2.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pembelajaran Sosial dan Emosional


 “Kreativitas adalah tentang membuat hubungan antara satu hal dengan hal lainnya. Ketika Anda bertanya pada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya. Mereka hanya menemukan sesuatu yang kemudian menjadi jelas bagi mereka. Yang mereka lakukan adalah melihat hubungan antara berbagai pengalaman dan merumuskan hal baru.” 


Dalam tugas koneksi antar materi tentang pembelajaran sosial dan emosional ini, saya melakukan kegiatan mandiri ini dengan  mencermati dan merenungkan pertanyaan mengenai: Apakah hubungan antara apa yang telah saya pelajari dengan modul-modul sebelumnya dalam  memenuhi pembelajaran yang berpihak pada murid?

Pada fase sebelumnya, saya telah melakukan proses elaborasi untuk mengembangkan praktik pembelajaran sosial dan emosional yang solid. Kali ini, saya merumuskan koneksi antara pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dengan modul-modul sebelumnya.

Adapun tugasnya adalah:

  • Buatlah sintesis berbagai materi. Buatlah sebuah bagan (peta konsep, peta pikiran (mind map), spider web, dll), sebuah artikel ataupun infografis untuk menggambarkan kaitan antara materi dalam modul ini, dan juga kaitan dengan dengan modul-modul yang sudah Anda pelajari sebelumnya. 
  • Gunakan sumber daya yang Anda miliki. Jangan ragu untuk menggali referensi sebanyak mungkin untuk berkreasi.
  • Contoh vlogging tentang pemahaman praktik berkesadaran penuh yang  mungkin dapat memberikan inspirasi bagi Anda bisa dilihat pada link youtube Contoh Vlogging
Setelah mencermati video di atas, saya kemudian membuat koneksi antar materi sebagai berikut:


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url