Jurnal Refleksi Minggu Ke-19

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-19

Oleh: Heri Nofi Nuriyanto, S.Pd.I.

CGP Kabupaten Kebumen Angkatan 2

Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-19, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:

 

Keterangan Gambar :

1.   Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa seorang Guru Penggerak harus dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah. Guru penggerak juga dapat mengidentifikasi peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Aset-Based Community Development/ABCD) dapat memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya. Guru Penggerak juga harus mampu mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

 

2.  Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu menjawab beberapa pertanyaan di modul 3.2 untuk melihat sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah, kemudian pada eksplorasi konsep CGP dapat menuangkan pemahamannya terhadap faktor ekosistem sekolah, pengelolaan sumber daya dan mengevaluasi pemetaan potensi sumber daya.

 

3.   Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah sangat senang dan antusias, karena di modul 3.2 ini memberikan gambaran bahwa sebagai pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah melalui pemetaan aset sekolah, saya sudah bisa memetakan kekurangan dan kelebihan yang saya miliki sebai guru untuk dikembangkan agar menjadi aset yang berpotensi dalam pengembangan sekolah.

 

4.   Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah saya akan terus menggali kemampuan saya, dengan selalu belajar agar menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang lebih baik dan berkualitas dalam pengembangan sekolah. Saya juga akan selalu aktif dalam melakukan diskusi dengan rekan sejawat dalam komunitas praktisi dengan memberikan bimbingan dan arahan yang saya dapatkan melalui modul 3.2 yang saya pahami dalam modul ini.

Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url