerjakan saat teman-teman dikelasnya sedang belajar

D.     meminta mereka untuk beraktivitas di luar kelas agar tidak mengganggu temannya

E.     mengelompokkan mereka menjadi satu kelompok murid terpandai dan memberikan kebebasan memilih materi ajar sendiri

 

64.    Baca dengan teliti permasalahan berikut!

Pak Surya menayangkan materi pelajaran lewat Canva Presentation. Anak-anak senang sekali karena tampilan gambarnya menarik dan mudah dipahami. Namun, di tengah-tengah pembelajaran listrik padam. Langkah tepat yang harus dilakukan Pak Surya adalah ....

A.     melanjutkan mengajar dengan metode ceramah materi lanjutannya

B.     mengecek pusat listrik barangkali listriknya padam hanya karena konslet

C.     meminta bendahara sekolah mengisi token listrik terlebih dahulu

D.     meminta peserta didik secara berkelompok dengan berdiskusi materi tersebut

E.     melanjutkan tayangannya langsung dari laptop dan dilihat bersama-sama satu kelas.

 

65.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada saat asesmen sumatif, seorang murid menyelesaikan soal yang menanyakan tentang kebolehan melaksanakan salat jamak qasar pada saat melakukan perjalanan wisata religi.

Ruang lingkup materi yang dikuasai murid pada ilustrasi tersebut termasuk....

A.     dalil

B.     hikmah

C.     syarat

D.     pengertian

E.     rukun

 

66.    Perhatikan narasi berikut!

Pendidikan Agama Islam selalu menekankan pada kekuatan hati nurani untuk berbuat baik dan bersikap dalam kehidupan sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Karakteristik Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah....

A.     mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi

B.     bermisikan pembentukan akhlakul karimah

C.     bermotifkan ibadah

D.     bersumber pada Al-Qur’an dan Hadis

E.     diyakini sebagai tugas suci

 

67.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada saat asesmen sumatif seorang murid telah mampu menjelaskan macam-macam dan ketentuan-ketentuan pelaksanaan salat sunah berjamaah. Agar kompetensi meningkat, maka materi yang tepat untuk dipelajari adalah....

A.     dalil tentang salat sunah berjamaah

B.     pengertian salat sunah berjamaah

C.     syarat dan rukun salat ide

D.     perbedaan pelaksanaan salat Tarawih

E.     tata cara pelaksanaan salat Istiska

 

68.    Perhatikan beberapa ayat Al-Qur’an berikut!

(1)      وَلَوْ اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ (al-an’am : 88)

(2)      نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ (yusuf : 3)

(3)      فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ (al-araf : 176)

(4)      وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ (hud : 120)

(5)      مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللّٰهَ (nisa : 80)

Ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada....

A.      (2), (3), dan (4)

 

69.    Saat menyusun modul ajar dirumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu menjelaskan keesaan Allah Swt. Berdasarkan tujuan tersebut, referensi utama untuk pengembangan materi PAI adalah ....

A.     al-Amtsilah al-Tasrifiyah karya K.H. Maksum Ali

B.     ash-Shirah al-Nabawiyah karya Ibu Hisyam

C.     fath al-Qarib karya Syamsuddin al-Ghazi

D.     Lubab al-Nuqul karya Jalaludin al-Suyuti

E.     Matan Aqidah al-Sanusiyah karya Ibnu Yusuf al-Sanusi

 

70.    Saat menyusun modul ajar dirumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu menjelaskan tentang ketentuan hudud. Berdasarkan tujuan tersebut, referensi utama untuk pengembangan materi PAI adalah ....

A.     ash-Shirah al-Nabawiyah karya Ibu Hisyam

B.     fath al-Qarib karya Syamsuddin al-Ghazi

C.     al-Amtsilah al-Tasrifiyah karya K.H. Maksum Ali

D.     Ihya Ulum al-Din karya Imam Al-Ghazali

E.     Al-Burhan karya al-Zarkasyi

 

71.    Perhatikan beberapa contoh pembelajaran berikut!

(1)   Pak sulung menyajikan materi pembelajaran dengan berbagai macam sumber belajar pada materi berkompetensi dalam kebaikan, berupa video, berupa bahan tayang, berupa game dan artikel

(2)   Pak Bima ingin membantu muridnya dalam belajar dengan mengemas materi yang abstrak menjadi konkret berdasarkan karakteristek, gaya belajar dan kebutuhan murid.

(3)   Bu Bunga mengajak murid-muridnya menuangkan ide-ide kreatifnya tentang orang yang suka ghibah dalam bentuk gambar karikatur/video vlog/pantun.

(4)   Bu Dara memberikan pilihan pada muridnya untuk melaporkan hasil observasi mereka dalam bentuk makalah, video/film pendek, bahan presentasi

(5)   Bu Ira melaksanakan pembelajaran di kelas dengan materi yang berbeda beda dalam satu waktu

Praktik pembelajaran diferensiasi ditunjukkan pada nomor ....

A.     (1), (3), dan (4)

B.     (1), (2), dan (4)

C.     (3), (4), dan (5)

D.     (2), (4), dan (5)

 

72.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada saat asesmen sumatif, seorang murid telah mampu membuat contoh implementasi toleransi dalam kehidupan sehari-hari beserta hikmahnya.

Agar kompetensi murid meningkat, maka materi yang tepat untuk dipelajari adalah....

A.     manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari

B.     dalil aqli tentang toleransi

C.     contoh-contoh toleransi dalam kehidupan sehari-hari

D.     membangun kerja sama lintas agama

E.     makna toleransi secara bahasa dan istilah

 

73.    Perhatikan narasi berikut!

Pak Bahri akan menuliskan seluruh temuan dari kelemahan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Agar PTK yang dilakukan lebih mudah dan memperoleh ketercapaian tujuan yang maksimal, ia membutuhkan teman sejawat. Karakteristik PTK yang terkandung dalam narasi tersebut adalah....

A.     cooperative learning

B.     fleskibel

C.     kolaboratif dan kooperatif

D.     berbasis masalah

E.     berfokus masalah

 

74.    Perhatikan narasi berikut!

Pendidikan Agama Islam selalu mengarahkan peserta didik pada ketaatan dan terhindar dari perilaku yang tidak sesuai norma dan etika.

Karakteristik Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ....

A.     diyakini sebagai tugas suci

B.     bersumber pada Al-Qur’an dan hadis

C.     bermisikan pembentukan akhlakul karimah

D.     bermotifkan ibadah

E.     mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi      

 

75.    Perhatikan pernyataan berikut!

Sunan Ampel merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Keteladanan dakwahnya adalah penyebaran Islam dengan metode unik yang mudah diterima oleh masyarakat. Salah satunya berupa konsep “malima” dalam mengajarkan perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam agama Islam. Nilai keteladanan dari Sunan Ampel dapat menjadi contoh dalam keberhasilan dakwah.

Pernyataan tersebut termasuk materi PAI pada bidang ...

A.     Al-Qur’an dan Hadis

B.     Akhlak

C.     Akidah

D.     Fikih

E.     Sejarah Peradaban Islam

 

76.    Perhatikan narasi berikut!

Pak Taufan memiliki keinginan memperbaiki kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Ia melakukan serangkaian penelitian tindakan kelasnya.

Karakteristik PTK yang terkandung dalam narasi tersebut adalah....

A.     sumber data

B.     obyek penelitian

C.     guru inti

D.     peneliti

E.     guru dan peneliti

 

77.    Fungsi dari fitur Dashboard pada Google Classroom yaitu....

A.     berbagi file, memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas, dan waktu memberi komentar

B.     memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas, dan waktu pemberi komentar

C.     memantau keaktifan siswa, membuat jadwal, waktu pengumpulan tugas, dan waktu pemberi komentar

D.     melampirkan file tugas, memantau keaktifan siswa, waktu pengumpulan tugas, dan arsip pembelajaran

E.     memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas, dan pengembangan keprofesian

 

78.    Perhatikan narasi berikut!

Ibu Purnama menganalisis pekerjaan peserta didiknya untuk menemukan kesulitan belajar. Dari hasil analisis tersebut, ia juga menemukan kekuatan dan kelemahan dalam mengajar. Ketika menemukan kelemahan, ia berusaha mengatasi kelemahan.

Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Purnama dapat dikategorikan sebagai langkah awal dalam....

A.     Peningkatan pedagogis guru

B.     melakukan PTK

C.     menerapkan manfaat PTK

D.     memperbaiki pembelajaran

E.     perkembangan profesional

 

79.    Perhatikan narasi berikut!

Pak Bahrul menulis jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah penelitian.

Proses yang sedang ditulis Pak Bahul adalah ....

A.     kata kunci

B.     tinjauan pustaka

C.     kesimpulan

D.     pendahuluan

E.     abstrak

 

80.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Meningkatkan perhatian dan motivasi belajar

(2)   Memberikan variasi dalam belajar

(3)   Menyajikan inti informasi belajar

(4)   Pedoman untuk mengidentifikasi materi yang akan disampaikan

(5)   Menyajikan urutan penyajian bahan pembelajaran

(6)   Upaya mudah untuk mendapatkan bahan ajar

Manfaat buku teks bagi peserta didik adalah...

A.     (3), (4), dan (5)

B.     (4), (5), dan (6)

C.     (1), (2), dan (3)

D.     (5), (6), dan (1)

E.     (2), (3), dan (4)

 

81.    Perhatikan narasi berikut!

Guna meningkatkan kinerja, Pak Bayu mengikuti diskusi yang menampilkan beberapa pembicara ahli. Para pemateri menjawab pertanyaan dari peserta, diskusi dipimpin oleh seorang moderator. Moderator sesekali menyimpulkan paparan para pembicara sedangkan peserta diskusi hanya sebagai pendengar.

Jenis forum ilmiah yang diikuti Pak Bayu adalah ....

A.     focus group discussion

B.     diskusi panel

C.     lokakarya

D.     presentasi

E.     seminar

 

82.    Perhatikan narasi berikut!

Pak Bintang prihatin karena peserta didiknya mengalami kesulitan belajar materi makhorijul huruf, sehingga keterampilan membaca Al-Qur’an rendah. Ia kemudian melakukan tindakan dengan memberikan bimbingan belajar menggunakan strategi digital drilling dalam Penelitian Tindakan Kelas.

Hipotesa dari rumusan Penelitian Tindakan Kelas tersebut adalah....

A.     digital drilling dapat meningkatkan keterampilan menterjemahkan Al-Qur’an

B.     Keterampilan menulis Al-Qur’an dapat ditingkatkan melalui strategi digital drilling

C.     minat belajar materi makhorijul huruf dapat ditingkatkan melalui strategi digital drilling

D.     pemahaman makna Al-Qur’an dapat ditingkatkan melalui strategi digital drilling

E.     digital drilling dapat meningkatkan kemampuan belajar materi makhorijul huruf

 

83.    Perhatikan narasi berikut!

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh, sistematis dan dapat dijadikan rujukan. Di dalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk mempermudah proses pembelajaran dan dapat mengatasi keterbatasan waktu.

Berdasarkan narasi tersebut, tujuan pembuatan modul adalah ....

A.     dikemas utuh dan sistematis, mempermudah pembelajaran

B.     mempermudah proses belajar dan mengajar di dalam kelas

C.     didesain untuk mempermudah proses pembelajaran

D.     memuat pengalaman belajar dan membantu pembelajaran

E.     dijadikan rujukan dan mengatasi keterbatasan waktu

 

84.    Perhatikan deskripsi berikut!

Hasil refleksi belajar menunjukkan bahwa sebagian peserta didik yang memiliki kecenderungan belajar auditori, maka tindak lanjut yang diberikan dapat diarahkan untuk memilih sumber belajar berupa....

A.     Pengalaman langsung

B.     Buku teks

C.     Lingkungan

D.     Video

E.     Percakapan

 

85.    Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   Menyusun latar belakang masalah

(2)   Menyusun rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian

(3)   Menentukan metode penelitian

(4)   Menyusun instrumen penelitian

(5)   Menentukan judul penelitian

(6)   Menentukan teori pendukung, kerangka berpikir dan hipotesa tindakan

Urutan langkah yang benar dalam menyusun proposal PTK adalah....

A.     (4), (2), (3), (6), (5), dan (1)

B.     (3), (4), (5), (6), (2), dan (1)

C.     (6), (5), (4), (3), (2), dan (1)

D.     (2), (4), (5), (6), (1), dan (3)

E.     (5), (1), (2), (6), (3), dan (4)

 

86.    Perhatikan narasi berikut!

Pada saat akan mengajar di kelas, guru PAI mendapati beberapa peserta didik belum masuk kelas sehingga pembelajaran terlambat dimulai. Hal ini rupanya sering terjadi sehingga diketahui disiplin peserta didik masih rendah.

Sebaiknya guru PAI tersebut menyelesaikan permasalahan tersebut dengan...

A.     menyetorkan nama peserta didik yang tidak disiplin pada guru BK

B.     menyadarkan peserta didik yang tidak disiplin dengan cara memberi hukuman

C.     mengajar tanpa mengindahkan peserta didik yang tidak disiplin

D.     menghukum peserta didik yang tidak disiplin untuk menyapu lantai

E.     menerapkan program ceklis kedisiplinan dan budaya malu

 

87.    Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

(1)   Masalah yang diangkat adalah masalah yang dihadapi oleh guru kelas

(2)   Bertumpu pada kelemahan peserta didik dalam memahami pelajaran

(3)   Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran

(4)   Adanya partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dengan teman sejawat

(5)   Masalah yang diteliti berasal dari beban kinerja guru

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas nomor....

A.     (3), (4) dan (5)

B.     (1), (3) dan (4)

C.     (2), (4) dan (5)

D.     (1), (2) dan (3)

 

88.    Perhatikan deskripsi berikut!

Ketika pembelajaran materi akidah dan kurban, sebagian peserta didik belum memahami penjelasan guru, terutama pada saat menjelaskan cara penyembelihan. Peserta didik hanya membayangkan saja. Akibatnya saat umpan balik dan asesmen, peserta didik 62% belum menguasai kompetensi. Sejak awal pembelajaran sampai akhir yang dilakukan guru dalam pembelajaran adalah ceramah, meminta peserta didik menyalin catatan dari buku teks dan mengerjakan tugas.

Kesimpulan dari permasalahan tersebut adalah....

A.     tidak mengajar untuk menghukum peserta didik di kelas tersebut

B.     mendokumentasikan kelas yang penuh sampah memakai HP

C.     mengajar di kelas tersebut meskipun keadaan kotor dan bau

D.     menerapkan gerakan tabungan sampah untuk kebersihan kelas

E.     menulis di status media sosial tentang keadaan kelas yang jorok

 

89.    Perhatikan narasi berikut!

Bu Dahlia mempresentasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah dan berpeluang untuk dipublikasikan kepada masyarakat luas. Hasil penelitian tersebut dapat diakses secara umum dan meningkatkan reputasinya sebagai peneliti.

Manfaat mengikuti forum ilmiah bagi Ibu Dahlia adalah ...

A.     menjalin jaringan profesional

B.     meningkatkan visibilitas penelitian

C.     meningkatkan kualitas penelitian

D.     meningkatkan pengetahuan dan wawasan

E.     membuka peluang kolaborasi

 

90.    Perhatikan narasi berikut!

Ibu Mawar menulis artikel berisi ulasan sistematis dan terstruktur tentang topik pelaksanaan haji dan umroh berdasarkan penelitian atau literatur yang relevan. Ia menggunakan metodologi yang jelas dan memberikan pandangan yang komprehensif serta obyektif.

Jenis artikel yang ditulis ibu mawar adalah....

A.     systematic reviews

B.     short communications

C.     research articles

D.     perspective srticles

E.     review articles

 

91.    Baca ilustrasi berikut!

Bu Indra membuat bahan tayang yang menarik dari Quizizz. Langkah-langkah yang harus dilakukan Bu Indra adalah Buka Quizizz, klik Buat dan pilih ..., tambahkan slide, pilih jenis slide, desain bahan tayang yang diinginkan, Simpan, ... dengan pilih Main Langsung presentasi, dan presentasikan.

Langkah-langkah yang tepat melengkapi titik-titik tersebut adalah ....

A.     Classroom Tools - Publish

B.     Presentasi interaktif - Publish

C.     Quiz - Publish

D.     Jenis pertanyaan - Publish

E.     Jenis slide - Publish

 

92.    Karya hasil rancangan/pengembangan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya adalah....

A.     alat karya seni

B.     alat peraga

C.     alat belajar

D.     alat praktikum

E.     teknologi tepat guna

 

93.    Perhatikan beberapa alamat url berikut!

(1) ppkbgpaiditpai@gmail.com

(2) pusbuk.kemendikbud.go.id

(3) layanan@kemenag.go.id

(4) sman1cijeruk.sch.id

(5) it@uin-suka.ac.id

 

Alamat url yang termasuk dalam kategori email terdapat pada nomor....

A.     (1), (3), dan (4)

B.     (1), (3), dan (5)

C.     (2), (3), dan (4)

D.     (1), (2), dan (3)

E.     (2), (3), dan (5)

 

94.    Baca dan cermati permasalahan berikut!

Pak Budi mengajak peserta didiknya belajar menggunakan smartphone. Dia menyiapkan barcode yang ditempel di beberapa tempat. Barcode tersebut berisi teks, gambar, tautan web browser. Saat pembelajaran dimulai, tiba-tiba WiFi sekolah bermasalah. Tindakan yang harus dilakukan Pak Budi adalah ....

A.     pembelajaran menunggu WiFi normal kembali

B.     melakukan pembelajaran dengan PowerPoint

C.     memperbaiki WiFI sekolah terlebih dahulu

D.     tidak lagi pembelajaran dengan smartphone

E.     memanfaatkan paket data dan tethering

 

95.    Langkah-langkah yang benar untuk membagikan link G-meet yaitu ....

A.     Buka G-Meet -> masukkan kode atau link -> Copy link -> Paste ke media pengiriman

B.     Buka G-Meet -> klik tanda Salin Link -> Copy link -> Paste ke media pengiriman

C.     Buka G-Meet dengan klik Rapat Baru -> klik tanda panah pada Participants -> pilih Copy -> Paste ke media pengiriman

D.     Buka G-Meet dengan klik Rapat Baru -> klik tanda Salin Link -> Paste ke media pengiriman

E.     Buka G-Meet dengan Klik Rapat Baru -> masukan kode atau link -> Copy link -> Paste ke media penyimpanan

 

96.    Langkah-langkah dalam mengunduh file pada email masuk yang benar adalah....

A.     Klik Gmail -> buka file pada isi pesan -> pilih pesan pada kotak masuk -> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> pilih tempat penyimpanan -> beri nama file -> Save

B.     Klik Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada isi pesan-> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> pilih tempat penyimpanan -> beri nama file -> Ok

C.     Klik Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada isi pesan-> pilih tempat penyimpanan -> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> beri nama file -> Save

D.     Klik Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada isi pesan -> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> pilih tempat penyimpanan -> beri nama file -> Save

E.     Klik Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada isi pesan-> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> beri nama file -> pilih tempat penyimpanan -> Ok

 

97.    Langkah-langkah membuat gmail yang benar, yaitu ....

A.     Buka google.com -> Klik Gmail -> Create an account -> isi nama pribadi dan akun gmail serta password -> isi nomor HP -> isi tanggal lahir -> masukkan kode verifikasi SMS -> klik “saya setuju”

B.     Buka google.com -> Create an account -> Klik Gmail -> isi nama pribadi dan akun gmail serta password -> isi nomor HP -> isi tanggal lahir -> masukkan kode verifikasi SMS -> klik “saya setuju”

C.     Buka google.com -> Klik Gmail -> Create an account -> isi nomor HP -> isi nama pribadi dan akun gmail serta password -> masukkan kode verifikasi SMS -> isi tanggal lahir -> klik “saya setuju”

D.     Buka google.com -> Klik Gmail -> Create an account -> isi nama pribadi dan akun gmail serta password -> isi nomor HP -> masukkan kode verifikasi SMS -> isi tanggal lahir -> klik “saya setuju”

E.     Buka google.com -> Create an account -> Klik Gmail -> isi nama pribadi dan akun gmail serta password -> isi nomor HP -> masukkan kode verifikasi SMS -> isi tanggal lahir -> klik “saya setuju”

 

98.    Baca ilustrasi berikut!

Pak Ahmad ingin membuat poster pendidikan dari Canva. Langkah-langkah yang harus dilakukan Pak Ahmad adalah buka canva.com, lalu klik masuk, klik ... untuk mulai mendesain, telusuri layout..., sesuaikan desain Anda, lalu buat poster yang diinginkan.

Langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik tersebut adalah ....

A.     Cerita Instagram – Poster

B.     Dokumen – Poster

C.     Resume – Poster

D.     Buat desain – Poster

E.     Infografis – Poster

 

99.    (1) Canva memiliki desain yang menarik dan hemat waktu dalam pembuatan

(2) Microsoft Teams mensyaratkan penggunanya memiliki akun email tersendiri

(3) Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis permainan

(4) Google Classroom menjadikan sistem pembelajaran lebih sederhana dan efektif

Kesimpulan dari beberapa pernyataan tersebut adalah....

A.     Google Classroom dan Microsoft Teams dapat digunakan untuk kelas maya

B.     Microsoft Teams dan Canva dapat digunakan untuk kelas maya

C.     Google Classroom dan Kahoot dapat digunakan untuk kelas maya

D.     Google Classroom dan Canva dapat digunakan untuk kelas maya

E.     Microsoft Teams dan Kahoot dapat digunakan untuk kelas maya

 

100. Bu Dahlia membuat video pembelajaran menggunakan PowerPoint. Langkah-langkah yang dilakukan Bu Dahlia adalah buka PowerPoint, pilih file yang sudah disiapkan, klik File pada tab menu, pilih ... dan klik ..., lalu pilih Record Timings dan Narrations dan Clik Create a Video.[1]

Langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik tersebut adalah....

A.     Create a Video – Save a Web

B.     Export – Publish Slides

C.     Create a Video - Publish Slides

D.     Export – Computer and HD Displays

E.     Export – Create a Video


Demikian yang dapat Admin bagikan, mudah-mudahan menjadi referensi untuk Bapak Ibu pembaca sekalian.
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url