Contoh Proposal Rehab Pembangunan Masjid

 Proposal Rehab Pembangunan Masjid


A. LATAR BELAKANG
e-Pendidikan - Masjid merupakan ciri has dari umat Islam dan merupakan tempat ibadah. Karena minimnya  tempat ibadah di lingkungan Dusun Kaligalang RT 04 RW 06 Desa Tlogosari Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, maka para tokoh Agama mempunyai inisiatif untuk membangun Masjid di lingkungan tersebut. Kemudian mengadakan rapat guna untuk membahas pembangunan masjid tersebut. Dengan penuh tekad yang bulat dan kuat sehingga terbangunlah masjid yang diberi nama Masjid “MIFTAHUL HUDA” yang berdiri di atas tanah seluas 16 X 22 M dan luas bangunan 14 X 19 M yang terletak di Dusun Kaligalang RT 04 RW 06 Desa Tlogosari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.

Dengan berdirinya masjid tersebut, akan tetapi karena kondisi fisik sudah rapuh sehingga mengganggu kegiatan peribadatan. Adapun dari masyarakat hanya mampu memberikan swadaya berupa tenaga dan material setempat. Akan tetapi swadaya masyarakat terbatas karena sebagian kepala keluarga tersebut penghasilan sehari-hari sangat minim sehingga untuk memenuhi pembiayaan pembangunan sangat jauh dari cukup.

Untuk itu kami segenap takmir Masjid Miftahul Huda Tlogosari sangat mengharap bantuan demi terlaksananya pembangunan Masjid tersebut.


B. TUJUAN

Pembangunan Masjid Miftahul Huda Tlogosari bertujuan :

  1. Melestarikan keseimbangan Syiar Agama Islam dalam bentuk Pendidikan Islam kepada generasi muda.
  2. Sarana peningkatan keimanan dan ketakwaan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Islami.
  3. Membantu membangun masyarakat seutuhnya sesuai dengan harapan pemerintah Republik Indonesia khususnya pembangunan rohaniah.
  4. dMeningkatkan ukhuwah Islamiyah serta kerukunan antar umat beragama.


C. FUNGSI

Fungsi Masjid Miftahul Huda Tlogosari berfungsi :

  1. Tempat untuk beribadah dan syiar Islam
  2. Sebagai sarana/tempat untuk menampung anak-anak belajar dan mengaji
  3. Tempat pengajian santri
  4. Tempat peringatan hari-hari Besar Islam
  5. Tempat Musyawarah keagamaan


D. LOKASI

Masjid Miftahul Huda Tlogosari terletak di Dusun Kaligalang RT 04 RW 06 Desa Tlogosari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.


E. PENGELOLAAN 

Pendirian Masjid Miftahul Huda Tlogosari dipersiapkan dan dilaksanakan oleh takmir yang dibentuk melalui forum  musyawarah warga dan jamaah di Desa Tlogosari Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Biaya pembangunan ini secara keseluruhan dapat dilihat pada lampiran proposal ini.  


F. ANGGARAN PEMBANGUNAN

Total anggaran pembangunan Masjid Miftahul Huda yaitu Rp. 770.290.000,- , sebagaimana rencana anggaran biaya terlampir.

 

H. PENUTUP

Dengan tekad dan niat yang tulus semoga pembangunan rehab Masjid Miftahul Huda Dusun Kaligalang RT 04 RW 06 Tlogosari Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen dapat terlaksana dengan baik dari awal hingga terselesainya pembangunan tersebut. Semoga amal kebaikan semua pihak yang telah andil dan membantu pelaksanaan pembangunan “MIFTAHUL HUDA” ini mendapat pahala dan balasan setimpal dari Allah SWT, amiin yaa robbal alamiin.

Demikian proposal ini kami ajukan dengan harapan dapat memperlancar rencana kami. Atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.



Untuk file lengkap (sampul, lembar pengesahan, surat permohonan dana, proposal, RAB, daftar donatur, maket masjid, foto rehab, dll) dalam bentuk dokumen.doc dapat di download 

Klik di Sini 


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
1 Comments
  • Makmur santoso
    Makmur santoso Wednesday, September 28, 2022 at 11:54:00 PM GMT+7

    Ijin download ya...

Tambah Komentar
comment url