1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak- Diskusi Mandiri
Download Dokumen Presentasi
Hasil Diskusi
Apa saja hal yang pernah anda lakukan sehubungan peran dan nilai guru penggerak
Pemimpin pembelajaran
penggunaan aplikasi examview dalam proses penilaian PJJ di mana peserta didik mengaksesnya melalui perangkat berbasis android
Mendesain pembelajaran yang sesuai kebutuhan anak dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi
Ikut serta dalam tim pengembang kurikulum
RPP, Menilai dan tindak lanjut
Menggerakkan komunitas praktisi
IHT penggunaan LMS Moodle sebagai sarana pembelajaran online di masa pandemi
Kelompok KKG membentuk tim pembuat soal PAT
Menjadi coach bagi guru lain
Pengurus KKG PAI SD kecamatan Ayah: bimtek administrasi pembelajaran melalui sebuah aplikasi
Pendampingan guru dalam membuat media pembelajaran daring berupa file ppt, video dan e-book
Bimtek kurikulum revisi
Mendorong kolaborasi antar guru
Berperan aktif dalam menyampaikan masukkan terkait pengadaan sarana prasarana pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dari beberapa mapel pada wakil kepala sekolah bagian sarpras
Peran aktif di organisasi PGRI dalam merancang program kegiatan
PGRI: kolaborasi perlombaan KSN online
Menjadi penggerak saat akan diadakan pesta siaga atau kemah penggalang, dengan membagi tugas setiap materi dengan guru lain
Mewujudkan kepemimpinan murid
Mengisi acara latihan dasar kepemimpinan bagi pengurus OSIS
Pembiasaan bergilir memimpin doa ketika mengawali pembelajaran
Membuat rotasi peran ketika bekerja kelompok
Melakukan program literasi
pembiasaan senyum sapa salam
Pembiasaan mematuhi protokol kesehatan (5 M)
B. Nilai
Mandiri
Memanfaatkan google atau youtube untuk meningkatkan kompetensi diri baik pedagogik maupun profesional
mengikuti diklat - diklat pendidikan
Meminta izin mengikuti program guru penggerak,dengan tujuan untuk mengupgrade ilmu
Reflektif
Meminta penilaian siswa tentang pembelajaran yang telah berlangsung
Mencatat hal-hal yang kurang pada diri
supervisi
Kolaboratif
berdiskusi dengan rekan guru lain terkait model dan desain pembelajaran
bekerja sama, berkomunikasi, dan saling bertukar pikiran dalam rapat sekolah
Melakukan komunikasi intens dengan guru lain terkait proses pembelajaran daring
Inovatif
memunculkan gagasan baru yang tepat guna,memanfaatkan alam sekitar untuk pembelajaran
memanfaatkan video, aplikasi-aplikasi di smartphone untuk media pembelajaran
Memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan rumah siswa untuk membantu proses pembelajaran
Berpihak pada murid
memberikan kebebasan cara belajar kepada siswa
membiasakan memberi kesempatan bertanya pada siswa
memberikan soal sesuai tingkat kemampuan siswa
Pemberian tugas daring disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan orang tua
Strategi apa yang dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak
Pemimpin pembelajaran
Mengikuti Diklat kurikulum
Merancang pembelajaran yang berpusat pada murid
Pembelajaran kontekstual
Menggerakkan komunitas praktisi
Mengikuti diklat daring maupun luring
Menyusun soal ujian bersama anggota MGMP
Berbagi informasi dengan rekan guru berkaitan dengan pengembangan diri
Menjadi coach bagi guru lain
Melatih kemampuan public speaking
mendorong guru mengikuti lomba atau seleksi guru penggerak
Mengajak guru lain menggunakan media pembelajaran untuk PJJ
Melatih guru lain untuk membuat administrasi pembelajaran yang sesuai
Mendorong kolaborasi antar guru
Mencari model-model atau referensi RPP terbaru bersama rekan guru
Membuat kelompok kerja guru untuk bertukar pendapat untuk menciptakan desain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
Meminta guru lain menjadi observer saat melakukan KBM
Mengajak guru lain berkolaborasi menyelesaikan masalah yang terjadi pada siswa baik perkembangannya maupun hambatan dalam pembelajaran
Kolaborasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
Mewujudkan kepemimpinan murid
Melatih kemampuan di bidang IT untuk meningkatkan pembelajaran
Mengarahkan anak untuk menggunakan media smartphone dengan bijaksana (PJJ)
Melatih tutor sebaya dalam pembelajaran
Nilai
Mandiri
Mampu mengetahui kualitas, minat diri dan tantangan yang dihadapi, tidak bergantung pada orang lain
Reflektif
Mampu mengenali masalah yang terjadi dan merubah untuk lebih baik
Kolaboratif
Bekerjasama dengan rekan sejawat dalam memberikan pembelajaran agar tahu letak kekurangan dan kelemahan ketika kita sedang melaksanakan pembelajaran
Inovatif
Mengembangkan diri dengan mengikuti perlombaan inovasi guru
Berpihak pada murid
menitik beratkan pada konsep merdeka belajar; memberikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat