3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Hai sahabat blogger...



Pada kesempatan ini saya akan membagikan tugas 3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid.

Sebelum melakukan Aksi Nyata 3.3, saya membuat Rancangan Aksi Nyata terlebih dahulu. Adapun Rancangan Aksi Nyata dapat dilihat pada tugas berikut ini:

A. Rancangan Aksi Nyata

Gerakan literasi menjadi hal urgen untuk dilakukan di dunia pendidikan khususnya sekolah. Gerakan ini akan mendorong anak untuk masuk ke dunia yang penuh makna dan menjadikan dunia berada di genggaman tangannya.   

Buku merupakan tempat kita memahami budaya yang berbeda dan memahami sejarah berbagai hal. Semakin banyak membaca, semakin merangsang pikiran. Hal inilah yang kemudian dijadikan sebagai acuan melihat minat baca di sekolah. Adanya minat baca murid sangat rendah dan membawa dampak pada kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor karena kecanggihan teknologi mereka lebih cenderung main gadget/permainan membuat budaya bacanya semakin menurun. Sekolah sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan bukan hanya dari pengetahuan umum, diharapkan juga untuk mendapatkan pengetahuan keagamaan. 

Salah satu upaya untuk menanamkan dan membiasakan budaya positif di sekolah, perlu adanya program dalam hal keagamaan yang berupa Literasi Keagamaan (LIGA) dalam hal baca tulis Al-Qur’an dan terjemahannya.

Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan Penguatan pendidikan karakter Religius dan Mandiri. Gerakan ini akan diimplementasikan di SD Negeri 2 Banjararjo. Sekolah yang memiliki potensi/kekuatan/asset/sumber daya yang akan mendukung terlaksananya program Literasi Keagamaan (LIGA).


B. Artikel Refleksi

Program LIGA (Literasi Keagamaan) sebagai bentuk literasi dalam bidang keagamaan dengan membaca/menuliskan 1 ayat dari Al Quran beserta terjemahannya. Kegiatan ini dipandu oleh guru yang mengajar pada jam pelajaran pertama. Hasil literasi siswa dipresentasikan oleh 2-3 orang di depan kelas. Siswa yang lain mengumpulkan melalui group WA atau google classroom. Dalam Artikel tentang Refleksi Aksi Nyata, saya sampaikan melalui Tugas pada Aksi Nyata 3.3.a.10 dalam bentuk dokumen maupun video.

Deskripsi Pelaksanaan Program

Waktu Pelaksanaan:

Bulan Oktober 2021 (selama 4 minggu) dilakukan 10 menit sebelum pembelajaran pertama.

Strategi Pelaksanaan Program:

Program LIGA (Literasi Keagamaan) sebagai bentuk literasi yang dipandu guru mata pelajaran pada jam pelajaran pertama.

Faktor Pendukung dan Penghambat Program.

Faktor Pendukung: Dukungan dari pemangku kepentingan. Sumber  literasi bisa dengan menggunakan tafsir bisa juga membuka referensi di google. Semua siswa sudah tergabung di WA group atau google classroom.

Faktor penghambat: siswa yang kurang disiplin mengirimkan tugas dan jaringan koneksi internet.

Hasil program:

Siswa meningkatkan budaya literasi LIGA, menjadi sebuah kebutuhan sehingga mampu belajar mandiri.

Salam Merdeka Belajar
Guru Bergerak - Indonesia Maju
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url