Soal Tes Awal dan Akhir Modul 1 Guru Penggerak disertai Kunci Jawaban

 


e-Pendidikan - Sebelum mengikuti Pembahasan pada Paket Modul 1, seorang Calon Guru Penggerak diwajibkan untuk mengerjakan Tes Awal serta pada modul 1.4.c.1. juga mengerjakan Tes Akhir. Setiap Calon Guru Penggerak akan mendapatkan soal yang berbeda-beda.

Kali ini admin akan membagikan 40 soal yang sering muncul pada Tes Awal dan Tes Akhir Paket Modul Guru Penggerak. Selain itu juga dapat sebagai media belajar dan mengenal lebih dalam pada Paket Modul 1 agar mencapai harapan yang diinginkan oleh setiap Calon Guru Penggerak.

Setelah mengikuti Tes Akhir Modul 1, Calon Penggerak kemudian mengerjakan Soal Tes Awal dan Akhir Modul 2, kemudian juga dapat mengerjakan Soal Tes Awal dan Akhir Modul 3 yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan Calon Guru Penggerak pada modul yang akan dipelajari. 

Berikut ini soal dan kunci jawaban yang dapat Admin bagikan Soal dan Kunci Jawaban Modul 1 pada pembaca, mohon dapat digunakan dengan baik.

Untuk pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada tayangan berikut ini: 

👉  SOAL TES AKHIR MODUL 1 KLIK DI SINI

👉  SOAL TES AKHIR MODUL 2 KLIK DI SINI

👉  SOAL TES AKHIR MODUL 3 KLIK DI SINI





1. Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada kegiatan Pramuka agar bisa menarik minat siswa. Kemudian, Anda menyadari bahwa langkah awal yang diperlukan adalah mengumpulkan data yang dapat menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa adalah masalah.


Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang termasuk dalam rencana Anda mengumpulkan data yang otentik?

a. Membuat penelitian ilmiah mengenai dampak kegiatan Pramuka terhadap kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
b. Membuat survei masyarakat sekitar sekolah mengenai pentingnya Pramuka di lingkungan mereka.
c. Membuat laporan mengenai dampak kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah
d. Membuat survei dan wawancara guru dan murid mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka
e. Membuat galeri foto-foto kegiatan Pramuka di majalah dinding sekolah

Jawaban : D

2. Learning Management System (LMS) yang anda ketahui adalah...

a. Perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.
b. Perangkat lunak pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah menggunakan internet.
c. Perangkat pembelajaran antara siswa dan guru dalam liingkungan online
d. Perangkat pembelajaran yang dirancang antara siswa dan guru pada masa pandemi Covid-19
e. Pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan online dimana interaksi siswa dan guru terjadi

Jawaban : A

3. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah...

a. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur GForm
b. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Video Conference
c. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm
d. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog
e. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm

Jawaban : D

4. Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …


a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.
b. Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.
c. Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu..
d. Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.
e. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis.

Jawaban : E

5. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan komponen utama dalam memfasilitasi:

1) Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
2) Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
3) Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama
4) Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis
5) Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.

a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 1 dan 4
d. 1, 2 dan 3
e. 2 dan 4

Jawaban : E

6. Sebagai salah satu tokoh kunci yang mengenalkan andragogi di Amerika Serikat, Malcom Knowles merumuskan lima asusmsi mengenai Pendidikan Orang Dewasa dan. Dari pernyataan di bawah ini manakah yang merupakan asumsi yang dikemukakan oleh Knowles?


1) Konsep diri pembalajar dewasa bergerak dari kepribadian yang bergantung menjadi manusia mandiri yang dapat mengarahkan dirinya sendiri
2) Pentingnya proses dialog dalam proses pendidikan, bahwa semua orang dapat menjadi guru dan semua orang dapat menjadi murid
3) Pentingnya praksis sebagai satu kesatuan antara aksi dan refleksi
4) Kesiapan belajar pembelajar dewasa untuk belajar semakin berorientasi pada perkembangan tugas-tugas dari peran sosial mereka di masyarakat

a. 1 dan 3
b. 3 dan 4
c. 1 dan 2
d. 2 dan 3
e. 1 dan 4

Jawaban : E

7. Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…

a. Mandiri
b. Berpihak kepada peserta didik
c. Inovatif
d. Kolaboratif

Jawaban : C

8. Anda seorang guru di sebuah Sekolah Dasar. Anda akan membuat sebuah perubahan dengan menggunakan pola pikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Anda ditunjuk Kepala Sekolah menjadi penanggung jawab kegiatan pelepasan siswa Kelas VI. Anda mempunyai waktu 4 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang akan Anda lakukan pertama kali?


a. Meminta Kepala Sekolah untuk mengumpulkan semua guru dan mendiskusikan pembagian tugas sesuai kemampuannya.
b. Mengumpulkan siswa kelas 1 s.d kelas 5 untuk membersihkan tempat yang akan digunakan.
c. Mengadakan rapat orang tua untuk penggalangan dana.
d. Mencari pelatih seni untuk membimbing pertunjukkan.
e. Menunjuk anak yang melakukan pentas seni dan menyewa pakaian untuk penampilan serta melatihnya.

Jawaban : A

9. Berikut ini merupakan beberapa ciri fasilitator yang baik, kecuali……

a. Selalu mampu menjawab pertanyaan
b. Memiliki keterbukaan
c. Mampu mengelola konflik
d. Sensitifitas/ empati yang tinggi
e. Menjadikan peserta sahabat

Jawaban : A

10. Bagian dasar dari segitiga restitusi bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang sukses. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan pada anak:

1) “Bapak/Ibu tidak tertarik mencari siapa yang salah, tapi Bapak/Ibu ingin mencari solusi dari permasalahan ini”.
2) “Kita bisa menyelesaikan ini”.
3) “Kamu pasti punya alasan mengapa melakukan hal itu”
4) “Kamu mau jadi orang yang seperti apa?”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih untuk meyakinkan anak agar ia menjadi reflektif?

a. 2 dan 4
b. 2 dan 3
c. 1 dan 2
d. 1 dan 4
e. 3 dan 4

Jawaban : C
 

11. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan global…


a. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.
b. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.
c. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.
d. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

Jawaban : D

12. Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…


a. Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.
b. Mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.
c. Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.
d. Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik
e. Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.

Jawaban : A

13. Manakah dari pernyataan berikut yang merupakan prinsip utama yang perlu diingat dan diterapkan oleh para fasilitator untuk dapat memfasilitasi dengan efektif?


1) Fasilitator hanya menganggap penting pendapat sebagian peserta
2) Fasilitator harus menjadi pendengar yang baik dan menghargai pendapat orang lain.
3) Fasilitator harus mampu menyemangati dan aktif memfasilitasi partisipasi semua orang
4) Fasilitator mengutamakan kelompok tertentu yang sesuai dengan preferensi fasilitator
5) Fasilitator harus sensitif dan mudah beradaptasi dengan baik terhadap budaya lokal masyarakat ataupun fleksibel terhadap kebutuhan peserta

a. 1, 3 dan 5
b. 2, 3 dan 5
c. 1 dan 2
d. 1 dan 3
e. 2 dan 5

Jawaban : B

14. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah...


a. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Video Conference
b. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur GForm
c. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm
d. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm
e. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog

Jawaban : E

15. Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.


Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal
2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid
3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas
4) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri

Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a. 2 dan 4
b. 1 dan 4
c. 1 dan 3
d. 1 dan 2
e. 2 dan 3
 
Jawaban : C

16. Manakah dari keterampilan utama berikut yang tidak wajib diperlukan oleh faslitator untuk dapat memfasilitasi dengan efektif


1) Keterampilan bertanya
2) Keterampilan penggunaan teknologi
3) Keterampilan mengilustrasi dengan gambar
4) Keterampilan mendegar aktif
5) Keterampilan memandu refleksi

a. 1
b. 4
c. 5
d. 2
e. 3

Jawaban : E

17. Siapakan tokoh yang pertama kali menggunakan istilah andragogi untuk merujuk pada konsep Pendidikan Orang Dewasa


 a. Eduard Lindeman
 b. Eugen Rosenstock-Huessy
 c. Malcom Knowles
 d. Paulo Freire
 e. Alexander Kapp

Jawaban : E

18. Roni selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan selalu dikumpulkan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika Roni telah berhasil menerapkan disiplin positif, maka motivasi yang paling tepat ketika mengerjakan tugasnya adalah…


a. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dengan nilai-nilai yang dipercayanya dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
b. Roni ingin mendapatkan pujian dari temannya dan berusaha menjadi anak yang bertanggung jawab
c. Roni tidak ingin mendapatkan teguran dari gurunya dan ingin menjadi anak yang bertanggung jawab.
d. Roni ingin menghargai dirinya sendiri dan juga ingin dihargai oleh guru maupun teman-temannya
e. Roni ingin mendapatkan penghargaan dari gurunya dan ingin menjadi teladan bagi teman-temannya.

Jawaban : A

19. Ibu Dahlia senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun pihak lain secara positif-apresiatif-produktif. Menurutnya, pengalaman-pengalaman ini boleh jadi akan menimbulkan kesan positif maupun negatif. Pengalaman-pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk menuntun dirinya, murid, dan sesama dalam menangkap pembelajaran positif, sehingga mampu menjalankan perannya dari waktu ke waktu.


Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…

a. Mandiri
b. Berpihak kepada peserta didik
c. Reflektif
d. Kolaboratif

Jawaban : C

20. Untuk dapat mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan, maka Kepala Sekolah harus …


a. memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.
b. memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik.
c. mengubah kebiasaan sekolah sesegera mungkin.
d. meningkatkan sumber daya manusia.
e. mencoba melakukan perencanaan perubahan.

Jawaban : A

21. Ki Hadjar Dewantara mengatakan “waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin. Jangan hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut dilaraskan lebih dahulu”\Maksud dari kata “barang-barang” dari pernyataan KHD adalah …


a. Sebagai simbol untuk Menggali potensi yang di miliki oleh setiap siswa dalam menuntun perkembangannya dalam berkehidupan bermasyarakat.
b. sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
c. Sebagai simbol dalam Memanfaatkan semua potensi yang dimiliki siswa untuk mencapai kehidupan yang bermasyarakat dan berbudaya seluas luasnya.
d. Sebagai simbol untuk Menolak pengaruh pengaruh dari luar yang masuk ke bangsa Indonesia yang dapat mengganggu perkembangan bangsa dalam mengahadapi kecakapan abad 21.
e. Sebagai simbol untuk Memfasilitasi siswa dalam mencapai kodrat alam dan kodrat zaman.

Jawaban : B

22. Pak Sudan mengajar murid kelas 6 sudah sejak tahun 2020, murid-murid di kelas pak Sudan tampak begitu semangat mengikuti pembelajaran. Program pembelajaran yang dilaksanakan oleh pak Sudan sudah menerapkan pembelajaran yang melibatkan seluruh anak aktif mengikuti pembelajaran dan sudah meintegrasikan penumbuhan karakter anak dalam pembelajaran tersebut. Namun pak Sudan belum melihat perkembangan kecerdasan budi pekerti anak yang begitu signifikan, apa yang harus dilakukan oleh pak Sudan agar anak dapat mewujudkan pencapaian kecerdasan budi pekerti anak yang maksimal ..


a. Mengikutsertakan anak dalam program ekstrakurikuler yang dapat menstimulus anak untuk mengembangkan kecerdasan budi pekertinya.
b. Menugaskan anak untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan di lingkungan masing-masing sesuai dengan kultur sosial budayanya.
c. Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.
d. Selalu mengingatkan anak pentingnya kecerdasan budi pekerti sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.
e. Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.

Jawaban : E

23. Menjadi pemimpin pembelajaran berarti Anda menaruh perhatian penuh pada komponen pembelajaran agar terwujud wellbeing dalam ekosistem sekolah. Sebagai seorang guru penggerak, menurut Anda rencana manakah yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut?


a. Menggerakkan komunitas praktisi di sekolah untuk merencanakan kegiatan
b. Melakukan pengembangan diri dan rekan sejawat melalui kegiatan di kelompok kerja
c. Melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk meningkatkan kompetensi
d. Membuat lingkungan kelas yang aman, nyaman, menyenangkan namun tetap menantang dan relevan bagi siswa.
e. Mengambil pelajaran dan mengasah keterampilan metakognitif untuk menciptakan pembelajaran yang efektif

Jawaban : D

24. Learning Management System yang sering digunakan di pembelajaran...

a. Moodle, Schology, Google Classroom, Wiki
b. Moodle, Website, Google Classroom, Blackboard
c. Moodle, Schology, Yahoo Classroom, Blackboard
d. Moodle, Schology, Google Classroom, Library
e. Moodle, Schology, Google Classroom, Blackboard

Jawaban : E

25. Berikut adalah yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah...


a. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
b. Biaya untuk menggunakan LMS lebih murah dibandingkan proses pembelajaran tatap muka.
c. Memudahkan aktifitas kuliah seperti Quiz, tugas, upload materi, interactive discussion
d. Pembelajaran yang dirancang dengan fleksibel tanpa terbatas waktu dan ruang yang diakses dengan mudah.
e. Satu-satunya pembelajaran online selama pandemi COVID-19

Jawaban : E

26. Tono yang tidak mengerjakan tugas. Kemudian terjadilah percakapan Tono dan gurunya, sebagai berikut:


Guru: “Tono, tahukah kamu kalau hari ini ada tugas yang harus dikumpulkan?”
Tono: “Tahu Pak!”
Guru: “Kamu tidak mengerjakan tugas, apakah kamu sudah mengerti konsekuensi yang harus dilakukan bila tidak mengerjakan tugas?”
Tono: “Paham Pak, saya harus tinggal kelas pada jam istirahat nanti dan mengerjakan tugas ketertinggalan saya.”
Guru: “Ya, benar, nanti pada saat jam istirahat kamu harus tinggal di kelas untuk menyelesaikan tugas yang harus dikumpulkan. Saya tunggu”
Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh guru dalam pendekatannya kepada Tono?

a. Pemantau
b. Pembuat merasa bersalah
c. Penghukum
d. Teman
e. Manajer

Jawaban : A

27. Kapan konsep andragogyi mengalami kebangkitan kembali di Eropa setelah adanya penolakan terhadap konsep andragogi oleh Alexander Kapp


a. 1980
b. 1970
c. 1920
d. 1940
e. 1930

Jawaban : C

28. Proses Inkuiri Apresiatif harus dimulai dengan filosofi dan visi yang berpusat pada kepentingan murid. Dari sana kemudian diturunkan menjadi tujuan-tujuan rinci berupa prakarsa perubahan. Di antara rumusan visi berikut, yang paling tepat dan selaras dengan apa yang dapat dilakukan guru untuk membantu pencapaian murid adalah …


a. Menjadi guru yang mampu menyediakan suasana positif, aman dan membangkitkan minat murid untuk menjadi pemelajar mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya.
b. Menjadi guru yang mampu mewujudkan generasi yang memiliki karakter, memiliki prestasi, dan menguasai iptek
c. Menjadi guru yang mampu menciptakan lulusan bertaraf internasional dengan kualitas diri yang tinggi dalam aspek kepribadian, akademis dan non akademis
d. Mengembangkan diri menjadi guru yang mampu mewujudkan insan Indonesia berbudi pekerti luhur, peduli, berbudaya, berwawasan lingkungan, unggul dalam prestasi, serta kompetitif dalam dunia global.
e. Menjadi guru yang mampu mencetak murid unggul dalam prestasi, berkarakter, berbudaya, peduli lingkungan, berwawasan global yang dilandasi iman dan takwa.

Jawaban : A

29. Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas atau di sekolah. Anda menemukan murid-murid Anda di sekolah kepeduliannya terhadap sesama masih kurang. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:


1) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan peduli dan empati
2) Memberikan penguatan positif atau bujukan agar murid-murid yang kurang berempati dapat bersikap baik kepada teman-temannya di sekolah
3) Memberikan tanda bintang untuk murid yang memiliki sikap yang baik
4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-poster nilai kebajikan kepedulian/empati

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?

a. 1 dan 4
b. 1 dan 2
c. 3 dan 4
d. 2 dan 4
e. 2 dan 3

Jawaban : A

30. Anda telah melakukan ko-kreasi kesuksesan masa depan mereka secara kontekstual melalui langkah-langkah dalam BAGJA dengan beranjak dari cara berpikir defisit ke cara berpikir aset, menjadi tangguh-pantang menyerah, dan terus meningkatkan efikasi diri dalam memimpin dan mengelola perubahan. Langkahnya yaitu mendefinisikan sekolahnya di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah dan dapat memanfaatkannya dengan baik, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua.


Langkah ini merupakan langkah :

a. Gali Mimpi
b. Atur Eksekusi
c. Buat Pertanyaan
d. Ambil Pelajaran
e. Jabarkan Rencana

Jawaban : A

31. Dalam konsep andragogi oleh Paulo Freire terdapat beberapa prinsip utama yang dia tekankan. Manakah dari poin di bawah ini yang tidak termasuk dalam prinsip utama andragogi oleh Freire...


1) Pentingnya dialog dalam pendidikan
2) Pentingnya praksis sebagai satu kesatuan aksi dan refleksi dalam praktik pendidikan
3) Pentingnya mendorong motivasi belajar orang dewasa secara internal
4) Pentingnya pendidikan hadap masalah yang berlawanan dengan konsep pendidikan ‘bank’
5) Pentingnya usaha pemerdekaan kolektif atau gotong-royong untuk membangun kesadaran kritis

a. 3
b. 1
c. 2
d. 5
e. 4

Jawaban : A

32. Yang bukan merupakan indikator seorang fasilitator yang baik adalah dapat...


1) Menyampaikan berbagai konsep secara praktis dan nyata sehingga dapat dipahami oleh orang-orang yang difasilitasi
2) Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
3) Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama
4) Memberikan petunjuk secara rinci dan rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
5) Memampukan peserta mengunkapkan pandanganya

a. 4
b. 3
c. 5
d. 2
e. 1

Jawaban : A

33. Pemberian materi kepada orang dewasa membutuhkan waktu untuk diterima oleh otak dan berpengaruh pada antusiasme belajar orang dewasa. Pemberian jeda/ waktu ini biasa disebut….


a. Active learning
b. Reinforcement
c. Discovery Learning
d. Over learning
e. Space learning

Jawaban : E

34. Manakah dari pernyataan berikut yang merupakan komponen utama dalam memfasilitasi:


1) Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
2) Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
3) Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama
4) Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis
5) Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.

a. 1, 2 dan 3
b. 2 dan 4
c. 4 dan 5
d. 1 dan 4
e. 1 dan 2

Jawaban : D

35. Sistem LMS ini bisa membantu para guru dalam...


a. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, melakukan absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis keberhasilan siswa, dan melakukan kuis.
b. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal test, dan melakukan kuis.
c. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, membuat transkrip nilai, analisis keberhasilan siswa, berdiskusi dan melakukan kuis.
d. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola blog, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis keberhasilan siswa, dan melakukan kuis.
e. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola blog, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal, dan melakukan kuis.

Jawaban : B

36. Anda memahami bahwa budaya positif di kelas memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid. Anda berkeinginan untuk mewujudkan budaya positif ini di lingkungan sekolah secara keseluruhan.


Selanjutnya Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif ini di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) berbagi pemahaman dan diskusi dengan komunitas belajar di sekolah tentang budaya positif
2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid
3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas
4) mempraktikkan segitiga restitusi di kelas secara mandiri

Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a. 1 dan 4
b. 2 dan 3
c. 1 dan 2
d. 1 dan 3
e. 2 dan 4

Jawaban : D

37. Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada. Hal ini sesuai dengan pernyataan berikut yaitu …

a. mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.
b. mendorong tindakan dan perubahan nyata.
c. menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.
d. memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.
e. mengarahkan perhatian ke arah yang positif.

Jawaban : A

38. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah bernalar kritis. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam bernalar kritis…


a. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.
b. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.
c. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.
d. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.

Jawaban : D

39. Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:


1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”
2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”
3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.
4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?

a. 3 dan 4
b. 1 dan 2
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

Jawaban : A

40. Manakah dari sikap berikut yang harus dihindari oleh fasilitator


1) Tidak diskriminatif
2) Mengarahkan/mengajari
3) Memberikan harapan berlebihan
4) Sabar dan tidak merendahkan orang lain
5) menjadi teladan yang baik

a. 2 dan 3
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 3 dan 5
e. 2 dan 4

Jawaban : A

41. Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?


a. Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.
b. Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.
c. Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.
d. Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).

Jawaban : D


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
1 Comments
  • Anonymous
    Anonymous Monday, October 16, 2023 at 8:29:00 PM GMT+7

    dapat nilai berapa pak

Tambah Komentar
comment url