Jurnal Refleksi Minggu Ke-5

e-Pendidikan - Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-5, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:

1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa seorang Guru Penggerak harus memiliki 4 kategori kompetensi, yakni :

  • mengembangkan diri dan orang lain
  • memimpin pembelajaran
  • memimpin manajemen sekolah
  • memimpin pengembangan sekolah
Di dalam kompetensi tersebut terdapat peran-peran guru penggerak yaitu: menjadi pemimpin pembelajaran; menggerakkan komunitas praktisi; menjadi coach bagi guru lain; mendorong kolaborasi antar guru; dan mewujudkan kepemimpinan murid
Adapun peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak.
Di antara nilai-nilai tersebut antara lain:
  • mandiri
  • reflektif
  • kolaboratif
  • inovatif
  • berpihak pada murid.

2. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu mengikuti kegiatan Calon Guru Penggerak, dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  • Mendesain demonstrasi kontekstual secara mandiri
  • Mengikuti paparan materi elaborasi pemahaman tentang nilai dan peran guru penggerak dengan instruktur (web meeting)
  • Pendampingan individu-0 oleh Pengajar Praktik
  • Mengikuti Lokakarya 1 dengan penuh semangat
  • Menyampaikan koneksi antar materi

3. Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah takut dan bahagia.

  • Perasaan takut yaitu ketika sedang melakukan diskusi pada ruang kolaborasi, takut tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik, takut sinyal hilang, dan takut ada acara yang bersifat mendadak sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu juga takut jika tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu sampai dengan batas waktu yang ditentukan.
  • Perasaan bahagia adalah ketika mengikuti Lokakarya-1, karena akan bertemu dengan Pengajar Praktik, dan rekan calon Guru Penggerak. Di dalamnya saling bertukar pikiran dengan rekan yang lain untuk saling berpendapat memberi masukan serta dapat berbagi kemajuan pendidikan di sekolah masing-masing.

4. Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki melalui peran dan nilai guru penggerak. Kategori-kategori kompetensi yang harus dikembangkan antara lain:

  • Mengembangkan diri dan orang lain dilakukan dengan berpartisipasi aktif dalam organisasi profesi kepemimpinan sekolah dan komunitas lain untuk pengembangan karir, dengan cara selalu aktif di forum KKG dan mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan.
  • Memimpin pembelajaran dilakukan dengan memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid melalui pembuatan rencana program membuat RPP yang kreatif, inovatif dan berpihak pada murid
  • Memimpin pengembangan sekolah dilakukan dengan melibatkan orang tua dan komunitas dalam pengembangan sekolah melalui program mengaktifkan paguyuban wali murid agar sosialisasi program sekolah lebih efisien
  • Memimpin manajemen sekolah melalui upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid dengan menyusun program budaya literasi di sekolah.

Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url