Soal PK Online Guru PAI 2023
e-Pendidikan - Pemetaan Kompetensi Guru PAI, PK Online adalah Survey Kompetensi Guru PAI yang dilaksanakan secara online dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional Guru PAI untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutannya (PPKB) pada tahun berjalan.
Direktorat Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan pemetaan kompetensi untuk seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang tercatat dan terdaftar di aplikasi siaga. Survey kompetensi guru PAI ini akan dilaksanakan secara online melalui aplikasi https://siagapendis.com.
PK Online dapat dilaksanakan secara terpusat di suatu lokasi atau mandiri yang disepakati oleh FKG/KKG/MGMP bersama pengawas dan Kasi PAIS/PAKIS Kab/Kota. PK Online dilakukan dengan cara menjawab soal secara online sebanyak 100 soal dalam waktu 180 menit.
Laporan hasil PK Online berupa hasil pemetaan kompetensi guru PAI yang terdiri dari kompetensi pedagogik 1, pedagogik 2, pedagogik 3, profesional 1, profesional 2, dan profesional 3 yang akan dimanfaatkan untuk arah pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAI tahun 2023.
Laporan hasil pemetaan kompetensi online diolah oleh tim data dan informasi PPKB GPAI Nasional. Guru PAI/Pengawas dapat melihat hasil pemetaan kompetensi pada akun siaga masing-masing.
Dengan ini Admin bagikan beberapa soal PK Online Guru PAI paling lengkap sebagai bahan latihan Guru-guru PAI se-Indonesia. Selain itu juga pembaca dapat berlatih mengerjakan soal Pedagogik.
Soal PK Online Guru PAI Paling Lengkap
1. Perhatikan narasi berikut!
Prinsip dasar dalam
pengembangan kurikulum yakni harus mampu mengembangkan kurikulum berdasarkan
kesesuaian dengan situasi dan kondisi serta menyesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan
masyarakat pada masa sekarang dan akan datang.
Prinsip pengembangan
kurikulum yang sesuai dengan narasi tersebut adalah....
A.
adaptif
B.
evaluatif
C.
konservatif
D.
solutif
E.
inovatif
2. Perhatikan capaian pembelajaran berikut!
Peserta didik menganalisis makna syu’ab al-iman (cabang-cabang
iman), pengertian dalil, macam dan manfaatnya, mempresentasikan makna syu’ab al
iman (cabang-cabang iman), pengertian dalil, macam dan manfaatnya...
Kompetensi dari capaian pembelajaran tersebut adalah ....
A. menerapkan
B.
menjelaskan
C. mengidentifikasi
D. meyakini
E. mempresentasikan
3. Perhatikan pernyataan berikut!
Melafalkan bacaan Q.S.
an Nur/24:2
Instrumen penilaian/asesmen yang tepat
untuk mengukur indikator ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut adalah ....
A.
Kinerja
B.
Tes lisan
C.
Portofolio
D.
Projek
E.
Tes tertulis
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Beban yang harus dihadapi peserta didik setiap
minggu harus diperhitungkan sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak
terbebani dengan banyaknya beban mata pelajaran.
(2) Satuan pendidikan memberikan fleksibilitas
bagi pendidik untuk menyatukan konsep dari berbagai mata pelajaran atau dikaitkan
dengan kehidupan peserta didik.
(3) penentuan tema tidak harus diawali dari pemetaan
kompetensi-kompetensi dari berbagai mata pelajaran.
(4) Satuan pendidikan memberikan keleluasaan
kepada pendidik untuk menentukan tema yang relevan dan kontekstual.
Pengorganisasian
Pembelajaran dengan pendekatan tematik pada nomor ....
A.
(3), (4), dan (1)
B.
(1), (2), dan (3)
C.
(4),
(1), dan (2)
D.
(4), (1), dan (3)
E.
(2), (3), dan (4)
5. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)
Melakukan gerakan wudhu
(2)
Lebih suka menonton video,
presentasi, atau demonstrasi dari pada membaca teks atau mendengarkan ceramah
(3)
Memberikan harta zakat tepat
kepada mustahik.
(4)
Membutuhkan gambar atau diagram saat
mengerjakan soal matematika atau sains.
(5)
Membagi harta warisan dengan benar
sesuai syariat.
(6)
Lebih mudah memahami konsep abstrak
melalui ilustrasi visual atau analogi
Dari pernyataan di atas
yang merupakan ciri-ciri gaya belajar visual adalah ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (3)
C. (1), (2), dan (5)
D. (3), (4), dan (6)
E.
(2),
(4), dan (6)
15. Perhatikan narasi berikut!
Pengembangan kurikulum harus dilaksanakan berdasarkan
prinsip adanya kesesuaian atau hubungan konsistensi antara komponen-komponen
kurikulum yaitu antara tujuan yang hendak dicapai, isi dari kurikulum yang akan
disampaikan, dan proses penyampaian secara teknis pelaksanaan penilaian.
Prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan narasi tersebut
adalah....
A. relevansi
B. kontinuitas
C.
fleksibilitas
D. efisiensi
E. praktis
16. Perhatikan pernyataan berikut!
Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan
dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar,
serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam
sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
Contoh implementasi dari prinsip-prinsip tersebut yang
tepat adalah....
A. menggunakan pertanyaan terbuka yang menstimulusi pemikiran yang
mendalam
B. berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan
pencapaian sebelumnya
C.
mendorong
peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area
yang perlu dikembangkan
D. memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif agar terbangun
sikap pembelajar mandiri
E. memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta
didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
20. Perhatikan pernyataan berikut!
Guru sebagai pemberi pesan dalam pembelajaran hendaknya
menguasai beberapa strategi komunikasi secara efektif, hal ini dimaksudkan agar
peserta didik sebagai penerima pesan dapat menerima pesan dengan baik. Salah satu
strategi komunikasi guru adalah menghindari penggunaan istilah asing yang
terlalu kompleks.
Strategi komunikasi yang tepat sesuai dengan pernyataan
tersebut adalah ....
A. menggunakan bahasa yang mudah dipahami
B. menggunakan persepsi yang luas
C. kejelasan isi pesan yang disampaikan
D.
menggunakan
teknik komunikasi asertif
E. memfokuskan isi pembicaraan
21. Perhatikan narasi berikut!
Bu Intan melaksanakan pembelajaran materi perbedaan ciptaan
Allah SWT dan buatan manusia di kelas 2 SD secara konkrit.
Media yang relevan untuk digunakan dalam menjelaskan materi
tersebut adalah ....
A. audio
B. poster berwarna
C. papan diaroma
D. visual
E.
lingkungan
sekolah
22. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Cross Culture
(2) School Culture
(3) Classroom Culture
(4) Religious Culture
(5) Habit Culture
Upaya membangun dan mengembangkan budaya religious sebagai
bentuk pengembangan PAI merupakan tanggung jawab kolektif yang tidak hanya
dibebankan kepada Guru PAI saja, namun memerlukan kolaborasi dan komunikasi
yang efektif dari seluruh ekosistem sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, upaya pengembangan PAI dapat
ditempuh melalui ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D.
(2),
(4), dan (5)
E.
(2),
(3), dan (4)
23. Perhatikan tahapan berikut!
Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan
stimulus tentang masalah dalam bersuci dari hadas besar. Selanjutnya peserta
didik diminta untuk menemukan solusinya.
Tahapan pembelajaran tersebut termasuk implementasi metode....
A. project based learning
B. inquiry learning
C. project based training
D.
problem
based learning
E. discovery learning
25. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)
Identifikasi masalah
(2)
Latar belakang masalah
(3)
Tujuan penelitian
(4)
Manfaat penelitian
(5)
Rumusan masalah
Urutan langkah yang benar dalam menyusun pendahuluan PTK adalah....
A.
3,4,5,2, dan 1
B.
4,5,3,2, dan 1
C.
5,3,4,1, dan 2
D.
1,2,3,4, dan 5
E.
2,1,5,3,
dan 1
26. Pada saat pembelajaran materi tentang berhaji,
sebagai Guru, Bu Intan menghadirkan petugas pembimbing haji dari salah satu
KBIH yang terdekat dengan sekolah. Dalam pembelajaran tersebut, peserta didik mendapatkan
informasi dan pengalaman secara langsung dari sumber yang berkompeten di
bidangnya. Sehingga pembelajaran materi haji dapat dipahami oleh peserta didik.
Sumber belajar yang demikian disebut....
A. expert
B. instructor
C. figure
D.
teacher
E. tutors
27. Program
remidial adalah program yang diberlakukan ketika siswa belum mencapai kriteria ketuntasan
yang diterapkan oleh satuan pendidikan. Program ini membantu siswa menghadapi
kesulitan belajar. Oleh karena itu, metodenya harus bervariasi sesuai dengan
tingkat kemampuan siswa.
Berdasarkan narasi tersebut, maka
karakteristik program pembelajaran remidial dapat dilakukan dengan ....
A. Mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah
B.
Melibatkan
siswa secara individual atau kelompok
C. Memberikan latihan-latihan soal tanpa dilakukan kegiatan
pembelajaran
D. Memberikan materi-materi lanjutan yang lebih rinci
E. Melibatkan semua guru yang mengajar di kelas tersebut
28. Perhatikan
beberapa karya inovatif berikut!
(1)
Cerpen
(2)
Cergam
(3)
Novel
(4)
Puisi
Aplikasi yang efektif untuk memudahkan menulis dan
mempublikasikan karya seni sastra tersebut, kecuali
A. Penana
B. Steller
C. Jotterpad
D. Wattpad
E.
Adobe
Ilustrator
29. Cara
membagikan layar presentasi pada Zoom Meeting yang benar adalah...
A. Buka Zoom Meting – Klik Presentasikan Sekarang – Pilih Jendela –
Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share
B. Buka Zoom Meting – Klik Share Schreen – Pilih Seluruh Layar Anda
– Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share
C. Buka Zoom Meting – Klik Share Schreen – Pilih Jendela – Pilih
Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik Share
D.
Buka
Zoom Meting – Klik Share Schreen – Pilih Layar Yang Akan Ditampilkan – Klik
Share
E. Buka Zoom Meting – Klik Presentasikan Sekarang - Pilih Layar
Yang Akan Ditampilkan – Klik Share
43. Perhatikan
ayat-ayat al-Qur’an berikut!
(1) وَلَوْ
اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ (al-an’am : 88)
(2) قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
(3)
فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ
يَتَفَكَّرُونَ (al-araf : 176)
(4) وَإِلَهُكُمْ
إِلَهٌ وَاحِدٌ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ
(5) اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ
الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ (al-ankabut 45)
Ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber
pembelajaran akidah terdapat pada....
A.
(2),
(2), dan (4)
B.
(3),
(4), dan (5)
C. (1), (2), dan (3)
D.
(1),
(2), dan (4)
E. (2), (3), dan (5)
44. Pada
saat asesemen sumatif, seorang murid telah membantu melampaui kriteria ketuntasan
tujuan pembelajaran pada materi menghindari marah.
Materi pengayaan yang tepat untuk
memperdalam kompetensi murid tersebut dapat diperoleh dari kitab....
A.
Aqida
tal-‘Awwam karya Ahmad bin Muhammad Ramadan al-Marzuki
B. Rawa’i alBayan karya Syaikh Muhammad Ali asy-Syabuni
C. Nihayatul al-Tadrib karya Syafruddin Yahya
D.
Riyadh
ash-Shaihin karya an-Nawawi
E. Mutammimah al-Jurumiyah karya syaikh Symsuddin Muhammad
45. حَتَّى يُحِبَّ
لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ
Materi PAI yang disajikan dalam kutipan di hadis tersebut
adalah ....
A. tawadu
B. toleransi
C. silaturahmi
D.
kasih
sayang
E. istikamah
46. Perhatikan
ayat-ayat al-Qur’an berikut!
(6) وَلَوْ
اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ (al-an’am : 88)
(7) وَقُوْلُوْا
لِلنَّاسِ حُسْنًا (albaqarah 83)
(8)
فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ
يَتَفَكَّرُونَ (al-araf : 176)
(9) وَلَا تُجَادِلُوْٓا
اَهْلَ الْكِتٰبِ اِلَّا بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۖ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا
مِنْهُمْ(al-ankabut
46)
(10) لَقَدْ كَانَ
لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ (al ahzab 21)
Ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber pembelajaran akhlak
terdapat pada....
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (1), (2), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
47. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Pada saat diskusi kelompok, seorang murid menjelaskan bahwa
pada dasarnya Islam mendorong pemeluknya untuk bersikap tengah dan moderat. Islam
tidak mengajarkan pemeluknya agar beragama secara berlebihan. Islam juga tidak
membolehkan umatnya mengabaikan agama secara berlebihan.
Ide pokok yang disampaikan murid pada ilustrasi tersebut
termasuk ....
A.
prinsip
B. pengertian
C. hikmah
D. contoh
E. implementasi
48. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Pada saat asesmen sumatif, seorang murid telah mampu
mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi Q.S. al-Maidah :
48 tentang kompetensi dalam kebaikan.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, materi pengayaan yang sesuai
adalah....
A.
Yunus
: 42
B.
Al-Baqarah
: 183
C.
Al-Baqarah
: 148
49. Hasil
manusia yang merefleksikan nilai-nilai berasaskan manusia yang diekspresikan
secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi dan kata yang
bersifat transendental dan edukatif baik spiritual maupun intelektual bagi
manusia dan kemanusiaan secara individual maupun kolektif adalah definisi dari
karya inovatif....
A.
karya
seni
B. alat pelajaran
C. teknologi tepat guna
D. alat praktikum
E. alat peraga
50. baca
deskripsi permasalahan berikut !
Bu Intan melakukan pembelajaran daring dengan peserta
didiknya menggunakan G-meet. Di awal pembelajaran berjalan lancar. Namun,
setelahnya mengalami loss singnal berkali-kali sehingga pembelajaran terhenti.
Langkah yang harus dilakukan Bu Intan adalah....
A. membeli paket data internet
B. meminta siswa-siswinya belajar mandiri
C.
mencari
tempat yang sinyalnya kuat
D. meminta siswa-siswinya melanjutkan diskusi
E. meminjam laptop temannya
51. Perhatikan hadis berikut!
An Haaritsata ibni Wahab r.a qaala:
sami’tu rasulullaah Saw yaquulu: alaa uhbirukum bi ahli al jannati? Kullu
dha’iifin mutadla’afin lau aqsama ‘alaa al llaahi laabarrahu, alaa uhbirukum bi
ahli al naari? Kullu ‘utullin jawwaadlin mustakbirin. (muttafaq alaihi)
Materi PAI yang disajikan dalam kutipan hadis tersebut
adalah menghindari....
A. boros dan berlebihan
B. perilaku kasar dan sombong
C. riya dan takabur
52. Perhatikan
ayat berikut!
خُذْ
مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ
عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
﴾
Materi PAI yang disajikan dalam kutipan ayat tersebut
adalah....
A. Puasa
B. Syahadat
C. Salat
D. Haji
E. Zakat
53. Perhatikan
pernyataan berikut!
Pembelajaran tentang
segala bentuk ibadah bertujuan agar siswa mampu melaksanakan syariat agama
dengan baik dan benar. Pernyataan tersebut merupakan pembelajaran terkait
materi PAI pada bidang....
A.
Fikih
B. Al-Qur’an dan Hadis
C. Akhlak
D. Akidah
E. Sejarah Peradaban Islam
54. Perhatikan
pernyataan berikut!
Mengajar merupakan pekerjaan terpuji dan mulia. Di samping itu
mengajar juga merupakan amal jariah.
Karakteristik Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan
pernyataan tersebut adalah ....
A. memuat sumber hukum
B.
mempertimbangkan
kehidupan duniawi dan ukhrawi
C. bermisikan pembentukan aklhlakul karimah
D. bermotifkan ibadah
E. bersumber pada Al-Qur’an dan hadis
55. Perhatikan
deskripsi berikut!
Hasil refleksi belajar menunjukkan bahwa sebagian peserta
didik memiliki kecenderungan belajar kinestetik.
Hal tersebut ditindaklanjuti dengan diarahkan untuk memilih
sumber belajar berupa ....
A. video
B. poster
C. percakapan
D. lingkungan
E.
permainan
56. Perhatikan
narasi berikut!
Ibu Bulan menulis bagian yang mengantarkan pembaca untuk
memahami permasalahan yang akan dibahas pada artikel secara urut, jelas dan
terperinci. Ia mencantumkan kutipan degan menggunakan angka atau nama penulis
sesuai dengan aturan situasi yang digunakan.
Proses yang sedang ditulis Ibu Bulan adalah....
A. kata kunci
B. abstrak
C. kesimpulan
D. pendahuluan
E.
tinjauan
pustaka
57. Perhatikan
beberapa pernyataan berikut!
(1) Memerlukan banyak biaya dalam pembuatan
(2) Peserta didik lebih aktif belajar
(3) Membiasakan peserta didik untuk percaya diri sendiri
(4) Memudahkan peserta didik untuk belajar mandiri
(5) Peserta didik cenderung tidak mempelajari modul dengan baik
Kelebihan
penggunaan modul ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (3), (4), dan (5)
C.
(2),
(3), dan (4)
D. (4), (3), dan (1)
E. (5), (4), dan (2)
58. Perhatikan
beberapa contoh pembelajaran berikut!
(1) Pak Ragil menyajikan beragam bahan ajar untuk materi transaksi
ekonomi, di antaranya berupa instrumen observasi dan review. Murid diberi tugas
untuk melihat langsung bagaimana transaksi jual beli simpan pinjam, sewa
menyewa, syirkah baik secara tradisional dan modern
(2) Pak Jono adalah guru yang cakap dalam teknologi, selalu
menggunakan bermacam-macam media pembelajaran saat melaksanakan pembelajaran di
kelasnya.
(3) Bu Mina memberikan tugas kepada muridnya untuk wawancara kepada
tokoh agama di lingkungannya, dan melaporkan hasil wawancara dalam bentuk makalah/Slide/Video
TikTok
(4) Pak Juli menerapkan pembelajaran dengan rumusan tujuan
pembelajaran yang jelas, melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tigas
aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid
(5) Pak Aji melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media
poster digital dari bermacam-macam aplikasi
Praktik pembelajaran diferensiasi ditunjukkan pada
nomor....
A.
3, 4
59. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Tindakan taktis untuk mengatasi masalah pembelajaran
(2) Metode praktis untuk menemukan permasalahan pendidikan
(3) Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
(4)
Mengatasi
permasalahan pembelajaran berkelanjutan
Ciri-ciri
best practice ditunjukkan pada nomor...
A.
(1)
dan (4)
B. (3) dan (1)
C. (3) dan (2)
D. (4) dan (3)
E.
(2)
dan (4)
60. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Memberikan situasi belajar yang tanpa tekanan
(2) Sebagai acuan untuk mengklarifikasi materi yang harus diajarkan
(3) Mengetahui urutan penyajian bahan ajar
(4) Memudahkan dalam mencari bahan ajar
(5) Merancang berpikir analisis
(6) Memberikan contoh-contoh yang lebih kongkret
Manfaat
buku teks bagi guru dan peserta didik adalah...
A. (5), (6), dan (1)
B. (2), (4), dan (5)
C.
(1),
(5), dan (6)
61. Pada
saat asesemen sumatif, seorang murid telah membantu melampaui kriteria ketuntasan
tujuan pembelajaran pada materi cabang-cabang iman.
Materi pengayaan yang tepat untuk
memperdalam kompetensi murid tersebut dapat diperoleh dari kitab....
A.
Aqida
tal-‘Awwam karya Ahmad bin Muhammad Ramadan al-Marzuki
B. Rawa’i alBayan karya Syaikh Muhammad Ali asy-Syabuni
C. Nihayatul al-Tadrib karya Syafruddin Yahya
D. Nuru al-Yaqin karya Muhammad bin Afifi al-Bajuri
E. Mutammimah al-Jurumiyah karya syaikh Symsuddin Muhammad
62. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Pada saat asesmen awal, diketahui seorang murid sudah mampu
menjelaskan makanan yang diharamkan oleh Allah Swt, dalam Al-Qur’an. Agar
kompetensi murid meningkat, maka materi yang tepat untuk dipelajari adalah....
A.
hikmah
diharamkannya makanan
B. jenis binatang yang dihalalkan
C. pengertian halal dan haram
D. jenis binatang yang diharamkan
E. dalil tentang halal dan haram
63. Seorang
guru PAI menghadapi suatu kendala di kelasnya. Ada beberapa murid yang pandai
membaca Al-Qur’an, tapi tidak mau belajar. Mereka bahkan sering mengganggu
temannya saat belajar al-Qur’an.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, berikut ini merupakan
perbaikan yang harus dilakukan, kecuali...
A. memfasilitasi mereka dengan materi yang lebih sulit dari pada
temannya, sesuai dengan tingkat kemampuan/capaian mereka.
B.
membagi
kelompok heterogen berdasarkan hasil asesmen diagnostik dan menjadikan mereka
tutor sebaya bagi teman-temannya dan memberikan materi pengayaan
C.
memberikan
soal-soal sulit yang mereka kerjakan saat teman-teman dikelasnya sedang belajar
D.
meminta
mereka untuk beraktivitas di luar kelas agar tidak mengganggu temannya
E. mengelompokkan mereka menjadi satu kelompok murid terpandai dan
memberikan kebebasan memilih materi ajar sendiri
64. Baca
dengan teliti permasalahan berikut!
Pak Surya menayangkan materi pelajaran
lewat Canva Presentation. Anak-anak senang sekali karena tampilan gambarnya
menarik dan mudah dipahami. Namun, di tengah-tengah pembelajaran listrik padam.
Langkah tepat yang harus dilakukan Pak Surya adalah ....
A. melanjutkan mengajar dengan metode ceramah materi lanjutannya
B. mengecek pusat listrik barangkali listriknya padam hanya karena
konslet
C. meminta bendahara sekolah mengisi token listrik terlebih dahulu
D.
meminta
peserta didik secara berkelompok dengan berdiskusi materi tersebut
E. melanjutkan tayangannya langsung dari laptop dan dilihat
bersama-sama satu kelas.
65. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Pada saat asesmen sumatif, seorang murid menyelesaikan soal
yang menanyakan tentang kebolehan melaksanakan salat jamak qasar pada saat
melakukan perjalanan wisata religi.
Ruang lingkup materi yang dikuasai murid pada ilustrasi
tersebut termasuk....
A. dalil
B. hikmah
C.
syarat
D. pengertian
E. rukun
66. Perhatikan
narasi berikut!
Pendidikan Agama Islam selalu menekankan pada kekuatan hati
nurani untuk berbuat baik dan bersikap dalam kehidupan sesuai dengan
norma-norma yang berlaku.
Karakteristik Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan
pernyataan tersebut adalah....
A. mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi
B.
bermisikan
pembentukan akhlakul karimah
C. bermotifkan ibadah
D. bersumber pada Al-Qur’an dan Hadis
E. diyakini sebagai tugas suci
67. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Pada saat asesmen sumatif seorang murid telah mampu
menjelaskan macam-macam dan ketentuan-ketentuan pelaksanaan salat sunah
berjamaah. Agar kompetensi meningkat, maka materi yang tepat untuk dipelajari
adalah....
A. dalil tentang salat sunah berjamaah
B. pengertian salat sunah berjamaah
C. syarat dan rukun salat ide
D. perbedaan pelaksanaan salat Tarawih
E.
tata
cara pelaksanaan salat Istiska
68. Perhatikan
beberapa ayat Al-Qur’an berikut!
(1)
وَلَوْ اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا
يَعْمَلُوْنَ (al-an’am : 88)
(2)
نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ
الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ (yusuf
: 3)
(3)
فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ
يَتَفَكَّرُونَ (al-araf : 176)
(4) وَكُلًّا نَقُصُّ
عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي
هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ (hud
: 120)
(5)
مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللّٰهَ (nisa : 80)
Ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi sumber
pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada....
A.
(2), (3), dan (4)
69. Saat
menyusun modul ajar dirumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu
menjelaskan keesaan Allah Swt. Berdasarkan tujuan tersebut, referensi utama
untuk pengembangan materi PAI adalah ....
A. al-Amtsilah al-Tasrifiyah karya K.H. Maksum Ali
B. ash-Shirah al-Nabawiyah karya Ibu Hisyam
C. fath al-Qarib karya Syamsuddin al-Ghazi
D. Lubab al-Nuqul karya Jalaludin al-Suyuti
E.
Matan
Aqidah al-Sanusiyah karya Ibnu Yusuf al-Sanusi
70. Saat
menyusun modul ajar dirumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu
menjelaskan tentang ketentuan hudud. Berdasarkan tujuan tersebut, referensi
utama untuk pengembangan materi PAI adalah ....
A. ash-Shirah al-Nabawiyah karya Ibu Hisyam
B.
fath
al-Qarib karya Syamsuddin al-Ghazi
C. al-Amtsilah al-Tasrifiyah karya K.H. Maksum Ali
D. Ihya Ulum al-Din karya Imam Al-Ghazali
E. Al-Burhan karya al-Zarkasyi
71. Perhatikan
beberapa contoh pembelajaran berikut!
(1) Pak sulung menyajikan materi pembelajaran dengan berbagai macam
sumber belajar pada materi berkompetensi dalam kebaikan, berupa video, berupa
bahan tayang, berupa game dan artikel
(2) Pak Bima ingin membantu muridnya dalam belajar dengan mengemas
materi yang abstrak menjadi konkret berdasarkan karakteristek, gaya belajar dan
kebutuhan murid.
(3) Bu Bunga mengajak murid-muridnya menuangkan ide-ide kreatifnya
tentang orang yang suka ghibah dalam bentuk gambar karikatur/video vlog/pantun.
(4) Bu Dara memberikan pilihan pada muridnya untuk melaporkan hasil
observasi mereka dalam bentuk makalah, video/film pendek, bahan presentasi
(5) Bu Ira melaksanakan pembelajaran di kelas dengan materi yang
berbeda beda dalam satu waktu
Praktik pembelajaran diferensiasi ditunjukkan pada nomor
....
A. (1), (3), dan (4)
B.
(1),
(2), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
72. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Pada saat asesmen sumatif, seorang murid telah mampu
membuat contoh implementasi toleransi dalam kehidupan sehari-hari beserta
hikmahnya.
Agar kompetensi murid meningkat, maka materi yang tepat
untuk dipelajari adalah....
A. manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari
B. dalil aqli tentang toleransi
C. contoh-contoh toleransi dalam kehidupan sehari-hari
D.
membangun
kerja sama lintas agama
E. makna toleransi secara bahasa dan istilah
73. Perhatikan
narasi berikut!
Pak Bahri akan menuliskan seluruh temuan dari kelemahan
pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Agar PTK yang dilakukan lebih
mudah dan memperoleh ketercapaian tujuan yang maksimal, ia membutuhkan teman
sejawat. Karakteristik PTK yang terkandung dalam narasi tersebut adalah....
A. cooperative learning
B. fleskibel
C.
kolaboratif
dan kooperatif
D. berbasis masalah
E. berfokus masalah
74. Perhatikan
narasi berikut!
Pendidikan Agama Islam selalu mengarahkan peserta didik
pada ketaatan dan terhindar dari perilaku yang tidak sesuai norma dan etika.
Karakteristik Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan
pernyataan tersebut adalah ....
A. diyakini sebagai tugas suci
B. bersumber pada Al-Qur’an dan hadis
C.
bermisikan
pembentukan akhlakul karimah
D. bermotifkan ibadah
E. mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi
75. Perhatikan
pernyataan berikut!
Sunan Ampel merupakan satu dari sembilan wali yang
menyebarkan agama Islam di Indonesia. Keteladanan dakwahnya adalah penyebaran
Islam dengan metode unik yang mudah diterima oleh masyarakat. Salah satunya berupa
konsep “malima” dalam mengajarkan perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam agama
Islam. Nilai keteladanan dari Sunan Ampel dapat menjadi contoh dalam
keberhasilan dakwah.
Pernyataan tersebut termasuk materi PAI pada bidang ...
A. Al-Qur’an dan Hadis
B. Akhlak
C. Akidah
D. Fikih
E.
Sejarah
Peradaban Islam
76. Perhatikan
narasi berikut!
Pak Taufan memiliki keinginan memperbaiki kualitas
pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Ia melakukan serangkaian
penelitian tindakan kelasnya.
Karakteristik PTK yang terkandung dalam narasi tersebut
adalah....
A. sumber data
B. obyek penelitian
C. guru inti
D. peneliti
E.
guru
dan peneliti
77. Fungsi
dari fitur Dashboard pada Google Classroom yaitu....
A. berbagi file, memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu
pengumpulan tugas, dan waktu memberi komentar
B. memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas,
dan waktu pemberi komentar
C.
memantau
keaktifan siswa, membuat jadwal, waktu pengumpulan tugas, dan waktu pemberi
komentar
D. melampirkan file tugas, memantau keaktifan siswa, waktu
pengumpulan tugas, dan arsip pembelajaran
E. memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas,
dan pengembangan keprofesian
78. Perhatikan
narasi berikut!
Ibu Purnama menganalisis pekerjaan peserta didiknya untuk
menemukan kesulitan belajar. Dari hasil analisis tersebut, ia juga menemukan
kekuatan dan kelemahan dalam mengajar. Ketika menemukan kelemahan, ia berusaha
mengatasi kelemahan.
Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Purnama dapat
dikategorikan sebagai langkah awal dalam....
A. Peningkatan pedagogis guru
B.
melakukan
PTK
C. menerapkan manfaat PTK
D. memperbaiki pembelajaran
E. perkembangan profesional
79. Perhatikan
narasi berikut!
Pak Bahrul menulis jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang
terdapat pada rumusan masalah penelitian.
Proses yang sedang ditulis Pak Bahul adalah ....
A. kata kunci
B. tinjauan pustaka
C. kesimpulan
D. pendahuluan
E. abstrak
80. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Meningkatkan perhatian dan motivasi belajar
(2) Memberikan variasi dalam belajar
(3) Menyajikan inti informasi belajar
(4) Pedoman untuk mengidentifikasi materi yang akan disampaikan
(5) Menyajikan urutan penyajian bahan pembelajaran
(6) Upaya mudah untuk mendapatkan bahan ajar
Manfaat
buku teks bagi peserta didik adalah...
A.
(3),
(4), dan (5)
B. (4), (5), dan (6)
C.
(1),
(2), dan (3)
D.
(5),
(6), dan (1)
E.
(2),
(3), dan (4)
81. Perhatikan
narasi berikut!
Guna meningkatkan kinerja, Pak Bayu mengikuti diskusi yang
menampilkan beberapa pembicara ahli. Para pemateri menjawab pertanyaan dari
peserta, diskusi dipimpin oleh seorang moderator. Moderator sesekali
menyimpulkan paparan para pembicara sedangkan peserta diskusi hanya sebagai
pendengar.
Jenis forum ilmiah yang diikuti Pak Bayu adalah ....
A. focus group discussion
B. diskusi panel
C. lokakarya
D.
presentasi
E. seminar
82. Perhatikan
narasi berikut!
Pak Bintang prihatin karena peserta
didiknya mengalami kesulitan belajar materi makhorijul huruf, sehingga keterampilan
membaca Al-Qur’an rendah. Ia kemudian melakukan tindakan dengan memberikan
bimbingan belajar menggunakan strategi digital drilling dalam Penelitian
Tindakan Kelas.
Hipotesa dari rumusan Penelitian Tindakan
Kelas tersebut adalah....
A. digital drilling dapat meningkatkan keterampilan
menterjemahkan Al-Qur’an
B. Keterampilan menulis Al-Qur’an dapat ditingkatkan melalui
strategi digital drilling
C. minat belajar materi makhorijul huruf dapat ditingkatkan melalui
strategi digital drilling
D. pemahaman makna Al-Qur’an dapat ditingkatkan melalui strategi digital
drilling
E.
digital
drilling dapat meningkatkan kemampuan
belajar materi makhorijul huruf
83. Perhatikan
narasi berikut!
Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas
secara utuh, sistematis dan dapat dijadikan rujukan. Di dalamnya memuat
seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk mempermudah
proses pembelajaran dan dapat mengatasi keterbatasan waktu.
Berdasarkan narasi tersebut, tujuan pembuatan modul adalah
....
A. dikemas utuh dan sistematis, mempermudah pembelajaran
B. mempermudah proses belajar dan mengajar di dalam kelas
C. didesain untuk mempermudah proses pembelajaran
D. memuat pengalaman belajar dan membantu pembelajaran
E.
dijadikan
rujukan dan mengatasi keterbatasan waktu
84. Perhatikan
deskripsi berikut!
Hasil refleksi belajar menunjukkan bahwa sebagian peserta
didik yang memiliki kecenderungan belajar auditori, maka tindak lanjut yang
diberikan dapat diarahkan untuk memilih sumber belajar berupa....
A. Pengalaman langsung
B. Buku teks
C. Lingkungan
D. Video
E. Percakapan
85. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Menyusun latar belakang masalah
(2) Menyusun rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian
(3) Menentukan metode penelitian
(4) Menyusun instrumen penelitian
(5) Menentukan judul penelitian
(6) Menentukan teori pendukung, kerangka berpikir dan hipotesa
tindakan
Urutan langkah yang benar dalam menyusun proposal PTK
adalah....
A. (4), (2), (3), (6), (5), dan (1)
B. (3), (4), (5), (6), (2), dan (1)
C. (6), (5), (4), (3), (2), dan (1)
D. (2), (4), (5), (6), (1), dan (3)
E.
(5),
(1), (2), (6), (3), dan (4)
86. Perhatikan
narasi berikut!
Pada saat akan mengajar di kelas, guru PAI mendapati
beberapa peserta didik belum masuk kelas sehingga pembelajaran terlambat
dimulai. Hal ini rupanya sering terjadi sehingga diketahui disiplin peserta
didik masih rendah.
Sebaiknya guru PAI tersebut menyelesaikan permasalahan
tersebut dengan...
A. menyetorkan nama peserta didik yang tidak disiplin pada guru BK
B. menyadarkan peserta didik yang tidak disiplin dengan cara
memberi hukuman
C. mengajar tanpa mengindahkan peserta didik yang tidak disiplin
D. menghukum peserta didik yang tidak disiplin untuk menyapu lantai
E.
menerapkan
program ceklis kedisiplinan dan budaya malu
87. Perhatikan
beberapa pernyataan berikut!
(1) Masalah yang diangkat adalah masalah yang dihadapi oleh guru
kelas
(2) Bertumpu pada kelemahan peserta didik dalam memahami pelajaran
(3) Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
(4)
Adanya
partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dengan teman sejawat
(5) Masalah yang diteliti berasal dari beban kinerja guru
Karakteristik
Penelitian Tindakan Kelas nomor....
A. (3), (4) dan (5)
B.
(1),
(3) dan (4)
C. (2), (4) dan (5)
D. (1), (2) dan (3)
88. Perhatikan deskripsi berikut!
Ketika pembelajaran materi
akidah dan kurban, sebagian peserta didik belum memahami penjelasan guru,
terutama pada saat menjelaskan cara penyembelihan. Peserta didik hanya
membayangkan saja. Akibatnya saat umpan balik dan asesmen, peserta didik 62%
belum menguasai kompetensi. Sejak awal pembelajaran sampai akhir yang dilakukan
guru dalam pembelajaran adalah ceramah, meminta peserta didik menyalin catatan
dari buku teks dan mengerjakan tugas.
Kesimpulan dari permasalahan
tersebut adalah....
A.
tidak
mengajar untuk menghukum peserta didik di kelas tersebut
B.
mendokumentasikan
kelas yang penuh sampah memakai HP
C.
mengajar
di kelas tersebut meskipun keadaan kotor dan bau
D.
menerapkan
gerakan tabungan sampah untuk kebersihan kelas
E.
menulis
di status media sosial tentang keadaan kelas yang jorok
89. Perhatikan
narasi berikut!
Bu Dahlia mempresentasikan hasil penelitian dalam forum
ilmiah dan berpeluang untuk dipublikasikan kepada masyarakat luas. Hasil penelitian
tersebut dapat diakses secara umum dan meningkatkan reputasinya sebagai peneliti.
Manfaat mengikuti forum ilmiah bagi Ibu Dahlia adalah ...
A.
menjalin
jaringan profesional
B. meningkatkan visibilitas penelitian
C. meningkatkan kualitas penelitian
D. meningkatkan pengetahuan dan wawasan
E.
membuka
peluang kolaborasi
90. Perhatikan
narasi berikut!
Ibu Mawar menulis artikel berisi ulasan sistematis dan terstruktur
tentang topik pelaksanaan haji dan umroh berdasarkan penelitian atau literatur
yang relevan. Ia menggunakan metodologi yang jelas dan memberikan pandangan
yang komprehensif serta obyektif.
Jenis artikel yang ditulis ibu mawar adalah....
A. systematic reviews
B. short communications
C.
research
articles
D. perspective srticles
E. review articles
91. Baca
ilustrasi berikut!
Bu Indra membuat bahan tayang yang menarik dari Quizizz.
Langkah-langkah yang harus dilakukan Bu Indra adalah Buka Quizizz, klik Buat dan
pilih ..., tambahkan slide, pilih jenis slide, desain bahan tayang yang
diinginkan, Simpan, ... dengan pilih Main Langsung presentasi, dan
presentasikan.
Langkah-langkah yang tepat melengkapi titik-titik tersebut
adalah ....
A. Classroom Tools - Publish
B. Presentasi interaktif - Publish
C. Quiz - Publish
D.
Jenis
pertanyaan - Publish
E. Jenis slide - Publish
92. Karya
hasil rancangan/pengembangan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau
dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan
dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu
kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya adalah....
A. alat karya seni
B. alat peraga
C. alat belajar
D. alat praktikum
E.
teknologi
tepat guna
93. Perhatikan
beberapa alamat url berikut!
(1) ppkbgpaiditpai@gmail.com
(2) pusbuk.kemendikbud.go.id
(3) layanan@kemenag.go.id
(4) sman1cijeruk.sch.id
(5) it@uin-suka.ac.id
Alamat url yang termasuk dalam kategori email terdapat pada
nomor....
A. (1), (3), dan (4)
B.
(1),
(3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (1), (2), dan (3)
E. (2), (3), dan (5)
94. Baca
dan cermati permasalahan berikut!
Pak Budi mengajak peserta didiknya belajar
menggunakan smartphone. Dia menyiapkan barcode yang ditempel di beberapa
tempat. Barcode tersebut berisi teks, gambar, tautan web browser. Saat pembelajaran
dimulai, tiba-tiba WiFi sekolah bermasalah. Tindakan yang harus dilakukan Pak
Budi adalah ....
A. pembelajaran menunggu WiFi normal kembali
B. melakukan pembelajaran dengan PowerPoint
C. memperbaiki WiFI sekolah terlebih dahulu
D. tidak lagi pembelajaran dengan smartphone
E.
memanfaatkan
paket data dan tethering
95. Langkah-langkah
yang benar untuk membagikan link G-meet yaitu ....
A. Buka G-Meet -> masukkan kode atau link -> Copy link ->
Paste ke media pengiriman
B. Buka G-Meet -> klik tanda Salin Link -> Copy link ->
Paste ke media pengiriman
C. Buka G-Meet dengan klik Rapat Baru -> klik tanda panah pada Participants
-> pilih Copy -> Paste ke media pengiriman
D.
Buka
G-Meet dengan klik Rapat Baru -> klik tanda Salin Link -> Paste ke media
pengiriman
E. Buka G-Meet dengan Klik Rapat Baru -> masukan kode atau link ->
Copy link -> Paste ke media penyimpanan
96. Langkah-langkah
dalam mengunduh file pada email masuk yang benar adalah....
A. Klik Gmail -> buka file pada isi pesan -> pilih pesan pada
kotak masuk -> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) ->
pilih tempat penyimpanan -> beri nama file -> Save
B.
Klik
Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada isi pesan-> klik
tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> pilih tempat penyimpanan
-> beri nama file -> Ok
C. Klik Gmail -> pilih pesan
kotak masuk -> buka file pada isi pesan-> pilih tempat penyimpanan ->
klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> beri nama file
-> Save
D.
Klik
Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada isi pesan -> klik
tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> pilih tempat penyimpanan
-> beri nama file -> Save
E. Klik Gmail -> pilih pesan kotak masuk -> buka file pada
isi pesan-> klik tanda panah ke bawah di sudut kanan atas (Unduh) -> beri
nama file -> pilih tempat penyimpanan -> Ok
97. Langkah-langkah
membuat gmail yang benar, yaitu ....
A.
Buka
google.com -> Klik Gmail -> Create an account -> isi nama pribadi dan
akun gmail serta password -> isi nomor HP -> isi tanggal lahir ->
masukkan kode verifikasi SMS -> klik “saya setuju”
B. Buka google.com -> Create an account -> Klik Gmail -> isi
nama pribadi dan akun gmail serta password -> isi nomor HP -> isi tanggal
lahir -> masukkan kode verifikasi SMS -> klik “saya setuju”
C. Buka google.com -> Klik Gmail -> Create an account -> isi
nomor HP -> isi nama pribadi dan akun gmail serta password -> masukkan
kode verifikasi SMS -> isi tanggal lahir -> klik “saya setuju”
D.
Buka
google.com -> Klik Gmail -> Create an account -> isi nama pribadi dan
akun gmail serta password -> isi nomor HP -> masukkan kode verifikasi SMS
-> isi tanggal lahir -> klik “saya setuju”
E. Buka google.com -> Create an account -> Klik Gmail -> isi
nama pribadi dan akun gmail serta password -> isi nomor HP -> masukkan
kode verifikasi SMS -> isi tanggal lahir -> klik “saya setuju”
98. Baca
ilustrasi berikut!
Pak Ahmad ingin membuat poster pendidikan dari Canva.
Langkah-langkah yang harus dilakukan Pak Ahmad adalah buka canva.com, lalu klik
masuk, klik ... untuk mulai mendesain, telusuri layout..., sesuaikan desain Anda,
lalu buat poster yang diinginkan.
Langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik tersebut
adalah ....
A. Cerita Instagram – Poster
B. Dokumen – Poster
C. Resume – Poster
D.
Buat
desain – Poster
E. Infografis – Poster
99. (1)
Canva memiliki desain yang menarik dan hemat waktu dalam pembuatan
(2) Microsoft Teams mensyaratkan penggunanya memiliki akun
email tersendiri
(3) Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis permainan
(4) Google Classroom menjadikan sistem pembelajaran lebih sederhana
dan efektif
Kesimpulan dari beberapa pernyataan tersebut adalah....
A.
Google
Classroom dan Microsoft Teams dapat digunakan untuk kelas maya
B. Microsoft Teams dan Canva dapat digunakan untuk kelas maya
C. Google Classroom dan Kahoot dapat digunakan untuk kelas maya
D. Google Classroom dan Canva dapat digunakan untuk kelas maya
E. Microsoft Teams dan Kahoot dapat digunakan untuk kelas maya
100. Bu Dahlia membuat video
pembelajaran menggunakan PowerPoint. Langkah-langkah yang dilakukan Bu Dahlia
adalah buka PowerPoint, pilih file yang sudah disiapkan, klik File pada tab
menu, pilih ... dan klik ..., lalu pilih Record Timings dan Narrations dan Clik
Create a Video.[1]
Langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik tersebut
adalah....
A. Create a Video – Save a Web
B. Export – Publish Slides
C. Create a Video - Publish Slides
D. Export – Computer and HD Displays
E. Export – Create a Video