3.1.a.4.5. Pengayaan - Eksplorasi Konsep


Sahabat Blogger, pada kesempatan ini saya akan berbagi terkait Pengayaan - Eksplorasi Konsep.

Kuesioner Ekspektasi Peserta pada Lokakarya Perdana

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan pengayaan, CGP dapat memilih beberapa pertanyaan untuk dijawab berdasarkan studi kasus CGP. 



Dari kesembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan, apakah ada langkah-langkah yang Anda anggap  lebih penting daripada langkah lainnya, mengapa?

Langkah - langkah yang menurut saya sangat penting adalah: Mengenali bahwa ada nilai - nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini,  karena Ada 2 alasan mengapa langkah ini adalah langkah yang penting dalam pengujian keputusan. Alasan yang pertama, langkah ini mengharuskan kita untuk mengidentifikasi masalah yang perlu diperhatikan, alih-alih langsung mengambil keputusan tanpa menilainya dengan lebih saksama. Alasan yang kedua adalah karena langkah ini akan membuat kita menyaring masalah yang betul-betul berhubungan dengan aspek moral, bukan masalah yang berhubungan dengan sopan santun dan norma sosial. Untuk mengenali hal ini bukanlah hal yang mudah. Kalau kita terlalu berlebihan dalam menerapkan langkah ini, dapat membuat kita menjadi orang yang terlalu mendewakan aspek moral, sehingga kita akan mempermasalahkan setiap kesalahan yang paling kecil pun. Sebaliknya bila kita terlalu permisif, maka kita bisa menjadi apatis dan tidak bisa mengenali aspek-aspek permasalahan etika lagi.  

Selain kesembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan tersebut, menurut Anda apa lagi yang sebaiknya dilakukan oleh pemimpin pembelajaran dalam memastikan keputusannya adalah keputusan yang tepat?

Yang sebaiknya dilakukan oleh pemimpin pembelajaran dalam memastian keputusannya adalah  keputusan yang tepat yaitu dengan mengambil keputusan yang rasional. Keputusan dapat dikatakan rasional dan mempunyai makna jika dapat dioperasionalkan dalam rangka pcncapaian tujuan dan berbagai sasaran. Untuk itu dibutuhkan kemampuan seorang pemimpin untuk menggabungkan pendekatan ilmiah dan pemikiran yang kreatif, inovatif serta daya intuitif dalam mengambil keputusan.

Bila Anda menerapkan 9 langkah tersebut, apakah dapat dipastikan bahwa keputusan yang Anda ambil akan bisa mengakomodasi semua pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah? Mengapa?

Dengan menerapkan 9 langkah tersebut, dapat mengakomodasi semua pemangku kepentingan sekolah, karena 9 langkah tersebut sudah mempertimbangkan berbagai faktor dari identifikasi nilai-nilai, identifikasi fakta, dan sebagainya. Dalam hal ini akan memberikan informasi terbuka dan lengkap yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Namun, keberhasilan akan tergantung pada individu dalam memperoleh informasi-informasi dan membuat pertimbangan-pertimbangan untuk mendapat keputusan tersebut. 

Menurut Anda, bagaimana hubungan antara nilai-nilai dan budaya sekolah dalam pengambilan keputusan di dalam  situasi dilema etika?

hubungan antara nilai-nilai dan budaya sekolah dalam pengambilan keputusan di dalam  situasi dilema etika sangat berkaitan erat, hal tersebut dikarenakan dalam situasi dilema etika kita juga harus memperhatikan nilai-nilai dan budaya yang ada di sekolah kita. Kita tidak bisa mengambil keputusan secara sepihak tanpa memikirkan lingkungan sekolah dan stakeholder. Dalam hal ini sangat penting berpikir Bebasis rasa peduli.


Link Tugas Eksplorasi Konsep Pengambilan Keputusan 

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusanuestionnaire3.1.a.4.2. Pendapat Anda terhadap Tanggapan Rekan Studi Kasus Bu TatiQuestionnaireQuestionnaireQuestionnaire3. 1.a.4.3. Konsep Pengujian Keputusanontent PagesContent Pages3.1.a.4.4. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep
3.1.a.4.5. Pengayaan - Eksplorasi KonsepQuestionnaireQuestionnaireQuestionnaire3.1.a.4.6. Unggah Tugas Eksplorasi KonsepPenugasanPenugasan

Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url