Jurnal Refleksi Minggu Ke-16

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE –16

OLEH :
HERI NOFI NURIYANTO
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 2
KABUPATEN KEBUMEN

 

Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-16, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:

 


Pada minggu ke-16 saya coba merefleksi aktifitas pembelajaran yang telah dilakukan selama satu minggu. Aktifitas pembelajaran yang telah dilalui meliputi:

  • Demontrasi Kontekstual modul coaching
  • Elaborasi pemahaman modul coaching
  • Koneksi antar materi modul coaching
  • Aksi nyata modul coaching

Dari model segitiga yang telah dibuat dapat dipaparkan sebagai berikut:

  • Setelah pembelajaran minggu ini, saya  akhirnya mampu membentuk komunitas praktisi di sekolah saya yaitu SD Negeri 2 Banjararjo dengan melibatkan murid atau rekan guru sebagai coachee serta melakukan praktek coaching dengan model TIRTA di sekolah saya. Selain itu, saya mampu menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam sebuah artikel serta  membuat rancangan tindakan Aksi Nyata.
  • Setelah pembelajaran minggu ini, saya memahami bahwa pentingnya membentuk komunitas praktisi di sekolah saya yaitu SD Negeri 2 Banjararjo dengan melibatkan murid atau rekan guru sebagai coachee serta melakukan praktek coaching dengan model TIRTA di sekolah saya. Selain itu, saya penting mampu menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media serta  membuat rancangan tindakan Aksi Nyata.
  • Perasaan saya setelah pembelajaran minggu ini adalah saya makin termotivasi untuk bergerak dan menggerakkan segala upaya untuk melaksanakan proses coaching dengan melibatkan seluruh warga sekolah untuk menciptakan sekolah yang berpihak pada murid.
  • Target saya selanjutnya adalah menjalankan rancangan aksi nyata yang telah dibuat dalam koneksi antar materi. Selama menjalankan Aksi Nyata, saya akan mendokumentasikan proses yang terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang saya anggap penting. Dokumentasi saya akan buat berupa foto atau video. 
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url