3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Halo sahabat blogger...
Pada kesempatan ini saya akan membagikan tugas 3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Tujuan Pembelajaran Khusus:  
CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya.
CGP mampu membuat rencana perubahan secara rinci dengan menggunakan format BAGJA.

Penugasan Mandiri

a. Sintesis berbagai materi

  • Pada sesi pembelajaran kali ini, CGP diberikan tantangan untuk membuat kesimpulan dan juga koneksi antara semua materi yang telah diberikan dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikut proses Pelatihan Guru Penggerak. Kesimpulan yang dimaksud adalah tentang ‘Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.  
  • Menjelaskan dan memberikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.  
  • Memberikan contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.
  • Menceritakan bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri setelah mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.
  • Mengkomunikasikan hasil kesimpulan dengan cara apapun yang bisa pilih sendiri.
Adapun tugas yang saya buat dapat dilihat sebagai berikut:

Koneksi Antar Materi

b. Rancangan tindakan

  • Membuat rencana kecil perubahan yang akan lakukan pada diri yang berkaitan dengan materi dalam modul ini dan mengimplementasikan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset. 
  • Lakukan perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas.  Di sini akan berlatih membuat rangka perubahan dalam lingkup kelas Anda sendiri sebelum masuk ke lingkup yang lebih besar, yaitu sekolah pada modul selanjutnya.
  • Rencanakan prakarsa yang bisa dipastikan akan laksanakan, dengan jangka waktu yang optimal bagi, dan tentunya dapat mengestimasi apa dampak dari rencana ini bagi murid. 
  • Menggunakan format BAGJA atau 5 D (Define, Discovery, Dream, Design, Destiny/Deliver) yang sudah dipelajari pada modul 1.3.
Adapun tugas yang saya buat dapat dilihat sebagai berikut:

Rancangan Aksi Nyata


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url