Jurnal Refleksi Minggu Ke-9

 

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE – 9

OLEH : HERI NOFI NURIYANTO

CALON GURU PENGGERAK ANGAKATAN 2

KABUPATEN KEBUMEN

 

Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-9, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:



Keterangan Gambar :

 

1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa seorang Guru Penggerak harus dapat:

1.     Memahami tentang Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu di mana dalam pembelajaran ini tujuannya untuk mengarahkan siswa sesuai dengan minat, tingkat kesiapan dan profil belajar yang berbeda-beda.

2.     Ciri-ciri/Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi

·       Siswa menjadi pembelajar yang aktif

·       Pembelajar berfokus pada konsep dan prinsip pokok materi pembelajaran

·       Evaluasi kesiapan dan perkembangan belajar

·       Pengelompokan siswa secara fleksibel

3.     Pemetaan Kebutuhan Murid

·       Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat

·       Berdasarkan Kesiapan Belajar  (Readiness)

·       Berdasarkan Profil Belajar murid

2. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu mengikuti kegiatan Calon Guru Penggerak, dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

a.     Mengisi Pretest Modul 2

b.     Mengikuti kegiatan Mulai dari diri

c.     Mengunggah tugas Eksplorasi Konsep Mandiri - Pembelajaran Berdiferensiasi

d.     Berbagi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi pada Eksplorasi Konsep Forum Diskusi (vicon)

e.     Mengikuti ruang kolaborasi (pengerjaan tugas)

 

3. Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah gugup, takut dan bahagia.

a.     Perasaan gugup yaitu ketika sedang mengerjakan tugas pada Pretest Modul 2. Gugup tidak bisa mengerjakan sesuai dengan kemampuan, adanya waktu yang terus berjalan dan belum selesai dalam mengerjakan, serta kurang pahamnya dalam materi yang dikerjakan.

b.     Perasaan takut yaitu ketika sedang melakukan diskusi pada ruang kolaborasi, takut tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik, takut sinyal hilang, dan takut ada acara yang bersifat mendadak sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga takut jika tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

c.     Perasaan bahagia adalah ketika mengikuti vicon forum diskusi dengan rekan calon Guru Penggerak. Di dalamnya saling bertukar pikiran dengan rekan yang lain untuk saling berpendapat memberi masukan serta dapat berbagi tentang Pembuatan RPP Berdiferensiasi dalam penerapannya pada study kasus di kelas masing-masing.

4. Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah dapat menerapkan RPP Berdiferensiasi kepada murid di sekolah. Membuat RPP dimulai dengan konsultasi dengan Kepala Sekolah, berbagi pengalaman dengan rekan sejawat, serta menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Dengan RPP Berdiferensiasi dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu di mana dalam pembelajaran ini tujuannya untuk mengarahkan siswa sesuai dengan minat, tingkat kesiapan dan profil belajar yang berbeda-beda..


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url