2.3.a.3. Mulai dari Diri - Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah?

Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah? Itulah pertanyaan yang ditujukan pada diri kita masing-masing sebagai seorang Calon Guru Penggerak (CGP). Pertanyaan itu merupakan pertanyaan reflektif yang harus dijawab secara jujur oleh masing-masing individu.

Tujuan Pembelajaran Khusus dari pembelajaran kali ini adalah peserta mampu mengidentifikasi pengetahuan dan pengalaman yang menggambarkan praktek coaching di dunia pendidikan. Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, Sebagai seorang guru tentunya sering menjumpai banyak kasus terkait murid. Kasus-kasus tersebut seringkali menjadi penghambat kemajuan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, respon cepat sangat diperlukan.

Mari kita mulai modul coaching ini dengan mengirimkan tanggapan dari kasus- kasus yang mungkin terjadi di sekolah yang akan disampaikan pada forum diskusi ini. Tanggapan Anda tidak akan dinilai, melainkan digunakan sebagai pijakan para fasilitator untuk mengembangkan modul coaching ini agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah dua kasus yang perlu Anda tanggapi:

  1. Anda menemui seorang murid berprestasi yang mengeluhkan tentang susah konsentrasi dan penurunan motivasi belajar yang mengakibatkan ketidakpuasan orangtuanya. Bagaimana sikap Anda sebagai seorang guru?
  2. Seorang murid datang kepada Anda dengan keluhan bahwa ia tidak bisa mengikuti beberapa pelajaran dengan baik ketika di ajar oleh guru-guru tertentu yang tidak sesuai dengan harapannya. Bagaimana sikap Anda sebagai seorang guru?

Bagaimana tanggapan Anda dalam menyikapi dua kasus tersebut? Anda dipersilahkan menanggapi kasus tersebut dengan instruksi sebagai berikut:

  1. Di bagian awal tanggapan, tuliskan berapa lama Anda telah mengajar.
  2. Uraikan tanggapan Anda mengenai dua kasus tersebut.
  3. Anda tidak perlu menanggapi jawaban dari peserta lain.

Adapun jawaban yang saya berikan pada kasus tersebut, adalah sebagai berikut:



Question #1

1

Response is required
Response is required
14 Tahun
Question #2

2

Response is required
Response is required

Sikap saya sebagai seorang guru menyikapi persoalan di atas adalah berusaha menemukan sumber masalah terlebih dahulu dengan memanggil peserta didik yang bersangkutan untuk berbincang santai di ruang guru khusus secara pribadi hanya guru dan peserta didik yang bersangkutan. Setelah itu mendorong siswa tersebut untuk mengungkapkan apa yang menjadi kendala sehingga susah untuk konsentrasi dan penurunan motivasi tersebut. Apakah hal itu disebabkan pengaruh lingkungan sekolahnya kurang mendukung dan kondusif, ataukah cara mengajar dari saya selaku guru yang kurang disukai, ataukah ada masalah serta tuntutan khusus dari pihak keluarga yang menyebabkan peserta didik tersebut merasa tertekan dan merasa motivasi untuk belajarnya berkurang.

Setelah saya mengetahui sumber masalahnya saya akan berusaha memberikan solusi yang tepat yang sesuai dengan yang dialami kasus peserta didik tersebut, kalaulah misalnya dikarenakan lingkungan belajar saya akan berusaha membuat lingkungan belajarnya senyaman mungkin dan sesuai dengan apa yang diharapkan peserta didik, kalaulah misalnya  karena cara mengajar saya yang kurang menarik saya akan menggunakan teknik dan metode lainnya yang lebih menarik, kalaupun sumber masalahnya berasal dari keluarga saya akan mencoba untuk mendiskusikan dengan pihak keluarga untuk menemukan sumber masalahnya dan mendiskusikannya serta mencari solusi atas masalah yang dihadapi siswa tersebut.

Question #3

3

Response is required
Response is required

Saya akan berusaha untuk membicarakan dengan guru yang bersangkutan, awalnya saya akan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar kemudian  membicarakan mengenai situasi di kelasnya kemudian menceritakan pengalaman saya ketika mengajar dikelas menggunakan metode yang variatif, mudah-mudahan dengan berbagi pengalaman menimbulkan rasa ingin menerapkan hal yang sama dikelasnya setelah itu bersama-sama untuk menyusun strategi yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran yang menjadikan siswa merdeka belajar.



Question #4

4

Response is required
Response is required

Harapan saya setelah mempelajari modul ini adalah, ilmu yang saya dapatkan di modul ini dapat memberikan wawasan saya bukan saja berperan sebagai seorang pendidik dan pengajar, tetapi bisa menjadi coach dalam mengcoahing murid (cochee) yang dapat memberikan solusi atau manfaat bagi peserta didik saya untuk menghadapi segala permasalahan dan tantangan dalam mencapai keberhasilan belajar terbaiknya, modul ini memberikan strategi-strategi dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran dengan segala permasalahan yang dihadapinya baik permasalahan siswa, rekan kerja atau warga sekolah lainnya.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Harapan yang ingin saya lihat pada murid-murid saya adalah murid saya merasa nyaman dan merasa rileks ketika melaksanakan aktivitas belajar mengajar, serta murid saya menjadi murid aktif yang kritis yang mampu mengungkapkan keinginan serta masalah yang sedang dihadapi oleh mereka, dan juga murid saya mampu mengatasi masalah tersebut, sehingga menjadikan murid yang siap menghadapi tantangan abad 21 ini dan mempunyai ciri karakter PROFIL PELAJAR PANCASILA.

Question #6

6

Response is required
Response is required

Kegiatan, Materi dan Manfaat yang saya harapkan dari modul ini adalah:

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam pekerjaan kita sebagai pendidik
  • Meningkatkan kepercayaan diri siswa, guru yang bersangkutan dan rekan sejawat dalam menyelesaikan problem
  • Meningkatkan pertumbuhan pemahaman peserta didik
  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah
  • Meningkatkan keyakinan bahwa tujuan dapat dicapai
  • Memperkaya hasil belajar murid
  • Meningkatkan kualitas hubungan dan komunikasi antara komunitas dari para pemangku kepentingan sekolah
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url