3.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid



Halo sahabat blogger...

Pada kesempatan ini saya akan membagikan tugas 3.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk peri kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat). 

-Ki Hadjar Dewantara-


Setelah Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak merefleksikan sumber daya/aset yang dapat dimanfaatkan untuk program sekolah, selanjutnya mari kita cermati dan renungkan beberapa pertanyaan berikut. Diharapkan, semua pertanyaan berikut dapat Anda jawab setelah menyelesaikan kegiatan ini.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid?
  2. Bagaimana sebuah program dibuat?
  3. Bagaimana cara memonitor dan mengevaluasi program yang sudah dibuat?
  4. Apakah program yang sudah dibuat mempertimbangkan manajemen resiko?


Dalam membuat program ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti tahapan membuat program mulai dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi. Untuk lebih mempertajam pemahaman Anda tentang program sekolah yang berdampak pada murid, Anda akan disuguhi video tentang bentuk-bentuk program sekolah yang berdampak pada murid. Setelah menonton video ini diharapkan dapat mengidentifikasi apakah program yang selama  ini dibuat sudah berdampak pada murid.

Setelah mengetahui bentuk program yang berdampak pada murid, selanjutnya Anda diberikan keterampilan tentang tahap-tahap membuat program dalam sebuah video animasi.

Diharapkan setelah Anda menonton video animasi tentang tahapan membuat program, Anda dapat mulai merancang program sekolah yang berdampak pada murid.  Di akhir sesi eksplorasi konsep ini, akan diberikan materi yang berbentuk artikel yang mengupas tentang strategi monitoring, evaluasi, pembelajaran, dan pelaporan. 

Dari tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, saya membuat tulisan tentang dampak pada murid yang Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan video pada halaman sebelumnya.

Adapun tugas yang saya buat dapat dilihat sebagai berikut:
Eksplorasi Konsep - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid




Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url