1.4.a.6. Refleksi Terbimbing - Budaya Positif
1. Apa kekuatan dan kelemahan saya dalam menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?
Kekuatan:
· Saya menguasai nilai dan peran guru penggerak yaitu mandiri, inovatif, kreatif, reflektif, dan berpusat pada murid
· Mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, terutama kepala sekolah dan rekan sejawat
Kelemahan:
· Belum bisa menentukan posisi kontrol guru yang tepat
· Belum memahami dan mengenal karakter siswa
2. Apa perubahan yang akan saya lakukan untuk dapat menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?
· Meningkatkan disiplin diri
· Terus berlatih untuk memperbaiki posisi kontrol guru
· Memberi kesempatan siswa untuk berpendapat dan mengapresiasi pencapaian siswa
· Saling memotivasi semua warga sekolah untuk selalu menerapkan budaya positif
3. Apa langkah pertama yang ingin saya lakukan untuk menerapkan budaya positif di sekolah/kelas?
· Membuat kesepakatan dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk bersama-sama mewujudkan budaya positif di sekolah
· Membuat kesepakatan kelas dengan siswa tentang kelas impian
· Melakukan survei kebutuhan dan latar belakang siswa
4. Siapa sajakah yang dapat saya libatkan dalam perancangan dan pembentukan budaya positif di sekolah?
· Kepala sekolah
· Rekan sejawat
· Siswa
· Orang tua/wali siswa