2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi

e-Pendidikan - Hai sahabat bloger... Pada kesempatan ini admin e-Pendidikan akan berbagi tentang 2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi. Pada materi ini, sahabat bloger akan melihat tayangan video, kemudian menjawab pertanyaan yang ada. Silahkan dapat disimak sebagai berikut:

Video Pertama

Video Kedua


1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video tersebut?

Video pertama menayangkan tentang kurikulum berdiferensiasi.
Aspek kebutuhan belajar ada 3 terdiri dari kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar.
Sedangkan strategi diferensiasi ada 3 yaitu :
  • Diferensiasi konten meliputi materi yang disampaikan, konten dapat dibedakan sebagai tanggapan, tingkat kesiapan minat, atau profil belajar murid berbeda, atau gabungan kombinasi ketiganya.
  • Diferensiasi proses mengacu pada bagaimana murid bisa memahami atau memakai informasi yang disampaikan atau dipelajari. Cara melakukannya dengan kegiatan berjenjang, pertanyaan pemandu, membuat agenda individual murid, memvariasikan lama waktu.
  • Diferensiasi produk meliputi hasil yang didapatkan dari pembelajaran.
Lingkungan belajar menciptakan komunitas belajar yang aman, nyaman, merasa dihargai, merasa diterima, saling mendukung, bertanggung jawab, dan dapat mencapai kesuksesan belajar yang efektif.

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video yang Anda saksikan tersebut?

  • Pembelajaran berdiferensiasi
  • RPP berdiferensiasi
  • Kurikulum berdiferensiasi
  • Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas dan di sekolah, serta bagaimana lingkungan belajar sangat memengaruhi penerapan pembelajaran berdiferensiasi. 

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

  • Aksi nyata dan pengimbasan, karena aksi nyata membutuhkan kolaborasi dengan atasan, rekan sejawat, murid, orang tua murid dan lingkungan sekitar
  • Kurikulum yang belum sinkron, karena kurikulum yang ada saat ini masih terpaut pada konten belum kompetensi murid
  • Penilaian/asesmen yang belum bersinergi dengan yang berlaku saat ini
  • Pemahaman sumber daya manusia yang belum merata, dalam penggunaan IT

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video tersebut?

  • Guru belum sepenuhnya mengetahui seluruh bakat dan minat murid serta kondisi latar belakang murid
  • Guru belum sepenuhnya memahami cara mengaplikasikan diferensiasi produk kepada murid
  • Guru belum memahami bentuk asesmen/penilaian yang dijadikan patokan
  • Lingkungan belajar, fasilitas, sarana dan prasarana belum memadai
  • Apakah di Indonesia sudah ada contoh konkret sekolah yang menerapkan kurikulum diferensiasi?
Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url