2.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual - RPP Berdiferensiasi
Semangat pagi, salam bahagia
Hai... sahabat blogger, jumpa lagi di "bloge pendidikan". Pada kesempatan kali ini izinkan admin berbagi terkait tugas pelatihan guru penggerak. Adapun tugas yang dapat admin bagikan yaitu tugas modul 2.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual tentang pembuatan RPP Berdiferensiasi.
Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang telah saya pahami?
Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu saya memecahkan permasalahan pembelajaran yang saya hadapi sehari-hari di kelas?
Ini adalah sesi dimana CGP akan mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi seorang pengambil risiko!
Harapannya, 4 pembelajaran sebelumnya telah memberikan CGP banyak pengetahuan dan keterampilan yang kami yakin dapat membantu Anda untuk keluar dari zona nyaman CGP dan mulai melakukan perubahan. Inilah saatnya Anda mendemonstrasikan keterampilan yang telah CGP pelajari dalam konteks dan situasi pembelajaran yang nyata dan menggunakannya untuk mengevaluasi efektivitas RPP Pembelajaran berdiferensiasi yang dibuat oleh sesama rekan CGP.
Sebelum CGPmelakukan tugas ini dan untuk membantu Anda mengingat apa yang telah Anda pelajari sebelumnya, perhatikan tabel berikut ini untuk melihat perbedaan antara pembelajaran yang baik versus pembelajaran berdiferensiasi yang baik.
Tabel 4. Pembelajaran yang baik versus pembelajaran berdiferensiasi yang baik
Tugas:
- Buatlah rencana pembelajaran untuk salah satu mata pelajaran atau sesi pembelajaran dalam konteks pembelajaran daring (online learning).
- Pastikan rencana pembelajaran tersebut:
- Dibuat dengan menganalisis kebutuhan belajar murid terlebih dahulu.
- Mengidentifikasi minimal satu strategi diferensiasi konten, proses atau produk
- Perhatikan rubrik penilaian rencana pembelajaran untuk membantu Anda dalam membuat RPP tersebut.
- Setelah itu, CGP akan diminta untuk mem-posting RPP tersebut di forum ini.
- Gunakan rubrik penilaian rencana pembelajaran untuk membantu Anda dalam memberikan umpan balik terhadap RPP yang dibuat oleh rekan Anda tersebut.
- Berikan penilaian dan umpan balik Anda kepada hasil RPP rekan Anda tersebut.
Adapun hasil tugas koneksi antar materi yang saya buat sebagai berikut:
Pada penyusunan RPP ini penulis mengambil materi kelas VI Materi Pokok Indahnya Saling Menghormati, Muatan Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Makna Q.S. Al-Kafirun.
Rencana Pembelajaran yang penulis susun adalah sebagai berikut:
Demikianlah tugas modul 2.1.a.7 tentang demonstrasi kontekstual yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat.
Salam guru penggerak...
Terima kasih, dapat menambah pengetahuan baru tentang RPP berdiferensiasi
Ijin download kang...
semangat terus...