3. 1.a.4.3. Konsep Pengujian Keputusan


Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam permasalahan yang mereka hadapi dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.


Mari kita terapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan pada studi kasus Ibu Tati sebelumnya:

  1. Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
  2. Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut ?
  3. Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?
Jawaban
1. Nilai keadilan lawan rasa kasihan 
2. Ibu Tati, rekan Ibu Tati, dan murid 
3. Ibu Tati seorang guru kelas V SD yang tegas dan disiplin berkat usahanya murid-murid mendapat nilai yang baik. Ada seorang murid sedang menangis dengan berlutut di atas batu sekolah, pada saat itu cuaca sangat panas. Ibu Tati tidak menghiraukan tangisan anak tersebut dan tetap melaksanakan pembelajaran. Murid lain yang ada di kelas melihat dengan sembunyi-sembunyi ke arah murid yang sedang menangis.

4. Mari kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.

  1. Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji lega)
  2. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)
  3. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)
  4. Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di halaman depan koran? Apakah anda merasa nyaman?
  5. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?
Jawaban
a. Tidak ada 
b. Pelanggaran kode etik profesi yaitu menggunakan hukuman fisik 
c. Menurut saya hal yang kurang tepat yaitu memberikan hukuman fisik berupa berlutut di atas batuan sekolah yang panas. Untuk bentuk konsekuensi atas kesalahan/ pelanggaran aturan sesuai yang telah menjadi kesepakatan kelas/ dengan hal yang mendidik memberi rasa hormat kepada anak bukan mempermalukan anak di depan teman lainnya. 
d. Tidak apa-apa supaya objektif dapat diketahui orang lain, ya nyaman e. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini? Memberi konsekuensensi sesuai kesepakatan kelas yang telah dibuat.

 

  1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?
  2. Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?
  3. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?
Jawaban
5. Paradigma rasa keadailan lawan rasa kasihan
6. Prinsip berpikir berbasis rasa peduli
7. Penyelesaian kreatif yang dapat muncul misalnya mengajak murid melihat ke bawah apabila ada rumput atau sampah untuk memungut dan membersihkannya sambil bercerita/ coaching antara rekan Ibu Tati dan murid, sehingga murid sedikit melupakan kesedihannya namun dapat pembelajaran dan dapat mengambil keputusan terbaik atas berbagai pertimbangan yang ia pikirkan.

 

  1. Apa keputusan yang akan Anda ambil?
  2. Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan!

Jawaban

8. Keputusannya memberanikan diri menemui Ibu Tati, berdiskusi dan melakukan teknik coaching model TIRTA. Sehingga tidak terkesan menggurui Ibu Tati namun dengan pertanyaan-pertanyaan menggali, Ibu Tati menjadi mempunyai pandangan sehingga dapat mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran terutama yang berpihak pada murid. 

9. Melakukan refleksi terkait pengambilan keputusan yang telah dilakukan.


Link Tugas Eksplorasi Konsep Pengambilan Keputusan 

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusanuestionnaire3.1.a.4.2. Pendapat Anda terhadap Tanggapan Rekan Studi Kasus Bu TatiQuestionnaireQuestionnaireQuestionnaire3. 1.a.4.3. Konsep Pengujian Keputusanontent PagesContent Pages3.1.a.4.4. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep
3.1.a.4.5. Pengayaan - Eksplorasi KonsepQuestionnaireQuestionnaireQuestionnaire3.1.a.4.6. Unggah Tugas Eksplorasi KonsepPenugasanPenugasan 

Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url