1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak- Diskusi Mandiri


Download Dokumen Presentasi


Hasil Diskusi 

  1. Apa saja hal yang pernah anda lakukan sehubungan peran dan nilai guru penggerak

A. Peran
  1. Pemimpin pembelajaran

  • penggunaan aplikasi examview dalam proses penilaian PJJ di mana peserta didik mengaksesnya melalui perangkat berbasis android

  • Mendesain pembelajaran yang sesuai kebutuhan anak dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi

  • Ikut serta dalam tim pengembang kurikulum 

  • RPP, Menilai dan tindak lanjut

  1. Menggerakkan komunitas praktisi

  • IHT penggunaan LMS Moodle sebagai sarana pembelajaran online di masa pandemi

  • Kelompok KKG membentuk tim pembuat soal PAT

  1. Menjadi coach bagi guru lain

  • Pengurus KKG PAI SD kecamatan Ayah: bimtek administrasi pembelajaran melalui sebuah aplikasi

  • Pendampingan guru dalam membuat media pembelajaran daring berupa file ppt, video dan e-book

  • Bimtek kurikulum revisi 

  1. Mendorong kolaborasi antar guru

  • Berperan aktif dalam menyampaikan masukkan terkait pengadaan sarana prasarana pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dari beberapa mapel pada wakil kepala sekolah bagian sarpras

  • Peran aktif di organisasi PGRI dalam merancang program kegiatan

  • PGRI: kolaborasi perlombaan KSN online

  • Menjadi penggerak saat akan diadakan pesta siaga atau kemah penggalang, dengan membagi tugas setiap materi dengan guru lain

  1. Mewujudkan kepemimpinan murid

  • Mengisi acara latihan dasar kepemimpinan bagi pengurus OSIS

  • Pembiasaan bergilir memimpin doa ketika mengawali pembelajaran

  • Membuat rotasi peran ketika bekerja kelompok

  • Melakukan program literasi

  • pembiasaan senyum sapa salam

  • Pembiasaan mematuhi protokol kesehatan (5 M)


B. Nilai
  1. Mandiri

  • Memanfaatkan google atau youtube untuk meningkatkan kompetensi diri baik pedagogik maupun profesional

  • mengikuti diklat - diklat pendidikan

  • Meminta izin mengikuti program guru penggerak,dengan tujuan untuk mengupgrade ilmu

  1. Reflektif

  • Meminta penilaian siswa tentang pembelajaran yang telah berlangsung

  • Mencatat hal-hal yang kurang pada diri

  • supervisi

  1. Kolaboratif

  • berdiskusi dengan rekan guru lain terkait model dan desain pembelajaran 

  • bekerja sama, berkomunikasi, dan saling bertukar pikiran dalam rapat sekolah

  • Melakukan komunikasi intens dengan guru lain terkait proses pembelajaran daring

  1. Inovatif 

  • memunculkan gagasan baru yang tepat guna,memanfaatkan alam sekitar untuk pembelajaran

  • memanfaatkan video, aplikasi-aplikasi di smartphone untuk media pembelajaran

  • Memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan rumah siswa untuk membantu proses pembelajaran

  1. Berpihak pada murid

  • memberikan kebebasan cara belajar kepada siswa

  • membiasakan memberi kesempatan bertanya pada siswa

  • memberikan soal sesuai tingkat kemampuan siswa

  • Pemberian tugas daring disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan orang tua



  1. Strategi apa yang dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak

A. Peran
  1. Pemimpin pembelajaran

  • Mengikuti Diklat kurikulum 

  • Merancang pembelajaran yang berpusat pada murid

  • Pembelajaran kontekstual

  1. Menggerakkan komunitas praktisi

  • Mengikuti diklat daring maupun luring

  • Menyusun soal ujian bersama anggota MGMP

  • Berbagi informasi dengan rekan guru berkaitan dengan pengembangan diri

  1. Menjadi coach bagi guru lain

  • Melatih kemampuan public speaking 

  • mendorong guru mengikuti lomba atau seleksi guru penggerak

  • Mengajak guru lain menggunakan media pembelajaran untuk PJJ

  • Melatih guru lain untuk membuat administrasi pembelajaran yang sesuai

  1. Mendorong kolaborasi antar guru

  • Mencari model-model atau referensi RPP terbaru bersama rekan guru

  • Membuat kelompok kerja guru untuk bertukar pendapat untuk menciptakan desain pembelajaran yang kreatif dan inovatif

  • Meminta guru lain menjadi observer saat melakukan KBM

  • Mengajak guru lain berkolaborasi menyelesaikan masalah yang terjadi pada siswa baik perkembangannya maupun hambatan dalam pembelajaran

  • Kolaborasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran

  1. Mewujudkan kepemimpinan murid

  • Melatih kemampuan di bidang IT untuk meningkatkan pembelajaran 

  • Mengarahkan anak untuk menggunakan media smartphone dengan bijaksana (PJJ)

  • Melatih tutor sebaya dalam pembelajaran


  1. Nilai

  1. Mandiri

  • Mampu mengetahui kualitas, minat diri dan tantangan yang dihadapi, tidak bergantung pada orang lain

  1. Reflektif

  • Mampu mengenali masalah yang terjadi dan merubah untuk lebih baik

  1. Kolaboratif

  • Bekerjasama dengan rekan sejawat dalam memberikan pembelajaran agar tahu letak kekurangan dan kelemahan ketika kita sedang melaksanakan pembelajaran

  1. Inovatif 

  • Mengembangkan diri dengan mengikuti perlombaan inovasi guru

  1. Berpihak pada murid

  • menitik beratkan pada konsep merdeka belajar; memberikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat



Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url