Soal PAI Kelas 4 Sumatif Tengah Semester 1

e-Pendidikan - Berikut ini Admin akan bagikan soal sumatif tengah semester kelas 4 SD Kurikulum Merdeka biasanya digunakan oleh para guru untuk evaluasi hasil pembelajaran, khususnya soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selain itu juga ada soal Sumatif Akhir Semester 1 Mapel PAI untuk Kelas 4 yang pembaca dapat lihat pada halaman lin.

Penilaian sumatif sendiri adalah suatu aktivitas penilaian yang menghasilkan nilai atau angka yang kemudian digunakan sebagai keputusan pada kinerja siswa.

Penilaian sumatif digunakan untuk menentukan klasifikasi penghargaan pada akhir pembelajaran. Penilaian sumatif dirancang untuk merekam pencapaian keseluruhan siswa secara sistematis.


Soal Sumatif Tengah Semester 1

PETUNJUK UMUM :

  1. Bacalah setiap soal dengan teliti !
  2. Kerjakan soal pada lembar jawab yang tersedia
  3. Kerjakan lebih dulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah !
  4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada Bapak/Ibu Guru !

TP.4.1 

1. Perhatikan ayat-ayat Al-Qur’an berikut ini!

        (1) يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰ

        (2) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ

        (3) وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

        (4) وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ

        Dari ayat-ayat di atas, yang merupakan ayat dari surat al-Hujurat ayat 13, ditujukan pada nomor....

        a. (1) c.  (3)

        b. (2) d.  (4)

2. Perhatikan potongan ayat Al-Qur’an berikut ini!

        اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ ....

        Lafal yang tepat untuk melengkapi ayat tersebut di atas adalah....

        a. عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ c.لِتَعَارَفُوْا 

        b. اَتْقٰىكُمْ ۗ d. ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى

3. Perhatikan ayat berikut !

         يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰ

        Arti lafal yang bergaris bawah adalah....

        a.  berbangsa-bangsa dan bersuku-suku

        b. agar kamu saling mengenal

        c. orang yang paling mulia

        d. dari seorang laik-laki dan perempuan

4. Berikut ini makna yang terkandung dalam Q.S. Al-Hujurat ayat 13 adalah ....

        a. orang muslim dilarang bergaul dengan umat agama lain

        b. kita dapat mengikuti ibadah dan ajaran agama lain

        c. Allah Swt. menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku

        d. manusia harus berlomba-lomba melakukan kebaikan

5. Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Allah Swt. tidak membedakan-bedakan hamba-Nya karena orang paling mulia di hadapan Allah Swt. adalah orang yang paling ....

        a.  berani c. bertakwa

        b. kaya d. berbudaya

6. Perhatikan narasi berikut ini!

  • Rizky mengadopsi kebudayaan negara lain dan meninggalkan kebudayaan daerah sendiri
  • Regina memberikan kesempatan umat agama lain dilingkungan sekitarnya untuk merayakan hari besar
  • Desti menjauhkan diri dan mengurung diri dari pergaulan
  • Ilham mempelajari budaya asing dan yang berbeda dengan budaya bangsa Indonesia

Penerapan perilaku toleransi yang menghargai perbedaan ditunjukkan oleh...

        a.  Rizky c. Desti
        b. Regina d. Ilham

7. Allah Swt. menciptakan manusia beragam jenis dan suku agar saling....

8. Perhatikan ayat berikut!

        ......اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ

        Lafal yang tepat untuk melengkapi ayat di atas adalah....

9. Manusia paling mulia disisi Allah Swt. adalah yang paling....

10. Tindakan apa yang kita lakukan agar tercipta kerukunan di masyarakat?

        Jawab: ...............................................

11. Tulislah arti dari potongan ayat dari Surat Al-Hujurat ayat 13 berikut ini !

        اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰ

        Jawab: ...............................................

TP.4.2

12. Allah memiliki nama Al-Malik, artinya Maha....

        a.  Mulia c. Sejahtera

        b. Merajai d. Suci

13. Allah Swt. adalah Zat Yang Mulia, sesuai dengan namanya...

        a. Al-Quddus c. Al-Malik

        b. Al-Mu’min d. Al-‘Aziz

14. Salah satu Asmal Husna Allah Swt. adalah Al-Quddus, yang artinya Allah Maha....

        a.  Suci c. Esa

        b. Kekal d. Merajai

15. Allah Swt. adalah zat yang memberi kesejahteraan, keselamatan, kedamaian dan kasih sayang kepada hamba-Nya, sesuai dengan sifatnya....

        a. Al-Mu’min c. As-Salam

        b. Al-Malik d. Al Quddus

16. Allah Swt. melindungi hambanya dari musibah, ini merupakan bukti bahwa Allah Swt. bersifat....

        a. Al-Mu’min c. As-Salam

        b. Al-Malik d. Al Quddus

17. Berikut ini adalah cara meneladani Allah Swt. Maha Suci adalah...

        a. mendekatkan diri pada Allah swt.

        b. menjaga kebersihan lingkungan

        c. berbuat keributan di lingkungan

        d. berkata tidak sopan pada orang tua

18. Salah satu contoh perilaku meneladani Asmaul Husna Al-Mu’min dalam kehidupan sehari-hari adalah....

        a. menyapa setiap teman dengan ucapan salam

        b. mencari lawan tanding saat bermain sepak bola

        c. menjaga suasana kelas agar tidak gaduh

        d. mengajak teman lain untuk berkelahi

19. Perhatikan pernyataan berikut ini!

        (1) Berkata santun tidak menyakiti hati orang lain

        (2) Mewujudkan rasa aman terhadap lingkungan

        (3) Menyebarkan dan menjawab salam terhadap sesama muslim

        (4) Menjaga diri dari ancaman dari gangguan

        Contoh meneladani Asmaul Husna Al-Mu’min ditunjukkan oleh nomor....

        a.  2 dan 4 c. 1 dan 3

        b. 2 dan 3 d. 1 dan 2

20. Asmaul Husna Allah Swt. berjumlah....

21. Allah Swt. adalah Maha Sejahtera dan Maha Menyelamatkan seluruh makhluk, karena Allah Swt memiliki Asmaul Husna....

22. Allah Swt. adalah Al-Quddus. Oleh sebab itu kita harus selalu hidup ....

23. Allah Swt. Maha Suci adalah arti dari ....

24. Salah satu meneladani Asmaul Husna Al-Mu’min adalah hidup tertib.

        Sebutkan 3 (tiga) aturan sekolah yang harus dipatuhi?

        Jawab: ...............................................

TP.4.3

25. Perhatikan ayat-ayat berikut ini!

        (1) قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

        (2) لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ ࣖ

        (3) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

        (4) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

        Ayat yang mengajarkan tentang toleransi ditunjukkan nomor....

        a.   (1) c. (3)

        b. (2) d. (4)

26. Surat Al-Kafirun mengandung ajaran tidak boleh mencampur adukan urusan....

        a.   jual beli c. silaturahmi

        b. akidah d. keluarga

27. Perhatikan pernyataan berikut!

        (1) berlapang dada dalam segala perbedaan

        (2) menimbulkan perpecahan dan perselisihan

        (3) menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama

        (4) menghindarkan dari kekerasan dan kekacauan

        Manfaat sikap toleransi ditunjukkan pada nomor....

        a. 1, 3, 4 c. 1, 2, 3

        b. 1, 2, 4 d. 2, 3, 4

28. Contoh sikap toleransi antar umat beragama adalah....

        a. menghormati agama lain dalam beribadah

        b. mempelajari kitab agama lain

        c. mengikuti ibadah agama lain

        d. mengamalkan ajaran agama lain

29. Jika manusia berakhlak baik terhadap lingkungan, maka lingkungan juga akan memberi manfaat kepada manusia.

        Di antara manfaat tersebut antara lain....

        a. manusia memperoleh piagam penghargaan

        b. manusia akan naik pangkatnya

        c. manusia memperoleh derajat yang tinggi

        d. manusia akan memperoleh udara yang segar

30. Salah satu bentuk akhlak baik terhadap tanaman adalah....

        a. menebang pohon-pohon secara liar

        b. mengambil buah sebelum masak

        c. memupuk, menyiram dan memberantas hama

        d. membiarkan tumbuhan kering

31. Surat Al-Kafirun menegaskan bahwa tidak ada toleransi dalam hal....

32. Membuang sampah pada tempatnya merupakan akhlak yang baik terhadap ....

33. Teladan terbaik dalam hal toleransi adalah Nabi ....

34. Tulislah surat Al-Kafirun ayat 6 !

        Jawab: ...............................................

35. Sebutkan 3 (tiga) manfaat sikap toleransi !

 

Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

TP. 4.1

1. A

2. B

3. D

4. C

5. C

6. B

7. Mengenal

8. اَتْقٰىكُمْ ۗ

9. Bertakwa

10. Saling menghormati, saling menghargai, bertoleransi antar umat beragama 

11. Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan


Pedoman Penskoran

Skor PG = 6 X 1 = 6 Skor Perolehan

    Isian  = 3 X 2 = 6 NA =  -------------------------  X 100 =

    JS      = 2 X 3 = 6         Skor Maksimal

Skor Maksimal = 18

TP. 4.2

12. B

13. D

14. A

15. C

16. A

17. B

18. C

19. D

20. 99

21. As-Salam

22. Bersih

23. Al-Quddus

24. Memakai seragam sekolah sesuai aturan, masuk sekolah tidak terlambat, tidak membawa mainan ke dalam kelas, dll


Pedoman Penskoran

Skor PG = 8 X 1 = 8 Skor Perolehan

    Isian  = 4 X 2 = 8 NA =  -------------------------  X 100 =

    JS      = 1 X 3 = 3         Skor Maksimal

Skor Maksimal = 19

TP. 4.3

25. B

26. B

27. A

28. A

29. D

30. C

31. Akidah dan ibadah

32. Lingkungan

33. Muhammad Saw.

34. لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ ࣖ

35. Menciptakan kerukunan, menghindari perpecahan dan pertikaian, lingkungan menjadi damai dan aman, mempererat persaudaraan, mempererat persatuan, meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Pedoman Penskoran

Skor PG = 6 X 1 = 6 Skor Perolehan

    Isian  = 3 X 2 = 6 NA =  -------------------------  X 100 =

    JS      = 2 X 3 = 6         Skor Maksimal

Skor Maksimal = 18

Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url