Jurnal Refleksi Minggu Ke-1
Jurnal Refleksi Minggu Ke-1
Setelah mengikuti Pendidikan Guru
Penggerak pada minggu ke-1, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam
bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang
ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman
serta praktik baik yang telah dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan
adalah Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi) seperti pada gambar di bawah ini:
Dalam model ini terdapat berbagai
warna yang dijadikan topi untuk berpikir. Setiap warna mewakili satu jenis
kegiatan berpikir. Warna-Warna tersebut antara lain putih, merah, hitam,
kuning, hijau, dan biru. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari setiap topi
itu, akan saya dipaparkan di bawah ini. Topi putih menggambarkan fakta (facts)
dari rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak yang saya alami selama satu
minggu.
Pertama,
mulai dari diri. Refleksi diri tentang pemikiran KHD dengan mengamati video dan
membaca tulisan KHD, Kedua, Ekplorasi
konsep, Refleksi diri tentang pemikiran
Ki Hajar Dewantara, ketiga, Ruang Kolaborasi (Vicon), kegiatan video confrensi
dan tanya jawab untuk mendesain kerangka pembelajaran sesuai pemikiran KHD
dalam bentuk rekaman audio atau video,
Keempat, Refleksi Terbimbing, Melakukan refleksi setelah mempelajari
pemikiran KHD, Kelima, Demontrasi
kontekstual, Menuangkan pemikiran KHD dalam bentuk karya puisi, lagu, komik,
poster, infografis, dan sebagainya.
1. Topi putih
Menggambarkan
perasaan (feelings) yang muncul selama kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada
minggu kesatu, yaitu Pertama, Betah
ketika mendengarkan dan menyimak penjelasan fasilitator dalam menyajikan
materi. Semangat pada saat berkolaborasi dalam kelompok dan mengerjakan
tugas-tugas di LMS. Kedua, saya juga
merasa takut, antara lain 1) takut mati lampu pada saat meeting karena
berpengaruh pada jaringan internet., 2) takut tidak dapat mengerjakan tugas
tepat waktu, 3) takut tidak dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
yang diperoleh di sekolah dan komunitas. Ketiga,
perasaan senang selama mengikuti pendidikan karena mendapat ilmu pengetahuan
baru, bertemu dengan orang-orang hebat, dan dapat menggunakan aplikasi baru
yang sebelumnya belum pernah digunakan.
2. Topi merah
Menggambarkan
perasaan yang saya alami selama mengikuti kegitan PGP. Antara lain merasa
betah, semangat, takut dan senang. Betah ketika menyimak penjelasan dari
fasilitator, semangat dalam bekerja kelompok, dan takut jika saat online
tiba-tiba mati lampu, serta senang
bertemu dengan orang-orang hebat dan mendapatkan teman baru.
3. Topi kuning
Menggambarkan
manfaat (benefits) yang saya peroleh setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Guru
Penggerak pada minggu kesatu, yaitu bertambahnya pengetahuan mengenai konsep
pendidikan dan pengajaran, semboyan KHD, peran guru menuntun, kodrat alam dan
budi pekerti, profil pelajar pancasila, dan merdeka belajar. Selain itu dapat
menggunakan aplikasi baru, antara lain Google Drive dan Meet. Manfaat lain yang
saya peroleh yaitu dapat berkolaborasi atau bekerja dengan teman sejawat untuk
menyelesaikan permasalahan dengan tingkat pola pemikiran dan kemampuan serta
jenjang pendidikan yang berbeda untuk menghasilkan karya.
4. Topi hitam
Menggambarkan kendala
(cautions) yang saya hadapi selama mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak
pada minggu kesatu, antara lain Pertama,
kendala jaringan. Jaringan internet tidak stabil. Akibatnya sering terlempar
pada saat vicon. Solusinya menyediakan jaringan tambahan pada seluler berbeda. Kedua, kendala Upload pada LMS, lama
proses upload dan menghilang sehingga harus berulang-ulang mengisi LMS. Ketiga, kendala dalam penguasaan
aplikasi. Penguasaan aplikasi google drive, kinemaster, canva, jambord masih rendah, sehingga harus banyak
mempelajari tutorialnya dan belajar pada orang yang telah menguasainya.
5. Topi hijau
Menggambarkan
ide/gagasan (creativity) yang dapatkan selama mengikuti kegiatan Pendidikan
Guru Penggerak pada minggu kesatu, diantaranya adalah Pertama, menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak. Kedua, budi pekerti merupakan perpaduan
antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan
tenaga, Ketiga, semboyan KHD yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha (Di depan
memberi contoh), Ing Madya Mangun Karsa
(Di tengah membangun semangat), Tut Wuri
Handayani (Di belakang memberikan dorongan), Keempat, pelajar Pancasila
adalah perwujudan pelajar Indonesia
yang beriman, bertakwa kepada
Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong,
mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, dan Kelima,
merdeka belajar adalah filosofi belajar yang mengembangkan kemandirian dan
kemerdekaan dalam proses pembelajaran.
6. Topi biru
Menggambarkan
kesimpulan (process) saya setelah mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak
pada minggu kesatu, yaitu 1) Evaluasi diri, maksudnya melakukan instrospeksi
diri atas kelebihan dan kekurangan dengan cara mintalah masukan dari teman
sejawat, kepala sekolah atau pengawas sekolah terhadap proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan tindaklanjuti dengan terus belajar dan jangan malu untuk
bertanya; 2) Upgade kebiasaan, maksudnya mengubah kebiasaan mengajar yang
selama ini saya lakukan dengan cara mengajar tidak hanya menggugurkan
kewajiban, ciptakanlah kegiatan mengajar yang dapat menyentuh hati sanubari
anak dan selalu dikenang, dan isilah tas dengan berbagai media yang menarik; 3)
Evolusi pembelajaran, maksudnya melakukan perubahan secara bertahap pelaksanaan
pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan cara belajar sambil bermain,
menumbuhkan profil pelajar pancasila, dan menggunakan aplikasi yang sudah
dikuasai dalam kegiatan pembelajaran.
Makasih pak Luar biasa. Izin inspirasi ya Pak. karena saya calon guru penggerak juga.
G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Now
>>>>> Download Full
G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK 6A
This comment has been removed by the author.
terima kasih pak. sangat bagus, izin inspirasi pak,
G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Now
>>>>> Download Full
G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
G Di Bloge-Pendidikan >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK