1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak

Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak


Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, ini adalah tahapan terakhir sebelum tahapan eksekusi. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk membuat rencana perubahan nyata untuk mewujudkan visi pribadi Anda mengenai murid. Anda perlu mempertimbangkan semua materi dan tugas sepanjang Modul 1.3 ini menggunakan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif. Anda juga ditantang untuk menunjukkan koneksi dengan materi lain yang relevan di luar modul ini.

Setelah melihat keterkaitan berbagai materi, Anda tentu memiliki perspektif yang lebih luas yang dapat memperkaya Anda dalam membuat perubahan di lingkungan Anda berkarya. Pada tahapan pembelajaran setelah ini, Anda diminta untuk melakukan sebuah tindakan sebagai implementasi dari pemahaman yang sudah didapat. Oleh karena itu, sebelum melakukan tindakan, rumuskanlah kembali visi yang telah Anda rancang di awal pembelajaran Modul ini. Kaitkan kembali dengan materi yang telah Anda pelajari sebelumnya baik di Modul 1.3 ini maupun di modul sebelumnya (Modul 1.1 mengenai Filosofi Pendidikan dan Modul 1.2 mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak).

Rumusan Visi

Rumuskan dengan penuh keyakinan, visi pribadi mengenai murid Anda di masa depan dalam 1 kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Anda telah menentukan visi dengan sangat yakin. Keputusan akan visi ini harus Anda jalankan berdasarkan proses perencanaan Inkuiri Apresiatif menggunakan tahapan B-A-G-J-A. Proyeksikan implementasi rencana Anda sampai pada dampak nyata yang akan diperoleh murid Anda atas perubahan yang Anda lakukan tersebut. Pastikan kembali, bahwa ini bukan sekedar untuk menyelesaikan tugas pendidikan sebagai CGP, namun ini Anda lakukan untuk menumbuhkan murid-murid di sekolah/kelas Anda. Oleh karena itu, pertimbangkanlah bagaimana Anda memastikan kontribusi suara dan pandangan murid Anda dalam pembuatan rencana implementasi Anda.

Rancangan Strategi Perubahan

Setelah memutuskan visi pribadi yang ingin Anda capai mengenai murid Anda di masa depan, maka buatlah rancangan mengenai strategi perubahan yang akan Anda lakukan berdasarkan pendekatan IA dengan tahapan B-A-G-J-A. Ingat kembali latihan yang telah Anda lakukan pada studi kasus di Pembelajaran 5 : Demonstrasi Kontekstual. Kemudian, unggahlah rancangan perubahan tersebut di LMS.


Rumusan Visi yang saya buat adalah:

“UNGGUL DALAM PRESTASI, BERAKHLAK MULIA, TERDEPAN DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”

Indikator Visi:

Unggul dalam prestasi :

  • Terlaksananya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
  • Meningkatnya prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik
  • Terbentuknya peserta didik yang cerdas, terampil, berkarakter dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya

Berakhlak Mulia

  • Memiliki sikap religius yang dilandasi iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan aktivitas hidup sehari-hari
  • Terciptanya budaya sopan, santun, ramah, bersahaja, saling menghargai dan menghormati terhadap sesama

Terdepan dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

  • Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mempersiapkan arus Globalisasi



Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url