Jurnal Refleksi Minggu Ke-4

e-Pendidikan - Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-4, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Model 7: Segitiga Refleksi  seperti pada gambar di bawah ini:

Keterangan Gambar :

1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami

bahwa seorang Guru Penggerak harus memiliki 4 kategori kompetensi, yakni : mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, serta memimpin pengembangan sekolah. Di dalam kompetensi tersebut terdapat peran-peran guru penggerak yaitu:
  • Menjadi pemimpin pembelajaran;
  • Menggerakkan komunitas praktisi;
  • Menjadi coach bagi guru lain;
  • Mendorong kolaborasi antar guru; dan
  • Mewujudkan kepemimpinan murid
Selain itu juga melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Di antara nilai-nilai tersebut adalah mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta berpihak pada murid.

Dalam fenomena gunung es memberi pelajaran bahwa apa yang kita lihat tidak hanya cukup mempertimbangkan sesuatu dari apa yang terlihat di permukaan saja. Karakter yang dapat terlihat oleh orang lain dan disadari oleh diri sendiri lebih rendah (12%) dari alam bawah sadar (88%), di mana semua usaha dan perubahan harus dilakukan sendiri. Perilaku-perilaku yang telah berulang kali dilakukan sehingga menjadi kebiasaan-kebiasaan yang menjadi gambaran karakter seseorang.

2. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu

mengikuti kegiatan pembelajaran Guru Penggerak, baik dengan kegiatan paparan materi dan forum diskusi tertulis yang dilakukan secara mandiri, diskusi melalui ruang kolaborasi (web meeting), mempresentasikan hasil diskusi, melakukan umpan balik, memberikan komentar, mengunggah tugas hasil diskusi pada ruang kolaborasi, serta menulis di blog pada refleksi terbimbing.

3. Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah 

gugup, takut, dan bahagia.
  • Perasaan gugup adalah ketika saya ikut diamanahkan untuk mendesain Power Point hasil diskusi kelompok yang membahas tentang peran dan nilai guru penggerak. Selain dikejar waktu juga harus dibuat serapi mungkin agar mencapai hasil yang memuaskan, karena hasil tersebut akan dinilai oleh fasilitator.
  • Perasaan takut yaitu ketika sedang melakukan diskusi pada ruang kolaborasi, takut tidak dapat melaksanakan tugas dengan baik, takut sinyal hilang, dan takut ada acara yang bersifat mendadak sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. 
  • Perasaan bahagia adalah ketika bekerja kelompok, karena antara rekan dengan rekan yang lain saling berpendapat memberi masukan serta dapat menampilkan hasil diskusinya dengan lancar sampai selesai.

4. Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah 

dapat menerapkan Peran dan nilai guru penggerak berdasarkan apa yang sudah dicanangkan oleh Ki Hadjar Dewantara di sekolah maupun komunitas lain. Salah satunya adalah aktif dalam mengembangkan kurikulum di sekolah pada saat rapat awal tahun, melakukan pembelajaran dengan penuh kreatif dan inovatif melalui Youtube dan Google, turut serta aktif berorganisasi (PGRI dan KKG) untuk membahas pembuatan administrasi pembelajaran, lomba-lomba dan pelatihan-pelatihan.
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url