Jurnal Refleksi Minggu Ke-8

 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE - 8


Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-8, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:



Keterangan Gambar :

 1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa seorang Guru Penggerak harus dapat:

1.     Menggerakkan Komunitas Praktisi

Dalam menggerakkan komunitas praktisi seorang guru penggerak dapat melakukannya dengan berbagai tahapan, yaitu:

a.     Tahapan perintis, yaitu melalui pendekatan, komunikasi, pencapaian awal

b.     Tahapan Menumbuhkan, yaitu dengan membuat jadwal, memfasilitasi, melakukan pertemuan, dan melaksanakan kegiatan.

c.     Tahapan Merawat Berkelanjutan, yaitu dengan menjaga motivasi, berorientasi pada murid, dan keterampilan mengelola.

2.     Memahami tentang budaya positif, antar lain tentang:

a.     Urgensi budaya positif di sekolah

b.     Konsep budaya positif di sekolah

c.     Mengidentifikasi posisi kontrol guru sebagai landasan dalam membangun budaya positif yang berpihak pada murid

d.     Mendemonstrasikan pemahaman mengenai konsep disiplin positif sebagai landasan dalam membangun budaya positif yang berpihak pada murid

e.     Mengidentifikasi upaya-upaya untuk mewujudkan budaya positif yang berpihak pada murid

f.      Mendemonstrasikan pemahaman mengenai kesepakatan kelas yang berpihak pada murid sebagai upaya dalam mewujudkan budaya positif di sekolah

g.     Mengidentifikasi visi sekolah yang dapat mewujudkan budaya positif di sekolah

3.     Membuat poster tentang Budaya Positif, yang mencakup:

a.     Pola interaksi guru dan murid dalam membangun budaya positif di sekolah

b.     Panduan interaksi guru dan murid dalam membangun budaya positif di sekolah

 

2. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu mengikuti kegiatan Calon Guru Penggerak, dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

a.     Mengikuti Lokakarya-2

b.     Mempelajari modul mulai dari diri tentang budaya positif

c.     Mengikuti eksplorasi konsep budaya positif diskusi mandiri dengan membuat poster

d.     Menyampaikan refleksi terbimbing budaya positif

e.     Membuat konsep demonstrasi kontekstual tentang budaya positif kesepakatan kelas

 

3. Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah takut dan bahagia.

a.     Perasaan takut yaitu ketika sedang melakukan diskusi pada ruang kolaborasi, takut tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik, takut sinyal hilang, dan takut ada acara yang bersifat mendadak sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga takut jika tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

b.     Perasaan bahagia adalah ketika mengikuti Lokakarya-2, karena akan bertemu dengan Pengajar Praktik, dan rekan calon Guru Penggerak. Di dalamnya saling bertukar pikiran dengan rekan yang lain untuk saling berpendapat memberi masukan serta dapat berbagi kemajuan pendidikan di sekolah masing-masing.

 

4. Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah dapat menggerakkan komunitas praktisi dan mengembangkan budaya positif di sekolah.

a.     Menggerakkan komunitas praktisi dimulai dengan membuat forum komunitas di sekolah yang beranggotakan kepala sekolah, guru dan murid. Dengan komunitas praktisi akan mudah menggali permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah untuk dapat di cari solusinya bersama-sama.

b.     Mengembangkan budaya positif dimulai dengan membuat kesepakatan kelas dan dituangkan ke dalam media poster, sehingga akan mudah dipahami dan patuhi bersama-sama.



Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url