Jurnal Refleksi Minggu Ke-1

Jurnal Refleksi Minggu Ke-1


Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-1, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan adalah Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi) seperti pada gambar di bawah ini:


Dalam model ini terdapat berbagai warna yang dijadikan topi untuk berpikir. Setiap warna mewakili satu jenis kegiatan berpikir. Warna-Warna tersebut antara lain putih, merah, hitam, kuning, hijau, dan biru. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari setiap topi itu, akan saya dipaparkan di bawah ini. Topi putih menggambarkan fakta (facts) dari rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak yang saya alami selama satu minggu.

Pertama, mulai dari diri. Refleksi diri tentang pemikiran KHD dengan mengamati video dan membaca tulisan KHD, Kedua, Ekplorasi konsep,  Refleksi diri tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara, ketiga, Ruang Kolaborasi (Vicon), kegiatan video confrensi dan tanya jawab untuk mendesain kerangka pembelajaran sesuai pemikiran KHD dalam bentuk rekaman audio atau video, Keempat, Refleksi Terbimbing, Melakukan refleksi setelah mempelajari pemikiran KHD, Kelima, Demontrasi kontekstual, Menuangkan pemikiran KHD dalam bentuk karya puisi, lagu, komik, poster, infografis, dan sebagainya.

1.  Topi putih

     Menggambarkan perasaan (feelings) yang muncul selama kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kesatu, yaitu Pertama, Betah ketika mendengarkan dan menyimak penjelasan fasilitator dalam menyajikan materi. Semangat pada saat berkolaborasi dalam kelompok dan mengerjakan tugas-tugas di LMS. Kedua, saya juga merasa takut, antara lain 1) takut mati lampu pada saat meeting karena berpengaruh pada jaringan internet., 2) takut tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu, 3) takut tidak dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh di sekolah dan komunitas. Ketiga, perasaan senang selama mengikuti pendidikan karena mendapat ilmu pengetahuan baru, bertemu dengan orang-orang hebat, dan dapat menggunakan aplikasi baru yang sebelumnya belum pernah digunakan.

2. Topi merah 

   Menggambarkan perasaan yang saya alami selama mengikuti kegitan PGP. Antara lain merasa betah, semangat, takut dan senang. Betah ketika menyimak penjelasan dari fasilitator, semangat dalam bekerja kelompok, dan takut jika saat online tiba-tiba mati lampu, serta  senang bertemu dengan orang-orang hebat dan mendapatkan teman baru.

3. Topi kuning

  Menggambarkan manfaat (benefits) yang saya peroleh setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kesatu, yaitu bertambahnya pengetahuan mengenai konsep pendidikan dan pengajaran, semboyan KHD, peran guru menuntun, kodrat alam dan budi pekerti, profil pelajar pancasila, dan merdeka belajar. Selain itu dapat menggunakan aplikasi baru, antara lain Google Drive dan Meet. Manfaat lain yang saya peroleh yaitu dapat berkolaborasi atau bekerja dengan teman sejawat untuk menyelesaikan permasalahan dengan tingkat pola pemikiran dan kemampuan serta jenjang pendidikan yang berbeda untuk menghasilkan karya.

4. Topi hitam 

   Menggambarkan kendala (cautions) yang saya hadapi selama mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kesatu, antara lain Pertama, kendala jaringan. Jaringan internet tidak stabil. Akibatnya sering terlempar pada saat vicon. Solusinya menyediakan jaringan tambahan pada seluler berbeda. Kedua, kendala Upload pada LMS, lama proses upload dan menghilang sehingga harus berulang-ulang mengisi LMS. Ketiga, kendala dalam penguasaan aplikasi. Penguasaan aplikasi google drive, kinemaster, canva,  jambord masih rendah, sehingga harus banyak mempelajari tutorialnya dan belajar pada orang yang telah menguasainya.

5. Topi hijau

  Menggambarkan ide/gagasan (creativity) yang dapatkan selama mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kesatu, diantaranya adalah Pertama, menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak. Kedua, budi pekerti merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga, Ketiga, semboyan KHD yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha (Di depan memberi contoh), Ing Madya Mangun Karsa (Di tengah membangun semangat), Tut Wuri Handayani (Di belakang memberikan dorongan), Keempat, pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia  yang  beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, dan Kelima, merdeka belajar adalah filosofi belajar yang mengembangkan kemandirian dan kemerdekaan dalam proses pembelajaran.

6. Topi biru

  Menggambarkan kesimpulan (process) saya setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu kesatu, yaitu 1) Evaluasi diri, maksudnya melakukan instrospeksi diri atas kelebihan dan kekurangan dengan cara mintalah masukan dari teman sejawat, kepala sekolah atau pengawas sekolah terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan dan tindaklanjuti dengan terus belajar dan jangan malu untuk bertanya; 2) Upgade kebiasaan, maksudnya mengubah kebiasaan mengajar yang selama ini saya lakukan dengan cara mengajar tidak hanya menggugurkan kewajiban, ciptakanlah kegiatan mengajar yang dapat menyentuh hati sanubari anak dan selalu dikenang, dan isilah tas dengan berbagai media yang menarik; 3) Evolusi pembelajaran, maksudnya melakukan perubahan secara bertahap pelaksanaan pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan cara belajar sambil bermain, menumbuhkan profil pelajar pancasila, dan menggunakan aplikasi yang sudah dikuasai dalam kegiatan pembelajaran.


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
5 Comments
  • eppysitorus
    eppysitorus Saturday, August 21, 2021 at 4:16:00 PM GMT+7

    Makasih pak Luar biasa. Izin inspirasi ya Pak. karena saya calon guru penggerak juga.

    • Anonymous
      Anonymous Sunday, March 13, 2022 at 8:15:00 AM GMT+7

      G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK 6A

  • Blok Guru Kimia SMANSA Biau Rahma
    Blok Guru Kimia SMANSA Biau Rahma Friday, August 27, 2021 at 3:00:00 PM GMT+7

    This comment has been removed by the author.

  • Unknown
    Unknown Monday, October 25, 2021 at 11:28:00 AM GMT+7

    terima kasih pak. sangat bagus, izin inspirasi pak,

  • Anonymous
    Anonymous Sunday, March 13, 2022 at 8:14:00 AM GMT+7

    G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

Tambah Komentar
comment url