Upaya Guru dalam Pembentukan Kepribadian Yang Berkarakter

Upaya Guru dalam Pembentukan Kepribadian Yang Berkarakter



Karakter merupakan sifat kejiwaan, akhlak, tabiat, watak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Kepribadian adalah mempunyai watak, mempunyai kepribadian. Seseorang dapat dikatakan berkarakter jika telah berhasil menyerap nilai-nilai dan keyakinan yang dikehendaki agama dan masyarakat serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam hidupnya. Demikian juga seorang pendidik di katakan berkarakter jika ia memiliki nilai dan keyakinan yang dilandasi hakikat dan tujuan pendidikan serta digunakan sebagai kekuatan moral dalam menjalankan tugasnya sebagi pendidik.
Sesuai dengan tujuan pendidikan pada UU Nomor 14 Tahun 2005, tentang Sistem Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab. Sebagai seorang pendidik karakter yang mempunyai amanah untuk membangun insan yang berkarakter kuat dan cerdas guru, guru harus memiliki karakter yang kuat.
Guru harus memiliki kepribadian yang khusus sebagai ciri khas, di antaranya akhlak yang mulia, budi pekerti yang baik dan kepribadian yang luhur. Seorang guru senantiasa menjadi sorotan masyarakat terutama para siswanya, tidak sedikit siswa yang mengagumi gurunya bukan sekedar karena kepintaran di bidang ilmunya, justru karena perilaku yang baik, bersikap amanah, ramah, adil dan jujur kepada murid-muridnya.
Adapun yang harus dilakukan seorang guru agar menjadi teladan yang baik adalah selalu mengadakan muhasabah pada diri sendiri, mengoreksi akan kekurangan-kekurangan diri dan berusaha untuk memperbaikinya.
Ada beberapa tips agar guru dapat memiliki karakter yang baik, di antaranya:
Kurangi kecintaan pada dunia
Kecintaan pada dunia akan membuat orang selalu iri, dengki terhadap keberuntungan orang lain, menimbulkan sifat serakah, curang, korup, dan beberapa prilaku buruk yang lain.
Tambahi kecintaan terhadap sesama manusia
Kecintaan kepada Allah akan menjadi tumpuan terhadap kecintaan kepada sesama manusia, ini dilakukan agar seorang guru akan lebih menerima sebagai profesinya.
Usahakan paksa diri
Paksa diri ini dimaksudkan adalah untuk memaksakan agar selalu berbuat baik dan memaksakan agar selalu berupaya menghindari prilaku buruk.
Inilah yang harus diupayakan agar guru mempunyai kepribadian yang berkarakter. Demikian diskusi dari kami, mudah-mudahan kita selalu berupaya agar menjadi orang yang selalu berusaha dalam memajukan pendidikan di negara kita.


Posting Selanjutnya Posting Sebelumnya
No Comment
Tambah Komentar
comment url