Contoh Proposal Perkembangan Agribisnis Peternak Sapi

Contoh Proposal Perkembangan Agribisnis Peternak Sapi



A. LATAR BELAKANG

e-Pendidikan - Menyikapi perkembangan budidaya ternak sapi memiliki prospek yang sangat potensial dan menarik bagi petani untuk dikembangkan, karena sangat mendukung perekonomian masyarakat pada umumnya dan khususnya bagi Kelompok Tani Ternak “Tani Makmur” yang sejalan dengan harapan meningkatkan pendapatan petani. Oleh karena itu, untuk mewujudkan budidaya ternak sapi tentu perlu didukung dengan bibit sapi yang produktif sehingga perkembangan ternak cukup baik. Selain itu, juga didukung tersedianya padang rumput sebagai pakan ternak sapi agar kegiatan peternakan sapi tidak menimbulkan hambatan.

Budidaya ternak sapi sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Hal ini didukung dengan kondisi pasar yang baik. Pemerintah berperan serta dalam pembinaan, permodalan,  peningkatan pengetahuan dan keterampilan kepada kelompok tani ternak, khususnya kelompok Tani Ternak “Tani Makmur” Desa Tlogosari, sehingga dapat mengembangkan usaha peternakan yang lebih baik. 

Usaha peternakan di Desa Tlogosari telah lam berlangsung, meskipun masih bersifat individual dan beraneka jenis ternak yang dikelola, seperti: sapi, kambing, dan ayam kampung. Hal ini dikarenakan sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Tlogosari adalah petani dan buruh. Area ladang dan tegalan yang menjadi sumber tanaman pangan bagi ternak sangat potensial. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, usaha pertanian rakyat semakin berkurang, walaupun minat masyarakat  untuk beternak sapi masih cukup besar, khususnya masyarakat Desa Tlogosari.

Atas dasar pertimbangan tersebut Kelompok Tani Ternak “Tani Makmur” Desa Tlogosari akan mengembangkan usaha budidaya sapi potong dengan jenis yang baik.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Menyukseskan program pemerintah dengan mewujudkan pemerintahan nasional demi kesejahteraan masyarakat yang mandiri dan keberlangsungan melalui usaha pengembangan populasi ternak;
  2. Meningkatkan kesejahteraan anggota Kelompok Tani Ternak “Tani Makmur” melalui ternak sapi;
  3. Manfaatkan lahan tidur berupa tegalan sebagai pakan rumput;
  4. Memanfaatkan kotoran dan urine sebagai pupuk organik,


C. SASARAN

  1. Meningkatkan populasi ternak sapi;
  2. Meningkatkan produksi daging sapi;
  3. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan di desa Tlogosari;
  4. Berkembangnya usaha kelompok berupa peningkatan modal ternak;
  5. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kelompok dan membuka lapangan pekerjaan;


D. PERMASALAHAN

  1. Kelompok tani ternak minim kepemilikan modal usaha;
  2. Kepemilikan hewan ternak sapi masih kurang;
  3. Pendapatan ternak masih rendah;
  4. Pendapatan kelompok dari iuran anggota masih sedikit;


E. PENUTUP

Demikian proposal ini kami ajukan pada pemerintah dengan harapan untuk bisa melaksanakan program pemerintah, yaitu meningkatkan swasembada pangan demi kesejahteraan masyarakat khususnya para petani ternak di pedesaan. Dukungan dan dorongan dari berbagai pihak sangat kami harapkan, baik dari Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen maupun pihak lain yang terkait. Atas segala kekurangan dan kelemahan kami dalam penyusunan proposal ini, kami sangat mengharapkan masukan dan saran demi suksesnya kegiatan ini.



Untuk file lengkap (sampul, lembar pengesahan, surat permohonan dana, proposal, RAB, AD-ART, dll) dalam bentuk dokumen.doc dapat di download 




Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url