2.3.a.3. Mulai dari Diri - Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah?
Heri Nofi N.
Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah? Itulah pertanyaan yang ditujukan pada diri kita masing-masing sebagai seorang Calon Guru Penggerak (CGP). Pertanyaan itu merupakan pertanyaan reflektif yang harus dijawab secara jujur oleh masing-masing individu.
Tujuan Pembelajaran Khusus dari pembelajaran kali ini adalah peserta mampu mengidentifikasi pengetahuan dan pengalaman yang menggambarkan praktek coaching di dunia pendidikan. Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, Sebagai seorang guru tentunya sering menjumpai banyak kasus terkait murid. Kasus-kasus tersebut seringkali menjadi penghambat kemajuan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, respon cepat sangat diperlukan.
Mari kita mulai modul coaching ini dengan mengirimkan tanggapan dari kasus- kasus yang mungkin terjadi di sekolah yang akan disampaikan pada forum diskusi ini. Tanggapan Anda tidak akan dinilai, melainkan digunakan sebagai pijakan para fasilitator untuk mengembangkan modul coaching ini agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah dua kasus yang perlu Anda tanggapi:
Anda menemui seorang murid berprestasi yang mengeluhkan tentang susah konsentrasi dan penurunan motivasi belajar yang mengakibatkan ketidakpuasan orangtuanya. Bagaimana sikap Anda sebagai seorang guru?
Seorang murid datang kepada Anda dengan keluhan bahwa ia tidak bisa mengikuti beberapa pelajaran dengan baik ketika di ajar oleh guru-guru tertentu yang tidak sesuai dengan harapannya. Bagaimana sikap Anda sebagai seorang guru?
Bagaimana tanggapan Anda dalam menyikapi dua kasus tersebut? Anda dipersilahkan menanggapi kasus tersebut dengan instruksi sebagai berikut:
Di bagian awal tanggapan, tuliskan berapa lama Anda telah mengajar.
Uraikan tanggapan Anda mengenai dua kasus tersebut.
Anda tidak perlu menanggapi jawaban dari peserta lain.
Adapun jawaban yang saya berikan pada kasus tersebut, adalah sebagai berikut: