Jurnal Refleksi Minggu Ke-13

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-13

OLEH :
HERI NOFI NURIYANTO
CALON GURU PENGGERAK ANGAKATAN 2
KABUPATEN KEBUMEN

 

Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-13, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:


Keterangan Gambar :

 


Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa
:

  1. Pembelajaran Sosial Emosional adalah hal yang sangat penting. Pembelajaran ini berisi keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan anak untuk dapat bertahan dalam masalah sekaligus memiliki kemampuan memecahkannya, juga untuk mengajarkan mereka menjadi orang yang baik.
  2. Hakikat PSE untuk memberikan keseimbangan pada individu dan mengembangkan kompetensi personal yang dibutuhkan untuk dapat menjadi sukses. Bagaimana kita sebagai pendidik dapat menggabungkan itu semua dalam pembelajaran sehingga anak-anak dapat belajar menempatkan diri secara efektif dalam konteks lingkungan dan dunia.

 


Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu :

Melakukan latihan berkesadaran penuh (mindfulness) di mana dengan mindfulness ini mengajarkan saya untuk hadir sepenuhnya dan menyadari keadaan terkini, serta memberikan respons yang paling tepat dalam keadaan apapun. Saya telah belajar untuk mengurangi kebiasaan menuntut dan untuk lebih bersyukur akan segala sesuatu. Saya juga menyadari bahwa mindfulness adalah sesuatu yang kita semua miliki secara alami, namun hal tersebut akan tersedia bagi kita ketika kita melatihnya setiap hari. Selain itu saya juga mampu memahami 5 kompetensi sosial emosional, yaitu:

  1. Kompetensi kesadaran diri (self awareness)
  2. Kompetensi manajemen diri (self managemeno)
  3. Kompetensi kesadaran sosial- empati (social awareness)
  4. Kompetensi kemampuan berelasi-resiliensi (relationship skiff)
  5. Kompetensi pembuatan keputusan bertanggung jawab (resposible decision making)

 


Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah :

  1. Perasaan takut yaitu ketika sedang melakukan presentasi pada ruang kolaborasi, takut tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik, takut sinyal hilang, dan takut ada acara yang bersifat mendadak sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga takut jika tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu sampai dengan batas waktu yang ditentukan.
  2. Perasaan senang dan antusias adalah ketika mengikuti vicon forum diskusi dan elaborasi pemahaman bersama instruktur. Di dalamnya saling bertukar pikiran dengan rekan yang lain untuk saling berpendapat memberi masukan serta dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran sosial emosional.

 


Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah :

Dapat mengimplementasikan pembelajaran sosial emosional di dalam kelas baik di dalam ruang lingkup rutin, terintegrasi dalam mata pelajaran maupun protokol, atau budaya sekolah. Selain itu selalu berkolaborasi dengan seluruh komunitas sekolah dalam menerapkan pembelajaran sosial emosional ini.

Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url